Modest Style

Olahraga dalam kemacetan

,

Manfaatkan waktu saat terjebak macet dengan melakukan olahraga ringan berikut. Oleh Faizah Abdullah.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Beberapa tahun belakangan ini, tingkat kemacetan baik di ibukota maupun kota-kota besar lainnya meningkat secara signifikan. Terjebak macet, terutama saat akan berangkat atau pulang kerja, tentulah bukan hal yang menyenangkan. Suasana hati pun dapat berubah secara drastis jika kita harus menghabiskan berjam-jam di jalanan. Yuk, kembalikan suasana hati agar tenang kembali dengan beberapa latihan yang dapat dilakukan di kala macet.

1. Latihan pernafasan

Duduk tegak, bayangkan seutas tali menarik kepala Anda ke langit-langit mobil sehingga leher Anda pun seolah-olah panjang seperti jerapah. Tarik nafas dalam dan kembangkan dada Anda. Imajinasikan dada Anda sebagai balon yang perlu diisi oleh udara. Tahan lima detik, lalu buang nafas perlahan lewat mulut seperti meniup lilin. Ulangi latihan ini 5-10 kali. Latihan ini dapat membantu meningkatkan pengembangan paru-paru, meningkatkan fungsi pernafasan dan memberikan efek relaksasi

2. Peregangan otot leher

Secara umum, kepala manusia memiliki berat kurang lebih 4,5 hingga 5 kilogram. Dapat dibayangkan betapa beratnya kerja otot-otot leher dalam mempertahankan posisi kepala. Pegal pada pundak dan leher merupakan hal umum yang sering dikeluhkan, terutama oleh para pekerja kantoran. Salah satu latihan yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pegal di sekitar bagian tubuh ini adalah stretching atau peregangan.

Pada posisi duduk tegak, dekatkan telinga kanan Anda seolah-olah ingin menyentuh bahu kanan. Tarik bahu kanan Anda kebawah atau letakan tangan kanan di sisi kiri kepala lalu tarik ke arah bahu kanan untuk mendapatkan efek stretching yang lebih besar. Anda akan merasakan peregangan di bagian samping leher. Tahan selama 10 detik, ulangi 5-10 kali. Lalu, lakukan hal serupa pada sisi kiri.

3. Latihan bahu

Terlalu lama menyetir dapat menyebabkan gangguan pada sendi bahu. Lakukan gerakan memutar bahu ke arah depan dengan pengulangan 5-10 kali, lalu ke arah sebaliknya untuk mengurangi kekakuan di sendi bahu.

Selain itu, Anda dapat juga melakukan peregangan otot-otot sekitar bahu. Dalam posisi duduk tegak, angkat dan silangkan kedua lengan lurus kedepan dengan jari-jari saling mengenggam. Pada posisi ini, bayangkan seutas tali menarik kedua lengan Anda kedepan. Jika melakukannya dengan tepat, Anda akan merasakan peregangan di antara area punggung atas atau tulang belikat. Tahan 10 detik, lalu lakukan 5-10 kali pengulangan.

4. Latihan punggung

Duduk lama dapat menyebabkan berbagai keluhan pada punggung, salah satunya yang disebut dengan low back pain atau nyeri punggung bawah. Pada posisi duduk tegak bersandar pada kursi, perlahan gerakkan panggul Anda ke arah depan seolah-olah membentuk celah kecil antara kursi dan punggung Anda, lalu tahan 5 detik. Lalu perlahan gerakkan panggul Anda ke belakang kembali ke posisi awal sehingga punggung Anda kembali rata dengan sandaran kursi. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk membantu mengurangi rasa pegal atau kekakuan pada punggung bawah Anda.

5. Trunk exercise

Pada posisi duduk tegak, putar badan Anda ke kanan lalu tahan lima detik. Lakukan 5-10 kali pengulangan, lalu lakukan untuk sisi sebaliknya. Anda akan merasakan peregangan pada otot-otot yang berada pada sisi tubuh Anda yang berlawanan dengan arah gerakan.

Latihan-latihan di atas sangat mudah dan aman untuk dilakukan. Namun jika terdapat keluhan berupa nyeri selama latihan, ada baiknya Anda tidak melanjutkan latihan tersebut. Apabila Anda mempunyai riwayat keluhan pada leher dan punggung atau Anda merasa ragu apakah latihan-latihan di atas dapat Anda lakukan dengan aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau fisioterapis.

Perhatikan pula keselamatan Anda saat melakukan latihan di atas; jangan pernah melakukan latihan saat mengemudi. Walaupun berlatih pada saat macet, pastikan Anda menyalakan rem tangan.

 

Faizah Abdullah adalah seorang fisioterapis dan dosen di Universitas Indonesia.

Leave a Reply
<Modest Style