Perbaiki shalat Anda dengan yoga

,

Yoga adalah teknik kuno yang dapat memperbaiki postur tubuh dan pernapasan. Namun tahukah Anda bahwa yoga juga dapat memperbaiki shalat? Oleh Afia R Fitriati.

WP-how-to-yoga-Fotolia-sm
Gambar: Fotolia

Yoga adalah ilmu kuno yang berasal dari India. Filosofi yoga berkisar seputar gagasan menyeimbangkan pikiran, jiwa, dan raga. Meski akar Hindunya terkadang dipandang dengan kecurigaan oleh beberapa masyarakat Muslim, gerakan fisik yoga sebenarnya memberi banyak manfaat kesehatan yang bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Lagipula, tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang dan fokus bisa menciptakan keadaan yang kondusif untuk shalat yang khusyu’. Namun jangan begitu saja percaya apa kata kami – cobalah lakukan sendiri gerakan-gerakan yoga berikut.

1. Trikonasana (Pose segitiga)

segitigaNyeri punggung adalah gangguan menyakitkan dalam melakukan aktivitas apapun, termasuk melaksanakan shalat. Trikonasana adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang, memperbaiki kesejajaran bahu, dan meredakan sakit punggung, yang akhirnya membuat Anda bisa berkonsentrasi dan fokus pada ibadah Anda. Untuk melakukan pose segitiga, berdirilah tegak dengan kaki berjarak satu tungkai dan lutut terkunci.

Kemudian, putar kaki kanan 90 derajat ke luar dan kaki kiri sedikit lebih kecil dari 45 derajat ke dalam, dengan mempertahankan posisi tumit segaris dengan pinggul. Bentangkan lengan ke samping, sejajar dengan tanah, dan telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik napas dan jatuhkan lengan kiri hingga menyentuh pergelangan kaki. Panjangkan lengan kanan secara vertikal, hingga tulang belakang terputar lembut berlawanan arah jarum jam. Hitung hingga delapan dan kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini untuk sisi sebaliknya.

2. Adho mukha svanasana  (Pose downward dog)

downwardKalau pikiran Anda seringkali berkelana bahkan saat menghadap kiblat, pose downward dog akan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi dengan saat ini. Postur ini juga membantu meredakan kelelahan dan membangun kekuatan di seluruh tubuh, yang menjadikannya pemanasan yang baik untuk melaksanakan shalat-shalat malam yang panjang.

Untuk memulai, letakkan kedua tangan dan lutut di lantai, posisi tangan berada di bawah bahu, jemari terbuka lebar, dan lutut terbuka sebesar pinggul. Tulang belakang tetap lurus dan rileks. Tarik napas dalam. Saat membuang napas panjang, dorong pinggul ke arah langit-langit sehingga posisi tubuh menjadi V terbalik.

Punggung, tungkai, dan lengan tetap lurus dengan rusuk bagian depan dimasukkan. Tekan kedua tangan dan tumit ke lantai. Tahan pose ini selama enam hingga delapan hitungan sambil bernapas stabil. Untuk berhenti, buang napas dan kembali ke lutut Anda.

3. Ardha uttanasana (Pose setengah berdiri)

setengah berdiriPosisi ruku’ yang ideal dalam shalat mengharuskan kita mempertahankan kelurusan tulang belakang. Uttanasana adalah pose yang ideal untuk melatih postur ini. Pose ini merengangkan urat lutut, memanjangkan tulang belakang, dan memperkuat tungkai.

Untuk melakukannya, berdiri dan posisikan kedua tangan tegak di atas kepala. Secara perlahan, membungkuklah dari pinggul hingga membentuk sudut 90 derajat dengan paha. Selalu posisikan punggung selurus mungkin. Hitung hingga delapan secara perlahan dan kembalilah ke posisi berdiri.

4. Vajrasana (Pose halilintar)

halilintarVajrasana, pose duduk yang tampak sangat mirip dengan tahiyat awal dalam shalat, adalah pose meditasi yang penting dalam yoga. Pose ini membuat tubuh berada dalam postur tegak dan lurus, yang membuat oksigen mengalir dengan bebas di dalam tubuh. Pose ini juga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan.

Untuk melakukannya, berlututlah dengan lutut, pergelangan kaki, dan ibu jari kaki menyentuh lantai, dan bokong di atas tumit. Jaga kelurusan tulang belakang dan leher, dan dengan lembut letakkan telapak tangan di atas lutut. Rileks dan tutup kedua mata. Pusatkan perhatian pada aliran udara yang keluar masuk lubang hidung.

Untuk mendapat manfaat pose halilintar saat shalat, pastikan posisi punggung dan leher lurus saat berada dalam posisi tahiyat. Berdoalah perlahan dan pusatkan perhatian pada pernapasan.

Ilustrasi oleh Mira Putri. Contoh pose dari Yoga Leaf

Artikel ini perama kali terbit di majalah Aquila Style edisi Ied Agustus 2012. Anda bisa membaca keseluruhan edisi ini secara cuma-cuma di iPad atau iPhone dari Apple Newsstand, atau di tablet Android dari Google Play

Leave a Reply
Aquila Klasik