Modest Style

‘Senjata-senjata’ Utama Seniman Grafis

,

Ashfi Qamara berbagi daftar peralatan yang ia gunakan sehari-sehari sebagai seorang desainer grafis lepas (freelance).

P1560084

1. Personal computer (PC)

Bila Anda termasuk orang yang suka berpergian sambil membawa pekerjaan, maka Anda memerlukan laptop atau Macbook yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan seorang desainer grafis. Dalam hal ini, seperti banyak desainer grafis lain, saya termasuk yang lebih memilih produk buatan Steve Jobs daripada Bill Gates. Program yang diperlukan seorang desainer grafis di dalam sebuah PC adalah beragam produk Adobe, di antaranya Photoshop, Illustrator, dan InDesign. Untuk Video editing, program yang biasanya digunakan adalah Premiere Pro dan After Effects.

2. Kamera saku

P1560104

Seorang desainer grafis sesungguhnya tidak terlalu memerlukan kamera layaknya seorang fotografer professional. Karena desainer grafis cenderung bermain dengan gambar-gambar digital (digital imaging, di mana sebuah foto dari hasil jepretan mentah kamera sudah dimanipulasi sedemikian rupa sesuai keinginan), kamera saku pun sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Hanya saja, pastikan kamera memiliki kualitas yang baik dengan resolusi tinggi. Kamera pilihan saya adalah Panasonic Lumix GF2. Setahu saya, di beberapa negara tipe yang beredar sudah sampai GF6. Merek lain yang serupa adalah Sony Alpha NEX. Kamera-kamera ini memberi hasil dengan kualitas yang mendekati kamera DSLR tetapi tidak memberatkan untuk dibawa dan lensanya dapat diganti sesuaikebutuhan.

3. Wacom Bamboo Fun

Alat ini sangat memudahkan pekerjaan editing atau ilustrasi pada komputer. Saya pribadi sering menggunakannya untuk memberikan sentuhan tulisan tangan pada suatu foto atau gambar tertentu. Terdapat berbagai macam jenis dan ukuran yang dapat dipilih, tergantung pada kebutuhan sang desainer.

4. iPad

iPad atau tablet yang berlayar lebar biasanya saya gunakan untuk mempresentasikan hasil kerja pada klien. Namun, berhubung banyak proyek yang saya kerjakan terkait juga dengan penggunaan media sosial, tidak jarang juga saya menggunakan tablet sebagai sarana mengakses media sosial.

P1560092

5. Buku Agenda

Karena agenda mingguan pada iPad tidak dapat menampung ekspresi yang  perlu saya utarakan melalui gambar dan tulisan.

6. Buku-buku Referensi Desain Grafis

Berhubung latar belakang pendidikan saya adalah arsitektur dan bukan desain grafis, jadi buku terkait desain grafis yang saya miliki hanya seperlunya saja. Yang paling menyenangkan bagi saya ketika memilih buku adalah bila buku tersebut juga memberikan CD berisikan font-font gratis, seperti buku Font Family ini yang diterbitkan oleh Indexbook.

7. Buku Sketsa

Baik bisa menggambar maupun tidak, seorang desainer harus mempunyai buku sketsa. Buku sketsa sebuah kanvas di mana seorang desainer grafis menciptakan suatu bentuk secara manual, untuk kemudian diproses secara digital.

Seperti banyak seniman digital lain, saya senang menuangkan coretan-coretan hitam putih untuk lalu saya scan atau warnai secara digital di Photoshop atau Illustrator.

P1560094

8. Beragam alat tulis

Untuk menggambar dibutuhkan berbagai macam jenis dan ketebalan pena, pulpen, spidol dan pensil. Produk yang cukup sering dibutuhkan namun sayangnya cukup rentan adalah Drawing Pen nomor 0.1 hingga 0.3.

9. Hard Disk

Suatusaat iMac saya mendadak error karena kepenuhan data. Tidak terlalu mengherankan, karena  semua proyek desain grafis serta koleksi foto jarang saya hapus (dan memang sewaktu-waktu dapat dibutuhkan kembali). Karena itu, hard disk amat penting untuk menyimpan data-data tua. Saya memiliki tiga hard disk dengan ukuran 320 gigabyte, 500 gigabyte dan 1 terabyte.

P1560097

10.Pernak-pernik lain

Apple iPad SD Card Reader
Digunakan saat foto dari kamera perlu segera diproses atau dikirim melalui iPad.

Extra SD Card
Dibutuhkan saat memori kamera sudah penuh dan tidak ada waktu untuk mentransfer atau mengosongkan data kamera.

Flash Disk
Walau sudah jarang digunakan, tetapi masih berfungsi untuk mempercepat proses transfer data, terutama saat bertemu langsung dengan klien.

iPad Stylus Pen
Memudahkan proses menulis dan menggambar pada iPad.

Screen Cleaning Cloth (Kain pembersih layar)
Untuk membersihkan debu yang mudah melekat pada layar monitor.

Cukup banyak ya, pernak-pernik saya. Bagaimana, apakah Anda tertarik menjadi seorang desainer grafis?

Leave a Reply
<Modest Style