Modest Style

Pameran Seni untuk Menghormati Malala Yousafzai

,

Tiga seniman berbakat memamerkan karya mereka dalam proyek yang terinspirasi sang pahlawan pendidikan bagi anak-anak perempuan. Oleh Afia R Fitriati. Foto oleh Aiysha Malik.

WP-art-Malala-sm

Kisah Malala Yousafzai, remaja putri Pakistan yang ditembak Taliban lantaran mengkampanyekan dukungan bagi pendidikan anak-anak perempuan, telah menginspirasi tiga seniman asal Kanada untuk berkolaborasi dalam proyek seni yang dipamerkan di Daniel Spectrum (sebelumnya dikenal sebagai Regent Park Arts & Culture) di Toronto.

Diberi judul yang sangat mengena, Bullets to Butterfly (Dari Peluru Menjadi Kupu-Kupu), pameran tersebut menampilkan sekitar selusin karya seni ciptaan Huma Durrani, Unaiza Karim dan Saba Syed. Setiap karya memperlihatkan bakat kreatif pembuatnya sekaligus menyampaikan pesan yang diikonkan oleh Malala Yousafzai.

Salah satu karya seni dalam pameran itu menampilkan kupu-kupu yang membawa kaligrafi kata ‘iqra’ (bacalah), kata yang pertama diwahyukan dalam Al Quran. Karya seni lain, ‘The Bullet Wall’ (Tembok Peluru), merupakan tembok interaktif di mana pengunjung dapat menaruh pesan berupa harapan dan inspirasi mereka di dalam lubang bekas peluru.

‘Menurut kami, cara terbaik untuk menyampaikan ketakutan dan harapan akan perubahan terhadap kondisi ini adalah melalui ekspresi visual. Dengan menggabungkan bentuk seni modern dan tradisional, karya kami mengeksplorasi tema kelam seputar perang yang dilancarkan terhadap pihak-pihak yang tak bersalah,’ ujar ketiga seniman tersebut pada situs web Bullets to Butterfly. ‘Melalui ekspresi tertulis dan visual, kami berharap dapat menciptakan jalan metamorfosis dari peluru menjadi kupu-kupu.’

Pameran Bullets to Butterfly berlangsung di Daniel Spectrum hingga 30 Mei 2013. Di sana, para pengunjung juga dapat membeli cenderamata berupa kalung dari selongsong peluru yang disulap menjadi kupu-kupu. Hasil dari pameran akan disumbangkan kepada Developments in Literacy (DIL) Kanada, organisasi yang didirikan untuk menyediakan pendidikan yang layak bagi anak-anak perempuan di Pakistan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai proyek seni ini, silakan kunjungi situs web Bullets to Butterfly.

[Not a valid template]
Leave a Reply
<Modest Style