Modest Style

Ketika asisten rumah tangga mudik

,

Bagaimana membereskan semua pekerjaan rumah dengan efektif dan efisien ketika Si Mbak atau Si Bibi sedang mudik ke kampung halaman? Najwa Abdullah berbagi beberapa saran.

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Bagi sebagian warga perkotaan, kehadiran asisten rumah tangga atau ART ibarat dewi penolong. Terlebih saat Ramadhan, keberadaan ART di rumah sangat diperlukan, mulai dari untuk membuat kue, persiapan berbuka puasa hingga sahur.

Namun, selayaknya Muslim lainnya, Si Bibi atau Si Mbak juga perlu mudik ke kampung halaman melepas rindu dengan keluarga di hari raya nanti. Bahkan, terkadang ia mudik lebih dulu dari kita yang masih harus bekerja di kantor sampai mendekati Lebaran. Ketika ART pulang, bagaimanakah kita menghadapi kerepotan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuannya?

Sebelum Bibik mudik

1. Menjelang kepulangan ART ke kampung halaman, jangan lupa membayar gaji dan THR-nya supaya ia dapat merayakan hari kemenangan dengan gembira bersama keluarga. Apabila sempat, titipkan oleh-oleh untuk keluarganya di kampung halaman sebagai tanda terimakasih atas jasa-jasanya yang begitu besar dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Supaya tidak kerepotan saat ART tidak ada, beberapa hari sebelum kepergiannya, tanyakanlah tentang kebiasaan-kebiasaannya dalam mengurus rumah; misalnya tempat meletakkan gula, garam, bumbu dapur dan perkakas dapur lainnya

3. Siapkan berbagai bumbu siap saji seperti bumbu nasi goreng, bumbu rendang atau bumbu balado untuk persediaan minimal dua minggu. Persiapan ini bisa menghemat waktu memasak Anda secara signifikan, terutama di saat sahur akhir Ramadhan dan di masa menghadapi Lebaran. Untuk menu berbuka puasa, berbagai jenis makanan ringan yang bisa dibekukan seperti pastel, risol, tempe mendoan dan tahu isi dapat disiapkan lebih awal dalam jumlah cukup banyak untuk persediaan selama beberapa hari Ramadhan yang tersisa. Persiapan ini cukup penting karena menjelang Lebaran, banyak toko-toko dan penjaja makanan yang tutup.

4. Selain menyiapkan makanan siap masak dalam jumlah banyak, persiapkan juga makanan cepat saji seperti chicken atau fish nuggets, pasta, pizza, mie instan dan lain sebagainya. Di saat Lebaran dan di tengah kedatangan banyak tamu, makanan instan dapat menjadi menu selingan, peramai suasana atau bahkan menu darurat.

Ketika ART mudik

1. Minimalisasi pekerjaan rumah sebisa mungkin. Hematlah penggunaan peralatan makan dan pakaian serta jagalah kebersihan rumah setiap hari. Dalam hal ini, pembagian tugas di antara anggota keluarga juga penting. Ajaklah anak-anak dan suami untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah sesuai minat masing-masing.

2. Biasakan diri untuk mencicil pekerjaan rumah agar terasa lebih ringan. Sehabis makan, segera cucilah peralatan makan untuk menjaga kerapian dapur. Masukkan kembali bahan-bahan makanan ke lemari atau kulkas dan perkakas dapur segera setelah Anda menggunakannya.

3. Mencuci pakaian dan menyetrika adalah pekerjaan yang paling memakan waktu. Ada trik cerdas untuk menyiasati hal ini. Setelah pakaian dijemur, lipatlah pakaian dengan rapi sesegera mungkin. Cara ini sangat membantu mengurangi pakaian kusut, dan bahkan Anda mungkin menemui bahwa ada beberapa jenis bahan yang ternyata tidak perlu disetrika!

4. Sesekali, bersantai dan makan di luar tidak masalah untuk mengusir rasa jenuh. Namun, tetap sesuaikan dengan anggaran Anda dan hindari pemborosan berlebih.

Menjelang ART pulang kembali

1. Mungkin pada saat ini sebagian dari Anda sudah ada yang kembali bekerja di kantor atau bersekolah. Komunikasikan pada seluruh anggota keluarga untuk bangun lebih pagi dan menyelesaikan pekerjaan rumah masing-masing sebelum berangkat beraktivitas.

2. Menjelang kedatangan ART, jangan menumpuk pekerjaan untuk diselesaikan oleh Si Bibi karena pada dasarnya kita tidak boleh mengandalkan ART untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Leave a Reply
<Modest Style