Resep: Tambahkan Amaranth Dalam Hidupmu

,

Amaranth adalah biji-bijian populer dan bergizi yang dikonsumsi di Meksiko tengah. Eren Cervantes-Altamirano berbagi resep keluarganya untuk biskuit amaranth yang lezat.

2103-WP-Amaranth-by-Eren

Amaranth adalah biji-bijian populer yang dikonsumsi dalam berbagai variasi di Meksiko tengah. Sudah amat dikenal bahwa budaya pra-Hispanik — yang paling terkenal adalah Aztec — menanam dan mengkonsumsi biji-bijian ini. Diperkirakan Amaranth telah ditanam pada 4000 tahun sebelum Masehi, menjadikannya sebagai salah satu tanaman tertua di dunia.

Sebagai seorang anak yang tumbuh di Meksiko, saya ingat melihat amaranth dijual di banyak pasar tradisional dengan murah. Penggunaan amaranth yang paling populer adalah dalam pembuatan manisan dan permen. “Alegrias” (permen “kebahagiaan”) adalah gabungan dari permen dan batang granola. Ia dibuat dari amaranth padat, madu, kismis,  dan kacang walnut dan sering dijual di jalan dalam bentuk persegi panjang. Ketika saya kecil, ayah saya sering membelikannya untuk saya setiap saat, dan  manisan ini mengingatkan saya pada begitu banyak kenangan indah.

Setelah perjalanan terakhir saya ke Meksiko, saya memutuskan untuk membawa sedikit amaranth pulang karena meskipun biji-bijian itu dijual di toko “hijau” di Kanada, saya menghadapi dua masalah utama. Pertama, sebagian besar amaranth yang diekspor ke Kanada tidak diproduksi di Meksiko meskipun tanaman itu aslinya berasal dari sana. Orang bisa menemukan amaranth dari Cina dan Amerika Serikat, tapi jarang yang dari Meksiko. Karena saya meyakini upaya mendukung ekonomi lokal, saya memutuskan membelinya langsung dari produsen di negara saya. Kedua, sejak Amerika Utara mengadopsi quinoa dan amaranth sebagai “makanan berkelas”, harga biji-bijian ini meningkat tiga kali lipat. Namun, uangnya tidak kembali ke produsen Amerika latin yang tidak mampu membiayai ladang mereka lagi. Untuk itu, kapanpun saya bisa, saya mencoba tidak membeli produk dari Meksiko di Kanada.

Amaranth sering dijual siap saji. Tampilannya kecil, berupa biji-bijian berwarna emas atau kemerahan yang bulat gembung. Tetapi akhir-akhir ini, orang bisa membeli tepung amaranth (atau membuatnya dengan menggiling biji-bijian ini hingga halus). Produk amaranth bergizi — ia tinggi protein, kalsium, menjadikannya pelengkap yang baik untuk sarapan. Ia juga dikenal memiliki efek berguna bagi sistem syaraf dan kimia otak, sehingga membantu mengatur suasana hati seseorang.

Amarantah adalah hidangan sarapan yang populer: ia dapat disantap dengan buah (gaya granola); dapat digunakan sebagai sereal dengan madu dan susu; dan jika Anda menggilingnya sedikit dalam panas yang rendah dia akan meletup seperti popcorn kecil. Beberapa orang menggabungkannya dengan nasi untuk menambah protein. Jadi, ia sungguh serba guna.

Karena minat saya adalah memanggang (kue), saya akan membagi dengan Anda resep yang diwariskan pada saya oleh seorang tante. Biskuit amaranth ini sempurna untuk waktu minum teh: biskuit ini padat dan cocok untuk dicelupkan dalan teh. Jika Anda bisa menemukan sejumlah amaranth di tempat Anda, maka inilah resep biskuit yang lezat untuk Anda coba!

Resep biskuit amaranth Eren 

DSC_01-sm

Peralatan Membuat Kue:
1) Kertas kue
2) Kuas
3) Ayakan
4) Pemotong kue (Anda juga bisa menggiling adonan dan memotong lingkaran sebagai alternatif)
5) Sendok kayu
6) Wadah
7) Gilingan kue
8) Dua buah mangkuk
9) Rak pendingin

Bahan-bahan:
1) 2 cup (280 gram) tepung terigu serba guna
2) ½ cup (70 gram) tepung amaranth (Jika Anda tidak bisa menemukan tepung amaranth, giling amaranth sampai membentuk butiran halus)
3) 250 gram mentega (suhu kamar)
4) 2 butir telur
5) ¾ cup (kurang lebih 169 gram) gula pasir
6) 1 cup (90 gram) amaranth
7) 1 sendok teh baking powder
8) 1 sendok teh esens vanilla (Anda bisa juga mencoba rasa lain dengan mengganti esens vanilla dengan esens lain)

Cara membuat:
1) Pisahkan tepung terigu serba guna, tepung amaranth, dan baking powder di dalam sebuah mangkuk. Sisihkan
2) Di dalam mangkuk kedua, kocok mentega dengan sendok kayu hingga lembut dan tambahkan gula. Kocok hingga teksturnya ringan seperti krim.

DSC_02-sm
3) Tambahkan telur dan kuning telur dari telur kedua (simpan putihnya untuk nanti). Terus aduk adonan, dan perlahan masukkan esens vanilla. Anda harus memiliki adonan yang agak kental (jangan khawatir tentang itu, ia akan melembut)

DSC_03-sm
4) Secara bertahap tambahkan bahan kering dan ½ cup (45 gram) biji amaranth. Pada tahap ini Anda dapat memulai mencampurkan adonan dengan tangan hingga mendapat tekstur adonan yang lembut. Jangan terlalu lama mengaduk adonan itu!
5) Taruh adonan dalam mangkuk, tutupi dengan plastik, dan biarkan dingin dalam pendingin selama 30 menit.

DSC_04-sm
6) Panaskan oven pada suhu 180 º celcius atau 375º F
7) Siapkan kertas roti dengan mengolesi atasnya dengan mentega atau minyak dan taburkan tepung di atasnya
8) Taburkan tepung di atas permukaan yang datar dan keluarkan adonan dari lemari pendingin.
9) Bagi adonan menjadi empat bagian yang sama dan mulailah mengerjakan bagian pertama dengan gilingan kue hingga ketebalan adonan mencapai 2 cm. Gunakan pemotong kue untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Altenatif lain, Anda bisa menggiling bagian adonan menjadi gelondong dan memotong menjadi bentuk lingkaran dengan ketebalan 2 cm.
10) Begitu Anda mendapatkan berbagai bentuk dari adonan kue setengah jadi, olesi setiap kue dengan putih telur dan celupkan dalam sisa amaranth. Lakukan hal yang sama dengan setiap kue.

dsc_5n6
11) Pastikan untuk menempatkan kue setidaknya dalam jarak 1 cm, adonan akan mengembang di dalam oven.
12) Tempatkan kertas kue di dalam oven dan bakar selama 10 menit (tidak lebih dari 13 menit karena biskuit ini matang dengan cepat). Kue harus berwarna keemasan namun padat.

DSC_07-sm

Tempatkan biskuit dalam rak pendingin selama sekitar 20 menit dan siap dinikmati!

Leave a Reply
Aquila Klasik