Modest Style

Amankan rumah selama mudik dengan 8 saran berikut

,

Kiat-kiat sederhana namun penting agar kediaman Anda aman selama Anda berada di kampung halaman. Oleh Beta Nisa.

WP Amankan rumah (iStock)
Gambar: iStock

Salah satu tradisi Lebaran yang paling dinanti-nanti di Indonesia adalah mudik. Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi tahunan yang menjadi momen berharga di mana para umat Muslim yang merayakan hari raya Idul Fitri berkumpul dengan saudara dan keluarga besar. Tentu kita tidak ingin tradisi setahun sekali ini menjadi terusik karena rumah yang kita tinggalkan dibobol maling atau dilalap api. Agar perjalanan mudik Anda tenang, jaga keamanan rumah dengan beberapa kiat pencegahan berikut ini.

1. Cabut saklar perabotan listrik dan konektor gas

Saat akan meninggalkan rumah selama beberapa hari, pastikan Anda telah mencabut saklar peralatan listrik seperti televisi, komputer, dan mesin cuci. Pastikan pula konektor tabung gas telah dilepas dari kompor untuk mencegah kebakaran.

2. Kunci semua pintu dan jendela

Selain mengunci pintu utama, pastikan pintu-pintu dan jendela-jendela kamar telah terkunci rapat. Bawalah kunci-kunci tersebut bersama Anda selama mudik. Jangan tinggalkan kunci di dalam rumah (termasuk kunci cadangan) dan periksa sekali lagi keamanan kunci sebelum beranjak meninggalkan rumah.

3. Pasang pengatur waktu lampu (timer)

Salah satu cara jitu agar rumah terhindar dari lirikan pencuri saat sedang mudik adalah dengan menyalakan lampu di beberapa bagian rumah yang terlihat dari luar, karena cara ini akanmembuat rumah kita seakan-akan berpenghuni.

Pasang dan gunakan pengatur lampu atau timer yang akan menyalakan atau mematikan lampu secara otomatis berdasarkan pengaturan waktu yang kita inginkan. Jangan meninggalkan lampu dalam keadaan menyala secara terus menerus karena justru akan menimbulkan kesan bahwa tidak ada orang yang menjaga rumah.

4. Simpan barang berharga di tempat terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, simpan baik-baik barang-barang berharga Anda yang harus ditinggalkan saat mudik dalam tempat penyimpanan yang aman dan tersembunyi. Simpanlah barang-barang berharga seperti perhiasan di beberapa tempat terpisah untuk menghindari risiko kehilangan yang sekaligus besar.

5. Jauhkan barang berharga dari jendela

Jendela merupakan salah satu titik rawan pencurian karena aksesnya yang mudah. Oleh karena itu, jauhkan barang berharga Anda dari jendela dan simpan dalam tempat yang tertutup.

6. Batasi penggunaan media sosial

Jangan patahkan kesan “rumah berpenghuni” yang telah Anda ciptakan dengan membuat status atau komentar di media sosial yang justru menyatakan bahwa Anda sedang berada di luar kota dan rumah dalam keadaan kosong. Batasi penggunaan media sosial yang mengindikasikan di mana keberadaan Anda, karena akses terhadap media sosial yang sangat luas dan terbuka dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

7. Informasikan kepergian Anda pada tetangga

Sebelum pergi, sampaikan rencana mudik Anda pada tetangga sekitar agar mereka dapat membantu mengawasi kondisi rumah. Berikan pula nomor telepon Anda pada tetangga agar Anda dapat segera dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat pada rumah Anda.

8. Meminta bantuan orang lain untuk menjaga

Selain meminta bantuan tetangga, Anda juga dapat meminta bantuan seseorang yang dapat dipercaya untuk menjaga rumah atau memeriksa keadaan rumah secara berkala. Beri pinjam ia kunci cadangan dan pesankan untuk segera melaporkan pada Anda apabila terdapat keganjilan di sekitar kediaman Anda.

Selamat menikmati perjalanan mudik Anda!

Leave a Reply
<Modest Style