Modest Style

7 tips berbelanja online

,

Belum berpengalaman berbelanja di internet? Shea Rasol berbagi sedikit saran.

0301-WP-Shopping-by-Shea-iStock-sm
Gambar: iStock

Dengan datangnya hari perayaan, Anda mungkin sudah mulai mencari benda-benda yang dapat membuat Idul Fitri Anda tahun ini lebih istimewa. Dengan sedikit bantuan dari kartu kredit (atau debit) Anda, kerepotan berbelanja seperti pencarian tempat parkir dan berdesak-desakan tidak lagi menjadi masalah. Belanja online kini sedang berkembang pesat, dan Anda bisa mendapatkan hampir semua yang Anda butuhkan – tanpa perlu bergantung pada ketersediaan stok di toko langganan Anda. Berikut beberapa tips berbelanja online.

1. Survei harga
Jika Anda tertarik pada tas tertentu, cari tahu tentang tas tersebut di berbagai situs penjualan berbeda (hasil pencarian teratas biasanya yang paling relevan). Situs yang berbeda bisa jadi menawarkan harga yang berbeda.

2. Langganan selebaran (newsletter)
Saya tahu menerima selebaran di kotak masuk Anda setiap kali ada diskon bisa jadi mengganggu – hingga Anda merasa ingin berhenti berlangganan. Namun bersabarlah, karena toko-toko online biasanya memiliki diskon kejutan besar di dalam tautan yang terdapat pada selebaran tertentu. Anda jadi memiliki kesempatan pertama untuk mendapatkan barang dengan potongan harga sebesar 50-70% dari harga awal.

3. Pastikan otentisitas
Cari tahu apakah situs tersebut memberikan jaminan keaslian, terutama jika Anda berbelanja di situs toko dan bukan situs merek tertentu. Jaminan ini tertulis di bawah judul “tentang”, “kontak”, atau “pengiriman”. Anda tentunya tidak ingin berurusan dengan repotnya berbalas-balasan surel saat Anda menyadari bahwa barang yang Anda beli tidak asli.

4. Sediakan ukuran Anda
Untuk orang yang senang berbelanja online seperti saya, selalu ada sebuah meteran di laci meja. Saya cukup sering menggunakannya karena saya selalu mengukur segala sesuatu sebelum membeli untuk memastikan bahwa ukuran barang yang saya beli cocok. Bahkan saat membeli sesuatu yang bukan pakaian, saya menggunakan meteran untuk mengira-ngira ukuran barang.

5. Jangan simpan detil kartu kredit
Meski menyimpan detil kartu di situs penjual cukup memudahkan jika Anda sering berbelanja, jangan simpan detil apapun untuk berjaga-jaga. Dengan maraknya pencurian data, kerepotan memasukkan detil kartu setiap berbelanja merupakan harga yang murah dibandingkan ketenangan jiwa Anda.

6. Perhatikan media sosial
Banyak toko online memiliki laman Facebook, Twitter, atau Instagram tersendiri, tempat mereka mengiklankan diskon dadakan. Mereka mungkin juga akan memberikan kode khusus untuk diskon tambahan. Dengan begini, situs online bisa jadi lebih ramah dompet daripada toko ritel.

7. Buat alamat AS atau Inggris

Jika toko online tidak melayani kiriman ke negara Anda, jangan bête. Anda hanya perlu membuat alamat Inggris atau AS dengan mendaftar ke perusahaan kurir pihak ketiga – jadi seakan-akan Anda memiliki P.O. Box tersendiri di negara tersebut. Perusahaan ini kemudian akan mengirimkan barang-barang Anda ke alamat Anda.

Jika Anda memutuskan untuk membeli sesuatu dari luar negeri untuk dikenakan di rumah, kekhawatiran bertemu dengan seseorang yang mengenakan busana yang sama tidak lagi menghantui Anda. Namun sekali Anda memulai, akan sulit untuk berhenti berbelanja – saya sudah memperingatkan Anda ya!

Leave a Reply
<Modest Style