Modest Style

Hindari makanan dan minuman ini saat berbuka

,

Demi kesehatan Anda selama Ramadhan, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan dan minuman berikut ketika baru berbuka. Oleh Beta Nisa.

3002 WP Hindari makanan (iStock)
Gambar: iStock

Setelah seharian berpuasa, tentu saja momen berbuka puasa merupakan hal yang dinanti-nanti, dan memang kita menurut sunnah Rasul, dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Namun, meski perut sudah keroncongan, hati-hati untuk tidak kalap dan sembarangan menyantap berbagai makanan dan minuman berikut ini agar ibadah puasa Anda tetap lancar.

1. Buah-buahan yang masam

Mengonsumsi buah saat berbuka merupakan pilihan yang baik dan sangat sehat, kecuali buah-buahan yang kelewat masam seperti mangga muda atau jeruk. Di saat perut kosong, buah-buahan tersebut dapat membuat lambung iritasi dan terasa nyeri.

2. Makanan tinggi gula

Tentu Anda pernah mendengar anjuran “berbukalah dengan yang manis”, bukan? Berbuka dengan makanan atau minuman yang manis memang dianjurkan karena dapat mengganti energi dengan cepat setelah seharian berpuasa. Tapi, jangan sembarang memilih makanan manis.

Hindari konsumsi berlebih makanan manis yang berasal dari gula buatan, seperti es teler atau es buah. Kandungan gula dalam sajian semacam ini dapat meningkatkan kadar gula secara drastis. Akibatnya, meskipun tubuh terasa segar secara instan, tak lama kemudia tubuh akan mudah merasa lemas kembali. Pilihlah makanan yang mengandung gula alami seperti kurma, sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasul.

3. Makanan bersantan

Semangkuk kolak pisang memang sangat menggoda sebagai santapan berbuka puasa. Namun rupanya makanan bersantan seperti kolak pisang dapat menyebabkan perut terasa kembung karena mengandung kadar lemak yang tinggi. Selain itu, santan juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang hanya akan berujung pada timbulnya rasa lapar lebih cepat dan selera makan yang lebih tinggi.

4. Minuman berkafein

Bagi penggemar kopi atau teh, tampaknya konsumsi kopi atau teh harus direm terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi dan teh memiliki sifat yang mengikat air dalam tubuh, sehingga kurang baik apabila dikonsumsi saat berbuka.

Setelah berpuasa seharian, tubuh membutuhkan air yang banyak sebagai pengganti cairan yang hilang. Dengan mengonsumsi kopi atau teh sebagai pembuka puasa, kadar air dalam tubuh akan semakin menurun sehingga akibatnya tubuh dapat mengalami dehidrasi.

5. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan yang pedas saat berbuka puasa berpotensi untuk menyebabkan maag karena lambung yang kosong menjadi rentan akan iritasi. Sebaiknya makanan pedas dihindari atau dikurangi saat baru berbuka puasa agar lambung tetap terasa nyaman.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda kurang dianjurkan sebagai minuman berbuka puasa karena kandungan gasnya dapat bereaksi dengan asam lambung dalam perut. Reaksi ini dapat berujung pada meningkatnya produksi gas dalam perut dan menimbulkan rasa mual dan perut kembung.

Leave a Reply
<Modest Style