Modest Style

Mengapa Kita Membutuhkan Sahabat Perempuan

,

Di balik setiap wanita hebat selayaknya ada sekelompok perempuan pendukung yang dapat diaandalkan. Fatimah Jackson-Best membahas mengapa teman-teman perempuan adalah bagian penting dari kehidupan.

Dia selalu mendampingi Anda, saat kehidupan berayun naik maupun turun. AFP Photo/Shah Marai
Dia selalu mendampingi Anda, saat kehidupan berayun naik maupun turun. AFP Photo/Shah Marai

Baru-baru ini saya menyaksikan sebuah video online saya sendiri yang sedang berbicara di depan umum pada sebuah acara. Dalam keadaan normal ini pasti memalukan, dan saya bahkan mungkin tidak bakal menontonnya kalau bukan karena salah satu teman dekat saya hadir untuk memberi dukungan moral.

Kami menonton video itu bersama-sama, mencatat beberapa pilihan kata-kata saya, dan kemudian dia mengucapkan selamat kepada saya dan mengatakan dia bangga pada saya. Pada saat itu, saya sangat bersyukur memiliki dukungan darinya dan untuk mengetahui bahwa dia percaya kepada saya. Meskipun ini semua terjadi lewat percakapan teks WhatsApp karena teman saya dan saya tinggal ribuan mil jauhnya, jarak di antara kami tidak mengurangi kualitas interaksi kami. Bahkan, dukungannya membuat saya menyadari betapa pentingnya memiliki sahabat perempuan seperti dia.

Sahabat perempuan adalah salah satu hadiah terbaik yang dapat kita terima. Saya berbicara tentang perempuan-perempuan yang bisa diandalkan untuk memberi dukungan ketika kita sedang kesulitan, dan mereka yang akan bersorak untuk kita pada saat kita mencapai impian terbesar kita.

Teman-teman perempuan selalu menjadi bagian besar dari hidup saya. Saya dibesarkan sebagai anak sulung dengan dua adik laki-laki yang lebih tertarik menonton gulat dan Ninja Turtles daripada bermain dengan boneka. Saya tidak punya pilihan selain untuk berteman dengan tetangga, sepupu, dan teman sekolah. Oleh karena itu, di usia muda saya sudah memahami bahwa gadis-gadis ini akan menjadi orang yang dengan mereka saya membangun ikatan.

Ketika kita dewasa, hubungan kita dengan teman-teman gadis kita pun menjadi dewasa. Dan seiring bertambahnya usia kita, menjadi jelas siapa di antara mereka yang benar-benar mendukung kita. Saya selalu mengatakan bahwa teman-teman gadis yang baik ada untuk kita selama masa sulit dan saat-saat indah dalam hidup kita. Seorang sahabat perempuan yang dapat kita hubungi ketika kita patah hati atau ketika kita kehilangan pekerjaan adalah penting karena dia bisa memberikan kata-kata dorongan untuk membantu kita mendapatkan kembali kekuatan kita.

Tapi cara mereka bereaksi ketika hal-hal hebat terjadi pada Anda bisa menunjukkan siapa mereka sebenarnya. Memang tidak ada orang yang sempurna dan merasa sedikit iri adalah normal, tapi jika Anda melihat bahwa seorang teman perempuan secara konsisten bereaksi negatif ketika Anda sedang merayakan sesuatu, maka mungkin ada masalah.

Terkadang lebih mudah untuk mendukung seseorang yang sedang sedih dan gagal, tapi Anda akan benar-benar mengetahui siapa sahabat Anda ketika mereka juga mampu benar-benar bahagia untuk kebahagiaan Anda. Jika Anda dianugerahi dengan teman-teman yang memainkan kedua peran pendukung itu, maka peliharalah persahabatan itu dan jadilah tipe sahabat wanita yang sama menakjubkannya bagi mereka.

Membedakan teman sejati dari yang palsu bisa menjadi pelajaran yang sulit, tapi itu perlu. Menjauhkan orang-orang macam ini dari kehidupan Anda mungkin berarti berkurangnya kegiatan sosial dan panggilantelepon, tetapi memilih teman dengan kualitas yang lebih baik akan menguntungkan Anda pada akhirnya. Tidak ada gunanya mengumpulkan banyak teman semata-mata demi kenyamanan atau popularitas. Anda mungkin saja akan dikelilingi oleh banyak orang, tetapi merasa benar-benar sendirian.

Inilah mengapa menghargai sahabat perempuan sejati Anda dan mempertahankan hubungan ini sangat penting. Entah itu bertemu untuk sekadar minum kopi, mengobrol di Skype, atau bertemu untuk makan malam dan makan siang – tindakan ini membantu untuk menjaga ikatan yang kuat.

Ketika hidup sahabat kita itu berubah, kita juga mungkin harus mengubah pendekatan kita tentang persahabatan tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perempuan yang paling dekat dengan saya telah memiliki anak, yang merupakan penyesuaian besar bagi mereka, dan ternyata, bagi saya juga. Pada awalnya saya khawatir bahwa saya tidak akan lagi memiliki tempat dalam kehidupan mereka, tapi bukannya mundur, saya memastikan mereka tahu bahwa tidak ada yang berubah dan saya akan selalu hadir untuk mereka.

Salah satu teman terbaik saya dan saya biasa mengadakan pesta minum teh di rumahnya tepat setelah ia melahirkan putranya yang memungkinkan kami untuk bertemu secara teratur, bertukar kabar terbaru, dan nongkrong bareng. Saya percaya kumpul-kumpul sederhana kami telah membantu persahabatan kami tetap kuat sementara dia menjalani perannya sebagai ibu, dan kami tetap dekat sejak itu.

Kunci untuk menjadi seorang sahabat perempuan yang baik dan menjaga sahabat yang baik adalah selalu hadir untuk satu sama lain apa pun yang terjadi. Segala sesuatu yang lain dalam hidup bisa begitu sementara dan sangat singkat, tetapi hubungan yang kita bina dapat berlangsung seumur hidup.

Leave a Reply
<Modest Style