Modest Style

Siapkah Anda Menyambut 2014?

,

Selamat tinggal 2013, selamat datang 2014! Fatimah Jackson-Best menanyakan kepada Anda bagaimana membuat tahun baru ini lebih baik dari sebelumnya.

Semoga Tahun Baru Anda bersinar cerah (Foto: Stockvault)
Semoga Tahun Baru Anda bersinar cerah (Foto: Stockvault)

Hanya tersisa beberapa minggu lagi di 2013, yang artinya inilah waktu untuk mulai membenahi yang lama dan menyambut yang baru. Saya pribadi sangat suka dengan perasaan menyambut tahun baru karena inilah kesempatan untuk berefleksi dan memperbaiki diri. Akan tetapi, sebagian dari kita mungkin merasa cemas atau takut menyadari setahun lagi telah berlalu, tahun baru pun dimulai, dan waktu berlalu begitu cepat.

Ketakutan untuk menyambut Tahun Baru pada dasarnya adalah ketakutan atas ketidakpastian, dan perasaan ini amat sangat normal. Namun demikian, membiarkan ketakutan itu melumpuhkan Anda dari memiliki impian besar dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya adalah masalah yang serius. Sebagian orang berkata resolusi Tahun Baru itu berlebihan, dan saya bahkan sempat tidak mau membuatnya. Tetapi saya lantas menyadari bahwa ketika saya memikirkan perubahan yang ingin saya lakukan dan menuliskannya, saya dapat membayangkan bagaimana cara mewujudkan segala tujuan tersebut dan tetap bertanggung jawab kepada diri saya.

Tanyalah pada diri sendiri: apa yang saya inginkan tahun ini? Dan yang lebih penting: apa yang akan saya lakukan untuk mencapainya? Hal ini sesimpel mengatakan “lulus dari sekolah” atau “berkenalan dengan orang baru”, namun penting untuk bersikap spesifik tentang bagaimana Anda akan meraih berbagai tujuan itu. Apakah Anda memutuskan untuk memelajari sejumlah program akademis atau ambil bagian dalam lebih banyak acara sosial, Anda perlu membuat rencana yang nyata. Seperti yang mereka katakan, perbuatan lebih berarti daripada ucapan. Jadi, pikirkan tentang setiap aksi yang akan Anda tempuh di 2014 yang akan membawa Anda menuju pencapaian dan kecemerlangan.

Begitu Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan menuliskannya, langkah berikutnya adalah berusaha untuk bertanggung jawab. Beberapa tahun lalu saya belajar bahwa memeriksa kembali resolusi setiap tiga bulan untuk melacak kemajuan sangatlah membantu. Dengan cara ini Anda dapat mengukur apa yang sudah berhasil dikerjakan, apa yang belum dan apa penyebabnya. Jika Anda bertekad untuk hidup sehat melalui diet dan olahraga, dan Anda sudah berolahraga tetapi sepertinya belum berhasil menghindari makanan tidak sehat, ini mungkin menandakan masalah mendasar yang butuh ditangani melalui refleksi dan usaha pribadi.

Banyak dari kita menggunakan makanan, keintiman dan selingan lain untuk melupakan penderitaan yang lebih dalam dan rumit. Ya, kondisi ini bisa jadi lebih berat namun tidak ada cara lain untuk menyelesaikan masalah apabila Anda tidak bersedia keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan. Solusi tidak akan diperoleh dalam semalam, tetapi Anda mesti memulainya dari suatu titik.

Cara lain untuk menuju Tahun Baru yang lebih memuaskan adalah dengan mulai mengubah pola pikir. Satu hal yang saya perhatikan dari orang-orang yang saya temui dan bahkan diri saya sendiri adalah banyak dari kita yang benar-benar tidak memercayai kemampuan diri sendiri. Kita tidak menganggap diri kita betul-betul mampu mewujudkan cita-cita. Menurut pendapat saya, tragedi yang sejati adalah saat seseorang menghayati dan meyakini mereka tidak mampu memperoleh hal-hal seperti cinta, kebahagiaan dan kesuksesan. Ini sama sekali tidak benar. Bila Anda benar-benar menginginkan hal-hal tersebut, Anda harus bersedia bekerja setiap hari untuk meraihnya.

Bertekadlah untuk menyingkirkan perasaan negatif—apakah terkait kecerdasan, penampilan maupun kemampuan Anda untuk mendapatkan dan memberikan cinta. Ada cukup banyak hal untuk diperangi di luar diri sendiri, namun setiap kali Anda terlibat dalam percakapan negatif, perlahan-lahan Anda terputus dari diri sendiri. Jadikan 2014 tahun di mana Anda berhenti menggunakan cermin atau membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya untuk menentukan keindahan dan nilai sejati Anda sebab kedua hal itu tidak terletak di sana. Jadilah barometer bagi diri sendiri dan percayakan pada nurani untuk menemukan inspirasi.

Setiap Tahun Baru yang dapat kita saksikan adalah berkah. Banyak orang tidak berhasil menjalaninya dan bahkan lebih banyak lagi yang tidak mengambil langkah penting untuk menyadari potensi dan mewujudkan harapan mereka. Kita memiliki sisa beberapa minggu lagi untuk memperbaiki kesalahan dan mulai merencanakan masa depan. Jadi, lakukanlah dengan kejelasan dan kepastian bahwa 2014 akan menjadi tahun yang menakjubkan, dan bahwa Anda bersedia melakukan upaya yang diperlukan demi mewujudkannya.

Leave a Reply
<Modest Style