Modest Style

Tips Blogging untuk Pemula

,

Berbekal pengalaman blogging bertahun-tahun, Shea Rasol berbagi beberapa tips dengan Anda yang ingin memulai blog pribadi.

Gambar: Picjumbo
Gambar: Picjumbo

Saya menyebut diri sendiri senior dalam jagat blogging karena tahun ini adalah tahun ketujuh saya sebagai penulis blog. Saya memulai blog tanpa target apa-apa selain hanya untuk menjalani fase di mana saya ingin memiliki jurnal online sendiri untuk mendokumentasikan berbagai hal dalam keseharian saya.

Jelang beberapa pekan menulis posting pribadi tentang diri saya dan hal-hal dalam hidup saya saat itu, saya bertanya-tanya, “Adakah yang membaca tulisan sampah seperti ini?” dan “Apakah orang lain benar-benar ingin tahu kegiatan saya setiap hari?”

Saya mulai melakukan blogwalking dan menyadari bahwa kebanyakan blog yang sangat saya sukai hanya membahas satu topik tertentu dan bukan segala hal yang terjadi dalam hidup penulisnya.

Kekaguman pada dunia mode membuat saya kemudian mengalihkan fokus saya untuk – siap-siap – menulis blog fesyen Muslimah. Karena hampir tidak ada blog semacam itu di tahun 2008, saya memutuskan untuk mendokumentasikan pakaian yang saya kenakan untuk kuliah sehari-hari. Saya ingin menginspirasi orang-orang yang sedang mencari ide fesyen Muslimah.

Berikut adalah beberapa poin bagi Anda yang ingin memulai penulisan blog, namun ragu memulai:

1. Tentukan sebuah tema

Apa hal yang paling Anda sukai? Memasak? Musik? Berkebun? Fotografi? Atau bahkan hewan peliharaan Anda? Pilihlah sesuatu dan tuliskan. Rencana akan mendorong Anda untuk terus menulis blog karena jika Anda menyenangi sesuatu, hal tersebut tidak akan terasa seperti sebuah kewajiban.

2. Dapatkan domain pribadi

Tidak masalah memiliki URL panjang yang mengikutsertakan nama server blog, namun URL dengan domain pribadi jelas tampak lebih profesional.

Pilih nama yang pendek dan mudah dieja serta dilafalkan. Nama yang panjang atau memiliki ejaan yang tidak biasa sulit diperkenalkan.

3. Investasi pada kamera bagus

Pembaca menyukai gambar sebagai pendamping tulisan Anda. Siapa yang tidak suka melihat-lihat foto? Buktinya, Instagram meledak begitu cepat!

Anda tidak perlu kamera super canggih, namun gambar berkualitas buruk pun dapat membuat malas pembaca. Paling tidak, kamera Anda harus menghasilkan gambar yang jelas dan tajam.

4. Pilih satu bahasa

Anda ingin blog ini menjelajahi seluruh pelosok bumi? Atau cukup memiliki pembaca berbahasa sama dengan Anda?

Menulislah dalam bahasa Inggris jika Anda ingin memiliki basis pembaca yang lebih luas. Saya sengaja menulis dalam bahasa Inggris karena merasa lebih nyaman dan berniat melatih kemampuan saya. Yang tidak saya sangka adalah hal ini memungkinkan saya membangun pertemanan internasional.

5. Gunakan sudut pandang orang pertama

Bagian paling mengasyikkan dari blog adalah pembaca dapat merasakan kedekatan dengan penulis dan memahami apa yang disampaikan. Saat menulis, gunakan “saya”. Bayangkan Anda sedang berbincang dengan seorang teman, dan sampaikan maksud Anda dengan hangat dan jelas.

6. Pasang tag atau label

Saat Anda mencari sebuah kata di Google, mesin pencari akan merambah tag dan label – cara terbaik untuk mempopulerkan posting Anda di internet. Saat Anda selesai menulis, pastikan Anda memasang beberapa tag atau label. Jangan pasang terlalu banyak karena akan mempengaruhi tampilan blog.

7. Sabar adalah kuncinya

Jangan berharap mendapatkan pembaca pada masa awal penulisan. Blog saya pun baru mulai mendapat perhatian setelah saya menulis terus-menerus selama setahun. Jangan menguatirkan pembaca, pikirkan saja apa yang dapat Anda tawarkan. Pastikan konten Anda bagus, dan gunakan situs jejaring sosial lain untuk menyebarkan informasi tentang blog Anda.

8. Banggalah dengan blog Anda

Blog Anda harus menjadi cerminan online diri Anda. Itu adalah tempat di mana Anda berbagi pengetahuan, keahlian, dan bakat unik Anda.

Saya begitu menyayangi blog saya hingga saya selalu memasukkannya ke resume setiap melamar pekerjaan. Blog tersebut adalah portofolio online tentang hal-hal yang saya cintai, tentang siapa saya, dan tentang kerja keras saya.

Karena blog saya, saya menjadi lebih percaya diri sebagai seorang individu, seorang perempuan, seorang teman, dan seorang figur publik. Saya harap Anda juga dapat bersenang-senang saat menulis blog!

Leave a Reply
<Modest Style