Modest Style

Menemukan resep sehat pribadi

,

Setiap orang berbeda, sehingga untuk menjadi sehat dan merasa bahagia, Anda harus menemukan cara yang cocok bagi Anda, ujar Mariam Sobh.

Semangat untuk menjadi lebih sehat, terinspirasi oleh Pac-Man. Gambar: SXC
Semangat untuk menjadi lebih sehat, terinspirasi oleh Pac-Man. Gambar: SXC

Saya merupakan orang yang tahu banyak tentang cara ideal hidup sehat namun tidak selalu mengamalkannya. Saya menjadi sangat terpaku dengan tekanan sehari-hari sehingga saya justru menunda-nunda.

Dua tahun lalu, saya menonton sebuah acara dokumenter berjudul Fat, Sick and Nearly Dead dan saya langsung tergugah. Acara tersebut tentang seorang lelaki yang pernah memiliki berbagai masalah kesehatan dan memutuskan untuk hanya meminum jus sayur dan buah segar selama 60 hari. Ia menurunkan berat badan, menghilangkan masalah kesehatannya, dan kemudian menyebarkan manfaat meminum jus.

Saya memutuskan menggunakan blender karena tidak memiliki juicer. Kemudian saya mencampur daun kol, timun dan apel hijau, serta berbagai bahan lainnya.

Daun kolnya ternyata tidak bercampur dengan baik sehingga saya mendapat potongan-potongan bahan dengan rasa tidak enak yang harus saya kunyah. Namun saya telah bertekad – saya ingin merasa lebih segar dan bertenaga. Saya hanya meminum campuran ini selama kira-kira sepekan untuk kemudian berhenti, kembali ke kebiasaan lama saya dan melupakan masalah jus.

Saya meyakinkan diri bahwa saya tidak dapat bertahan dengan metode jus karena saya tidak memiliki juicer. Jika saja saya memiliki juicer, saya pasti dapat melakukan metode tersebut dengan lebih baik, karena jusnya akan terasa lembut dan tidak penuh potongan berserat yang sulit tertelan. Namun juicer baru saya hanya digunakan beberapa waktu dalam sehari selama kira-kira sebulan, untuk kemudian kembali disimpan di lemari dapur dan tidak pernah terlihat lagi.

Meski begitu, tahun ini saya memutuskan untuk melihat kesehatan dengan cara yang berbeda. Pada bulan Januari, saya mulai berolahraga secara rutin dan tidak mengkhawatirkan apa yang saya makan. Hal ini bekerja dengan sangat mencengangkan. Saya menurunkan sedikit berat badan, namun yang terpenting persentase lemak tubuh saya turun. Saya tidak buncit dan kulit saya menjadi luar biasa bersih.

Kemudian saya terjangkit semacam virus flu demam. Tenaga saya mendadak hilang. Saya kelelahan, berhenti olahraga, dan mulai kembali terbiasa menonton TV dan memakan cokelat.

Semua hasil olahraga saya mulai hilang. Saya dapat merasakan bahwa saya mulai memasuki masa di mana saya akan berkata, “Tidak ada gunanya,” dan kembali ke kebiasaan tidak menyehatkan. Karena jika saya sedang berada pada fase tersebut, akan lebih mudah mengambil sekantung keripik kentang dan bermalasan di depan TV daripada bangun dan menghadapi hal tersebut.

Namun, saya memutuskan bahwa saya tidak akan membiasakan diri saya memaksakan diri untuk hidup sehat untuk kemudian menyerah sama sekali. Semua pikiran negatif tersebut menahan saya melakukan perubahan.

Saya harus mengatakan pada diri sendiri, “Memang kenapa jika kamu telah menghabiskan tiga pekan untuk melahap karbohidrat dan bermalas-malasan? bangun dan kembali ke treadmill!” Kehilangan tiga pekan masih lebih baik daripada kehilangan setahun penuh. Saatnya melihat ke sisi positif! Saya kembali menguasai diri dan secara perlahan memasukkan kebiasan yang lebih sehat ke keseharian saya.

Jika Anda ingin sehat dan bahagia, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai

Kesalahan terbesar saya adalah tidak membawa bekal makan siang dari rumah. Tidak ada tempat makan yang dekat untuk makan siang, dan karena saya mengudara selama beberapa jam sekaligus, saya tidak dapat meninggalkan studio untuk mencari makan. Pilihannya adalah kelaparan dan merasa lebih buruk, atau membeli cemilan di mesin penjual otomatis.

Pelajaran yang saya ambil adalah bahwa menjaga kesehatan dan ketenangan itu membutuhkan kerja keras, namun sangat sepadan hasilnya. Saya merasakan perbedaan pada tubuh, suasana hati, dan keseluruhan perasaan saya berdasarkan apa yang saya makan.

Saya mulai melakukan metode jus lagi untuk membersihkan sistem saya dan saya merasakan bahwa pikiran saya lebih jernih sementara sakit kepala saya hilang. Saya bukanlah ahli kesehatan jadi saya tidak dapat mengatakan apa yang harus orang lain lakukan, namun saya dapat mengatakan bahwa saat Anda menambahkan lebih banyak buah, sayur, dan air ke dalam pola makan Anda sehari-hari, Anda akan merasa lebih segar. Tidak ada yang menandingi makanan alami dan asli.

Keripik kentang, soda, dan permen mungkin terasa enak saat dimakan, namun setelahnya dapat membuat Anda merasa lesu dan mudah tersinggung. Tujuan saya bukanlah untuk memangkas konsumsi makanan sampah sesekali, namun setiap saya melakukan metode jus, lidah saya seperti diatur ulang – saya menyadari kecanduan saya pada makanan yang terlalu asin dan terlalu manis menjadi berkurang.

Setiap orang berbeda dan meski lelaki yang melakukan metode jus selama 60 hari dapat melakukannya, tidak lantas semua orang juga seperti itu. Namun melakukan detoksifikasi sesekali dari kebiasaan makan kita sehari-hari bisa jadi hal yang baik.

Jadi, pesan saya adalah jika Anda ingin sehat dan bahagia, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Anda dapat memulai dengan hal-hal sederhana seperti berjalan di sekitar lingkungan rumah selama 10 menit setiap hari, atau memakan apel tiap sebelum makan. Yang terpenting, lakukan hal yang cocok dengan Anda.

Leave a Reply
<Modest Style