Modest Style

Fatin Shidqia, Si Jawara X-Factor Indonesia

,

Siswi SMU nan sederhana ini meraih popularitas dalam sekejap hingga memenangkan X-Factor Indonesia. Afia R Fitriati punya cerita.

WP-meet-fatin

Setelah melalui babak eliminasi selama lima bulan lamanya, suara terbanyak menyatakan Fatin Shidqia Lubis (16) keluar sebagai pemenang musim pertama X-Factor Indonesia, mengalahkan sesama finalis Novita Dewi dengan selisih tipis dalam perolehan suara melalui SMS.

Sejak pertama kali tampil di panggung ajang pencarian bakat tersebut, Fatin telah memikat hati banyak orang dengan suaranya yang unik dan pembawaannya yang pemalu. Warna vokalnya yang istimewa membuat para juri membandingkannya dengan ikon musik pop era ’90-an, Cindy Lauper.

Fatin telah memperoleh begitu banyak penggemar dan follower selama berlangsungnya X-Factor sampai-sampai beberapa pihak menjuluki kompetisi musim ini sebagai ‘F-Factor’ untuk memberinya penghargaan. Selain itu, puluhan klub penggemar Fatin — atau ‘Fatinistics’— pun bermunculan di Twitter.

RCTI, stasiun televisi yang menayangkan program tersebut, tampaknya ikut memanfaatkan popularitas gadis mungil ini dengan cara menampilkannya di penghujung acara setiap minggunya, supaya mata pemirsa tetap terpaku di layar.

Tak diragukan lagi, menjadi satu-satunya kontestan berhijab juga membuat Fatin menonjol di antara kontestan lainnya. Dalam puluhan versi X-Factor negara lain, bisa jadi Fatinlah satu-satunya juara pertama yang mengenakan hijab.

Para pengguna Twitter mengamati pakaian dan penampilan Fatin saat bernyanyi sama cermatnya dengan performanya di panggung. Untuk sejumlah penampilannya di program hiburan tersebut, tidak kurang dari desainer Indonesia ternama Dian Pelangi dan Jenahara yang memberinya tip-tip dalam berbusana.

Sebagai pemenang X-Factor, putri pasangan Bahari Lubis dan Nurseha Thamrin ini berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 125 juta, satu buah mobil, dan kontrak rekaman senilai Rp 1 miliar dari Sony Music Indonesia. Bahkan sebelum album pertamanya dirilis, lagu yang dinyanyikan Fatin di babak final, ‘Aku Memilih Setia’, sempat menduduki puncak tangga iTunes di Indonesia.

Ketika wartawan menanyakan rencananya terhadap hadiah uang yang diterimanya, Fatin memberikan jawaban simpel, ‘Uang hadiah ingin aku belikan hape. Hape aku sudah jadul dan rusak.’ Fatin juga ingin menggunakan uang tersebut untuk mengongkosi orangtuanya naik haji.

Sejumlah kritikus berpendapat jika diukur dari teknik bernyanyi, Novita Dewi, juara kedua, lebih berhak menjadi pemenang daripada Fatin. Tetapi, dengan suara yang tiada duanya, pembawaannya yang malu-malu serta kepribadian yang menyenangkan, tampaknya Fatin Shidqia Lubis memang memiliki ‘Faktor X’ sejati.

Saksikan momen saat Fatin diumumkan sebagai pemenang serta salah satu penampilannya di sini:

 

Leave a Reply
<Modest Style