Modest Style

Pameran Seni di Swiss Bahas Pemakaian Kerudung

,

Sebuah pameran di Zurich menelaah sejarah dan latar belakang sosial budaya kerudung. Afia R Fitriati melaporkan.

2602-WP-Veil-by-Afia-sm

Di banyak masyarakat Barat, penutup kepala wanita sering dihubungkan dengan Islam. Tetapi, sebuah pameran wisata di Swiss mengingatkan para pengunjungnya bahwa kerudung bukan simbol Islam semata. Malahan, benda tersebut merupakan bagian busana yang telah dipakai perempuan di berbagai ragam kebudayaan sepanjang masa.

Desainer pameran tersebut, Elisabeth Reichen, terinspirasi buku berjudul Verschleierte Wirklichkeit: Die Frau, der Islam und der Westen (Veiled Reality: The Woman, Islam and the West – Realitas yang Terselubung: Perempuan, Islam dan Barat) karya Christina von Braun dan Bettina Mathes. Di buku ini, para penulis yang terkenal sebagai cendekiawan sejarah dan studi gender itu menelaah latar belakang politik, budaya dan sejarah dari sejumlah perdebatan terbaru atas status perempuan dalam Islam, serta bagaimana hal itu disalahartikan dan disalahpahami dunia Barat.

Pameran berjudul Voile & Dévoilement (bahasa Perancis, artinya “Veil & Unveiling” atau “Kerudung & Tanpa Kerudung”) itu menghidupkan berbagai pemikiran dalam buku ini melalui sejumlah penampilan foto, film dan sesi wawancara yang berlangsung dalam tujuh bagian.

Salah satu bagian pameran mengungkapkan bahwa kewajiban agama bagi perempuan untuk mengenakan kerudung pertama kali diperkenalkan di Kristen dan bukan Islam. Pada saat Islam lahir secara resmi di abad ketujuh, kerudung sudah lama menjadi unsur Gereja Kristen dan beberapa kebudayaan lainnya.

Bagian lain menghadirkan beberapa perempuan dari berbagai profesi dan latar belakang berbeda yang mengenakan kerudung: biarawati Kristen, aktris dan perempuan Muslim.

Sesi terakhir dalam pameran ini berjudul “Unveiling” (Tanpa Kerudung) dan memunculkan sejumlah pertanyaan penting tentang tubuh perempuan sebagai tanda kontroversial emansipasi.

Pameran dua bahasa Voile & Dévoilement saat ini diadakan di Pädagogischen Hochschule Zürich (Universitas Pendidikan Guru Zurich) mulai dari 20 November sampai 14 Desember 2013. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web Voile & Dévoilement

 

Leave a Reply
<Modest Style