Modest Style

Pelajaran tentang hidup dari Jepang

,

Perjalanan ke negeri matahari terbit membantu Shea Rasol menghargai sopan santun, teknologi, patriotisme, serta masih banyak hal lagi.

Penyeberangan pejalan kaki di Shibuya
Penyeberangan pejalan kaki di Shibuya

Waktu adalah emas

Dari Osaka dan Tokyo ke Yokohama dan Shibuya, segala sesuatu di Jepang bergerak cepat. Setiap orang – entah pebisnis maupun anak sekolah – berjalan cepat dan tergesa ke tempat tujuan mereka. Hal yang sama terjadi saat berada di kereta, sepeda, maupun berjalan kaki.

Saya mulai mengharapkan setiap orang memiliki balon kata di atas kepala mereka agar saya dapat mengetahui apa yang ada di kepala mereka. Kekacauan tanpa akhir ini menjadi sumber hiburan dan daya tarik bagi saya.

Ingat sopan santun

Seorang kasir bisa saja mengucapkan “silakan” dan “terima kasih” setidaknya tiga kali dalam satu transaksi. Menurut saya, mengagumkan sekali cara mereka memperlakukan pelanggan dengan penuh hormat dan rendah hati. Setiap pelanggan diperlakukan layaknya ratu, bahkan jika Anda membeli sesuatu yang mungil di minimarket atau warung. Petugas kasir akan meninggalkan konter dan menyerahkan kantung kertas kepada Anda dengan kedua tangan, dan mengakhiri transaksi dengan bungkukan serta senyum paling tulus yang pernah Anda lihat. Bagaimana mungkin Anda tidak menyukai berbelanja di Jepang?

Bebas bergaya, namun rapi

Di tengah keramaian dan kesibukan kota-kota besar di Jepang, setiap orang memiliki gaya tersendiri. Entah untuk bekerja maupun bermain, mereka biasanya membawa sebuah benda yang akan menarik perhatian Anda. Tua, muda, kaya, miskin – setiap orang tampak berpakaian dengan rapi, bahkan meski hanya mengenakan sekadar kemeja sederhana dan celana chino. Dan bagi yang gemar bergaya, meski merupakan sebuah perjuangan untuk dapat berjalan di trotoar berbatu, berpindah kereta, atau bersepeda dengan hak tinggi bersol tebal, mereka mengenakannya seperti sepatu biasa. Salut.

Mesin penjual otomatis di pinggir jalan
Mesin penjual otomatis di pinggir jalan

Banyak minum

Mesin penjual otomatis tersebar di mana-mana – termasuk gang-gang terpencil dan jembatan penyeberangan. Jadi Anda tahu pasti Anda tidak akan merasa haus di Jepang.

Perjalanan pulang kerja Minggu malam 
Perjalanan pulang kerja Minggu malam

Bekerja secukupnya

Bayangkan: Anda berada di kereta bawah tanah di hari Minggu pukul 11 malam. Yang Anda pikirkan selama dua jam terakhir pasti tempat tidur, kan? Namun lihatlah sekeliling Anda dan stasiun kereta masih dipenuhi orang-orang yang pulang kerja. Mengapa begitu? Entah mengapa, banyak orang Jepang yang bekerja di hari Minggu, tanpa terkecuali. Di Malaysia, saya yakin setiap orang telah menantikan akhir pekan sejak hari Kamis.

Membawa-bawa sampah saya
Membawa-bawa sampah saya

Jangan menyampah

Terkadang rasanya saya harus berjalan berjam-jam dengan membawa-bawa bungkus makan siang karena tidak dapat menemukan tong sampah di manapun! Hampir tidak ada tong sampah di jalan-jalan, namun kotanya sangat bersih. Bagaimana cara mereka melakukannya? Saya pikir saya satu-satunya orang yang menyadari hal ini, namun orang-orang di kelompok perjalanan saya mempertanyakan hal yang sama.

Para lelaki duduk di gerbong khusus perempuan di luar waktu yang ditentukan
Para lelaki duduk di gerbong khusus perempuan di luar waktu yang ditentukan

Langgar peraturan sesekali

Meski ada pemahaman umum yang menyatakan betapa disiplinnya orang Jepang, seperti kita semua, mereka juga terkadang melanggar peraturan. Seperti perkataan populer, bolehlah menikmati hidup sesekali, bukan?

Jangan mencuri

Sebelum pergi ke Jepang, saya melakukan riset kecil-kecilan dan menemukan banyak yang menyatakan betapa amannya Jepang. Pencopetan tampaknya bukan hal umum, apalagi pencurian dan penjambretan. Saya menjadi yakin setelah saudari saya beberapa kali meninggalkan dorongan anaknya di luar restoran atau toko dan tidak ada yang menyentuhnya. Bahkan dengan barang dan belanjaan yang bergantungan di dorongan tersebut, tampaknya orang Jepang tidak peduli akan benda apapun yang bukan milik mereka.

Toilet yang merahasiakan kunjungan Anda
Toilet yang merahasiakan kunjungan Anda

Gunakan teknologi untuk hal baik

Kamar kecil contohnya: dudukan toilet dihangatkan sebelum Anda mendudukinya. Suara semburan air, musik, atau siraman menutupi suara apapun yang Anda buat. Anda menyiram, menarik tisu, dan membuka tong sampah dengan lambaian tangan. Dan sudahkah saya mengatakan tentang tombol untuk menyemprotkan penyegar udara?

Selfie di Disneyland Tokyo!
Selfie di Disneyland Tokyo!

Bangga akan bahasa sendiri

Saya dan kelompok perjalanan saya pastinya akan memiliki waktu terbaik di Disneyland Tokyo dan Disneysea Tokyo – jika saja kami mengerti apa yang sedang terjadi, karena semuanya tertera dalam bahasa Jepang! Meski hal ini menyulitkan bagi wisatawan asing, saya mengagumi cara mereka menjaga dan merasa bangga akan bahasa ibu mereka.

Penumpang membaca saat perjalanan panjang
Penumpang membaca saat perjalanan panjang

Membaca

Meski menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kereta dan bis, saya melihat banyak orang membaca – entah dari buku elektronik, komputer tablet, ponsel pintar, atau buku komik.

Panduan bagi orang dengan masalah penglihatan di stasiun
Panduan bagi orang dengan masalah penglihatan di stasiun

Urus mereka yang kurang mampu

Anda tidak mungkin melewatkan tonjolan dan titik kuning di jalan, stasiun kereta, terminal bis, tangga, dan trotoar, untuk orang-orang dengan masalah penglihatan. Namun saya merasa agak aneh karena jika dibandingkan, keberadaan tanjakan untuk dorongan bayi dan kursi roda sangat sedikit.

Singkatnya, saya mendapat pengalaman yang menyenangkan di Jepang. Meski sulit menemukan makanan halal, dan kaki saya lecet dan bengkak karena banyak berjalan (di Malaysia, saya bepergian dengan mobil), saya merasa 10 hari ini merupakan hari yang luar biasa. Mata saya dibukakan pada perbedaan budaya yang ada dan membuat saya banyak berpikir tentang kehidupan di negara sendiri. Anda tahu bukan: untuk menjadi lebih baik, contohlah orang (atau negara) lain yang lebih baik daripada Anda. Maka Anda akan tahu di mana posisi Anda dalam kehidupan.

Leave a Reply
<Modest Style