Modest Style

Sehat dan Cantik Meski Sering Lembur

,

Menjaga keseimbangan hidup amat penting bagi wanita pekerja yang super sibuk, tulis Cahya Meythasari.

WP Sehat dan Cantik

Masih ingatkah dengan berita tentang seorang copywriter cantik berumur 27 tahun yang meninggal dunia akibat bekerja selama tiga hari non-stop?

Seperti yang saya baca dan ramai diberitakan di media sosial, Mita Diran – yang terakhir bekerja untuk sebuah agensi periklanan Indonesia – saat itu sedang menyiapkan materi untuk pitching di sebuah perusahaan telekomunikasi.

Terakhir sebelum meninggal, wanita ini sempat menulis di akun twitternya, “30 hours of working and still going strooong”. Entah mengapa, Mita tidak mengambil waktu untuk istirahat dan malah terus bekerja. Padahal sebulan sebelumnya, Mita sempat menulis post di akun Path-nya bahwa tidur adalah sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan.

Merinding saya mendengar kisah Mita. Betapa tidak, lembur adalah kebiasaan banyak perempuan pekerja, termasuk saya. Selama saya bekerja, bisa dihitung dengan jari berapa kali saya pulang tepat waktu. Bahkan, saya amat sering pulang kerja di atas pukul sembilan malam. Berita tadi sontak membuat saya lebih berhati-hati terhadap kesehatan saya. Terlebih, lembur tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan, tetapi juga kecantikan – kesehatan dalam tubuh kita akan terpancar juga keluar.

Namun, memang terkadang lembur tidak bisa dihindari. Untuk itu, saya banyak mencari tahu kiat-kiat khusus terkait menjaga kesehatan dan kecantikan ketika sering lembur agar efek buruknya dapat ditanggulangi sedari awal.

Berikut ini adalah kiat-kiat saya untuk menghindari dan menanggulangi efek-efek buruk lembur:

TIPS-TIPS KESEHATAN

Makanan dan minuman sehat

Dinginnya malam dan AC ruangan kantor rasanya tepat jika diimbangi dengan menyantap makanan hangat dan berkuah. Selain menghangatkan tubuh, makanan semacam ini juga akan menjaga proses pencernaan tetap sehat dan memberi energi lebih untuk kerja lembur.

Saya tidak terbiasa mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Jus buah alami dan air putih adalah minuman terbaik saat lembur. Walaupun Anda mungkin merasa tidak banyak berkeringat ketika lembur, situasi stres juga dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan yang harus diganti dengan asupan yang sepadan.

Suplemen

Saya tidak pernah lupa mengonsumsi suplemen vitamin. Resiko sakit sangat tinggi saat badan dan pikiran stres akibat pekerjaan. Vitamin yang saya konsumsi rutin adalah vitamin C dan B. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi resiko-resiko kesehatan akibat bekerja hingga larut malam.

Gaya hidup sehat dan olahraga

Sibuk di malam hari boleh saja, tetapi sebaiknya kita seimbangkan dengan gaya hidup sehat dan olahraga. Luangkan waktu berolahraga setidaknya setengah jam sehari. Pilih olahraga yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda, apakah itu lari, senam atau yoga.

Saya sendiri rutin berlatih senam Zumba 30 menit setelah shalat subuh dengan mengikuti instruksi dari YouTube maupun CD. Berkeringat sehat yang dilanjutkan dengan mandi berfungsi membuang kotoran dari dalam tubuh, serta membuat otak lebih segar dan siap untuk bekerja.

TIPS-TIPS KECANTIKAN

Seperti yang kita ketahui, lembur juga dapat merusak penampilan kita, khususnya mempengaruhi kesegaran kulit dan wajah. Padahal, pekerjaan seringkali menuntut agar kita selalu tampil cantik dan bersemangat. Muka yang kusut dan kulit yang kusam setelah lembur malam hari dapat disiasati dengan beberapa kiat makeup sehari-hari berikut ini:

Merapikan alis dan mata

Kunci untuk menyamarkan muka kusut adalah dengan mengaplikasikan sedikit makeup pada bagian wajah, khususnya bagian alis dan mata. Caranya: gunakan pensil alis untuk menggambar dan mempertebal alis sedikit saja agar diperoleh tampilan alis yang rapi dan natural. Sikat dengan kuas alis untuk membaurkan warna. Agar lebih sempurna, semprotkan sedikit hair spray pada sikat untuk merapikan alis.

Menyegarkan mata bisa ditempuh dengan menempelkan irisan mentimun dingin di mata saat tertidur. Cara ini berkhasiat untuk memperbaiki otot-otot mata yang tegang setelah lelah bekerja. Mata yang lelah juga dapat disamarkan dengan menggunakan pensil alis warna putih pada bagian dalam garis mata bawah dan hitam di bagian atas kelopak atas mata. Tips ini akan membuat mata terlihat lebih segar. Sedangkan untuk menyamarkan kantung mata, gunakan concealer di bagian bawah mata yang dilanjutkan dengan menutupnya dengan bedak senada warna kulit.

Bedak dan perona pipi

Untuk mendukung mata yang sudah disamarkan lelahnya, penggunaan bedak dengan warna senada sangat berguna untuk membuat wajah terlihat lebih segar kembali. Tambahkan perona pipi berwarna pink muda untuk penampilan yang Nampak segar alami.

Pewarna Bibir

Bingkai bibir dengan pensil bibir yang sewarna dengan bibir dan aplikasikan lipstik seperti biasa. Untuk membuat warnanya lebih solid, tempelkan kertas tisu ke atas bibir dan bubuhkan bedak tabur. Setelah itu, aplikasikan lipstik sekali lagi.

Sebagai seorang wanita pekerja, kita harus menjaga agar hidup kita tetap sehat dan seimbang. Jika lembur tidak bisa dihindari, lakukan hal-hal yang baik agar dampak-dampak buruknya dapat terminimalisir.  Sukses dalam karir dengan tubuh yang cantik dan sehat, why not?

Leave a Reply
<Modest Style