Modest Style

Memanfaatkan rasa iri sebagai motivasi

,

Rasa iri terhadap kesuksesan orang lain harus dipergunakan sebagai dorongan untuk menjadi lebih baik. Oleh Fatimah Jackson-Best.

Gambar: iStock
Gambar: iStock

Siapapun yang tumbuh besar dengan saudara kandung atau banyak teman mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya persaingan, bermula sebagai sesuatu yang sepele antara anak-anak untuk membuktikan siapa yang tercepat atau siapa yang lompatannya paling tinggi. Namun seiring waktu, dengan hal-hal seperti sekolah dan karir turut dijadikan bahan persaingan, kita mungkin mulai merasa ada yang berbeda dalam persaingan tersebut. Kini mobil terbaru, anak-anak paling mudah diatur, atau peningkatan jenjang karirlah yang dijadikan tolok ukur kesuksesan dan nilai kita. Hal ini dapat berujung pada kecenderungan untuk membanding-bandingkan yang negatif dan bahkan mungkin menjatuhkan kepercayaan diri seseorang.

Persaingan sehat mungkin saja terjadi tergantung pada bagaimana kita menghadapinya. Saya menganggap diri saya orang yang kompetitif. Saya tidak takut pada tantangan, dan segera setelah seseorang mengatakan “tidak” pada saya, saya akan mencari cara agar ia mengatakan “ya”. Saya memandang persaingan sebagai cara untuk menilai sejauh mana kemampuan saya, dan saya melakukannya dalam hampir seluruh bagian hidup saya.

Meski memiliki sifat kompetitif, saya akui bahwa kadang saya merasa iri saat melihat seorang teman di media sosial memiliki pekerjaan baru atau bepergian ke tempat eksotis. Saat ini terjadi, saya akan berusaha mencari tahu mengapa saya bereaksi negatif terhadap sesuatu yang positif. Apakah karena postingan mereka bernada pamer atau membuat pencapaian saya seakan tidak ada apa-apanya?

Inilah sisi lain dari persaingan dan perasaan iri dan serba kekurangan yang dapat dapat dimunculkannya. Perasaan-perasaan di atas tidak membuat seseorang buruk, namun bisa jadi membahayakan jika terus-menerus dijadikan reaksi terhadap pencapaian orang lain. Perasaan tersebut juga muncul sebagai dampak dari dunia masa kini yang terhubung namun berjarak. Saat kita menyaksikan kesuksesan orang lain melalui media sosial atau dari jauh, biasanya kita hanya melihat hasil akhirnya dan bukan keseluruhan prosesnya. Padahal dengan sedikit usaha, seseorang dapat menunjukkan pencapaian yang seakan mudah didapat dan kita hanya melihatnya sekilas di antara riuhnya dunia tersebut.

persaingan terbaik yang dapat kita ikuti adalah persaingan dengan diri sendiri

Saat merasa iri terhadap kebahagiaan seseorang, saya buru-buru menyelamati mereka untuk melawan negativitas yang ada. Saya juga berusaha memikirkan betapa kerasnya usaha orang tersebut untuk meraihnya, dan saya ingatkan diri saya bahwa ada banyak kesempatan di luar sana untuk mencapai segala hal. Pemikiran bahwa kesuksesan tidak akan hanya muncul sesekali merupakan salah satu hal yang membantu kita ikut berbahagia untuk orang lain.

Pemikiran ini tentunya tidak salah. Kita harus yakin bahwa setiap orang mendapatkan apa yang ia butuhkan, termasuk juga kita. Jika kita berdiam diri sambil memelihara iri terhadap keberhasilan seseorang, maka tidak hanya kita mencurangi diri sendiri, namun mungkin juga kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri dan menggapai hal yang sangat kita inginkan.

Pada akhirnya, dengan melakukan hal ini, kita akan menyadari bahwa persaingan terbaik yang dapat kita ikuti adalah persaingan dengan diri sendiri. Dengan menggunakan pencapaian sebelumnya sebagai tolok ukur kesuksesan akan menjamin bahwa Anda tidak akan bersaing melawan siapapun selain diri Anda, dan hal tersebut hanya akan membawa kebaikan bagi Anda.

Jadi, lain waktu jika kesempatan datang, lihatlah sebagai cara untuk lebih mengembangkan diri. Atau jika mendapat kesempatan melakukan sesuatu untuk kedua kalinya, usahakan Anda melakukan dengan lebih baik. Niatkan untuk melampaui pencapaian terdahulu setiap saat dan dengan begitu, Anda akan berusaha jauh lebih keras.

Yang terpenting, kita harus berhenti melihat kesuksesan satu sama lain sebagai ancaman, karena sinar seseorang tidak membuat redup sinar orang lain. Justru, jika kita semua bersinar bersama seterang mungkin, sesuatu yang indah akan tercapai dan kemungkinan yang ada menjadi tidak terbatas.

Leave a Reply
<Modest Style