Modest Style

Tips Mencegah Tertular MERS untuk Calon Haji

,

Pergi berhaji? Inilah yang harus Anda ketahui tentang wabah MERS. Oleh Afia R Fitriati.

2503-WP-MERS-by-Afia-PhotoXpress-sm

Seiring datangnya musim haji, jutaan pria dan wanita muslim yang berencana untuk menunaikan ibadah haji tahun ini harus mengambil tindakan-pencegahan ekstra terhadap penyakit fatal MERS coronavirus (Mers-COV). Jika Anda mengenal orang yang akan berhaji tahun ini, pastikan mereka mendapat informasi berikut:

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap risiko seorang jamaah haji untuk terinfeksi Mers-COV sangat rendah. [i] Namun, kelompok-kelompok individu tertentu memiliki risiko infeksi yang tinggi. WHO dan pemerintah Saudi telah menyarankan orang dengan penyakit kronis, wanita hamil, anak-anak, dan manula untuk menunda rencana mereka untuk Umrah atau Haji.
  • Jamaah haji dihimbau untuk melindungi diri dari penyakit pernapasan dan penyakit lainnya dengan menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan seperti sering mencuci tangan, tidak menyentuh mulut, hidung, atau mata, dan menghindari kontak dengan orang sakit atau hewan.
  • Jamaah haji yang menderita batuk, sesak napas, dan demam selama atau segera setelah melakukan perjalanan dihimbau untuk mencari perawatan medis segera.
  • Jamaah haji yang khawatir akan infeksi MERS diimbau untuk membahas rencana perjalanan mereka dengan dokter.

Informasi tentang MERS-CoV yang tersedia saat ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu, tindakan yang terbaik bagi orang-orang yang berencana untuk mengunjungi Mekkah dalam waktu dekat adalah menjaga kesehatan serta mempraktikkan kebiasaan sehat yang baik untuk melindungi diri terhadap penyebaran virus.

[i] ‘Saran Perjalanan mengenai Mers-COV untuk Calon Haji’, Organisasi Kesehatan Dunia, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style