Modest Style

Menjadi Top Model Hijab Berikutnya

,

Hanya sedikit hijabi yang memiliki nama di industri mode. Mariam Sobh membahas mengapa pendidikan dan keahlian adalah penting.

Gambar: Dreamstime
Gambar: Dreamstime

Beberapa pekan lalu, saya diundang menjadi pembicara dalam sebuah bursa kerja di sebuah sekolah tinggi Islam khusus perempuan.

Menyenangkan dapat berbagi pengalaman berkecimpung di dunia media, dan saya mengharapkan menemukan wajah-wajah cerah yang bersemangat mengetahui lebih banyak tentang jurnalisme.

Sebaliknya, saya justru disambut oleh wajah-wajah kosong yang tampak tidak tertarik, sampai saat saya menyebutkan bahwa saya berkesempatan meliput kunjungan presiden ke daerah mereka saat saya menjadi jurnalis politik.

Mereka lebih tertarik pada selebriti yang pernah saya jumpai. Saat tiba waktunya untuk sesi tanya jawab, saya terkejut mengetahui apa yang ada di pikiran mereka.

Beberapa menyebutkan bahwa mereka ingin menjadi orang top di dunia mode hijab. Dan mereka meminta saya memberitahu cara menjadi blogger selebriti yang terkenal.

“Saya tahu banyak tentang mode, dan saya ingin menulis dan mengunggah foto tentang hal itu,” salah satu siswa mengungkapkan pada saya. Saya menanggapi dengan mengatakan bahwa apa yang ingin ia lakukan itu baik, dan ia seharusnya mulai menulis blog. Namun ada sesuatu yang menghalanginya – ia mengatakan bahwa orangtuanya tidak mengizinkannya berfoto.

Awalnya, saya membayangkan sedang kembali ke masa lalu, di mana perempuan tidak diizinkan melakukan apapun dan orang sekitar menyatakan bahwa agama melarang perempuan untuk menjadi pusat perhatian. Namun cepat-cepat saya hapus pemikiran tersebut. Saya sering membayangkan skenario terburuk. Lagipula, siswi tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut alasan orangtuanya melarang berfoto.

Saya tidak ingin menyebabkan masalah, jadi saya tidak mencari tahu lebih jauh. Saya memikirkan hal ini beberapa hari kemudian. Perkiraan saya orangtua siswi tersebut menginginkannya melakukan sesuatu yang lebih baik daripada mengunggah foto diri dan mencari pengakuan orang. Mungkin mereka ingin anak tersebut memfokuskan diri pada sekolahnya dan berbagai pilihan karir lainnya.

Anak-anak saya masih kecil, jadi saya belum terlalu menguatirkan cita-cita mereka. Namun jika saya membayangkan mereka sebagai remaja yang mengungkapkan bahwa mereka ingin menjadi model, mungkin pada saat itulah saya akan memcoba berbicara serius dengan mereka dan memberitahu bahwa mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan, namun setidaknya mereka harus memiliki gelar diploma.

Blog mode hijab dan model hijab bertebaran di mana-mana

Hari tersebut bukanlah kali pertama saya mendengar remaja perempuan mengucapkan kalimat standar “Saya ingin menjadi terkenal”. Mereka menyaksikan Muslimah muda mengunggah foto modeling mereka ke internet dan menjadi terkenal. Mereka menyaksikan Muslimah ini mendapat berbagai barang gratis, sehingga mengangankan memiliki gaya hidup yang mereka anggap glamor tersebut.

Bisa jadi ada beberapa blogger mode hijab yang sukses dan dapat berkeliling dunia, bergaya untuk difoto dan menghasilkan uang dari hal tersebut, namun itu bukanlah dunia yang sesungguhnya.

Saya bukanlah orang yang akan menghalang-halangi rencana seseorang, namun saya sangat menyarankan ia memperkaya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang yang akan membantu jalannya dalam mewujudkan rencana tersebut.

Anda mencintai mode? Belajar dan dapatkan gelar di bidang desain mode atau bisnis dan tulislah blog tentang mode sebagai kegiatan sampingan sehingga Anda paling tidak memiliki kemampuan yang dapat membantu Anda melakukan berbagai hal.

Atau mungkin Anda sangat hebat dalam hal fotografi atau penyuntingan video. Belajarlah dan jadilah seorang ahli. Kemudian gunakan kemampuan Anda dan jadikanlah ia nilai tambah.

Bergaya untuk difoto itu mudah. Namun saat kecantikan telah memudar dan Anda bukan sosok yang dicari-cari oleh orang lagi, yakinlah bahwa mudah sekali menemukan pengganti Anda.

Jadi, tawarkan sesuatu yang berbeda. Kemampuan yang mumpuni dan konten yang berisi di situs Andalah yang membuat orang-orang akan tetap berkunjung tahun demi tahun. Itulah mengapa gelar dan kemampuan praktis begitu berguna.

Blog mode hijab dan model hijab bertebaran di mana-mana; memiliki kemampuan yang berguna bagi orang lainlah yang menjadikan Anda berbeda.

Leave a Reply
<Modest Style