Modest Style

Perintis Lomba Lari Pertama di Dunia untuk Muslimah

,

Penyelenggara Aquila Style WOW Run 2014, event lari dunia pertama untuk muslimah, bicara blak-blakan pada Afia R Fitriati mengenai kecintaannya pada dunia olahraga.

1701-WP-Running-by-Afia

Ketika Muzdalifah Anuar mulai mengenakan jilbab dan sering menghadiri pengajian pada 2011, pensiunan kapten Angkatan Bersenjata Singapura itu merasakan fenomena yang aneh.

“Sementara saya berpikir bahwa kebugaran merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai seorang Muslim, hal itu tidak diajarkan di mana-mana, tidak ditekankan, bahkan tidak disebutkan di sebagian besar pusat pendidikan”, katanya.

Seorang pencinta olahraga, Muzdalifah selalu sulit menemukan partner untuk berlari.  “Saya merasa heran bahwa tidak banyak perempuan Muslim di Singapura merasa bahwa kebugaran sama pentingnya dengan yang saya rasakan. Ketika saya bertanya ke sekeliling saya, mereka yang membanggakan penampilannya lebih memilih untuk menelan pil pelangsing atau membayar ribuan dolar untuk perawatan pelangsingan badan dari pada berkeringat membakar lemak.”

Kurangnya pendidikan kebugaran di antara perempuan Muslim Singapura mendorong Muzdalifah memulai POP WOW, sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk menciptakan kepedulian terhadap pentingnya kebugaran dan kesehatan lahir batin secara total dalam Islam. Perusahaan itu juga mengadvokasi kehidupan aktif. POP WOW menawarkan kelas Pilates dan renang, dan juga menawarkan  layanan seperti pelatihan pribadi, penyembuhan secara alami, dan program kesehatan lainnya. Aktivitas baru, seperti aquarobik (aerobik air), paintball, dan memanah juga akan ditawarkan di pusat kebugaran ini di masa mendatang.

Sekarang, Muzdalifah dan timnya tengah sibuk mempersiapkan event lari pertama di dunia untuk Muslimah, Aquila Style WOW Run 2014 di Singapura pada 9 Februari. Respon dari para perempuan muslim terhadap acara ini sangat antusias sampai-sampai tim mereka harus membuka tempat tambahan untuk registrasi.

Lewat penyelenggaraan acara ini, Muzdalifah berharap untuk menantang anggapan yang menyebut bahwa Islam melarang perempuan berpartisipasi dalam olahraga.

“Islam adalah satu-satunya agama yang memberi perempuan hak dan kehormatan semacam itu,” katanya. “Masyarakatlah yang menempatkan pembatasan itu pada kita dan terserah pada kita untuk tetap hanya menjadi pengikut atau berdiri dan berjuang untuk hak-hak kita – untuk diri kita sendiri dan untuk agama.”

Pelajari lebih lanjut tentang POP WOW dan Daftarkan diri Anda sekarang untuk WOW!Run 14

Catatan: Aquila Style adalah sponsor kegiatan ini

Leave a Reply
<Modest Style