Modest Style

Lamunan Fiksi Ilmiah Futurisme Muslim

,

Apa yang akan dihantarkan oleh hari esok, dan bagaimana hal tersebut membentuk keseharian kita? Jonathan Wilson membayangkan tentang masa depan.

Ilustrasi: Yunita Hadinata
Ilustrasi: Yunita Hadinata

Saat mengingat-ingat tumpukan koleksi rekaman, pita audio, kaset video, CD, belum lagi pemutar CD portabel saya, semuanya berselimut debu, terpikir betapa jauh kita telah melangkah dalam waktu yang begitu singkat. Saya ingat menulis tangan tugas-tugas kuliah dan lamaran kerja dengan pena tinta. Kemudian ada masa saat kita menulis coretan dulu sebelum mengetiknya. Saya bahkan cukup tua untuk pernah menggunakan mesin tik.

Dan jangan lupakan rasa frustrasi saat menerima foto Anda yang telah dicetak, dan menyadari bahwa kamera yang digunakan belum cukup diputar, atau orang-orang yang difoto sedang menutup mata.

Dalam pekerjaan kantoran pertama saya, saya menuliskan detil kontak klien saya pada kartu resep ukuran A5 dan menyimpannya di dalam sebuah kotak. Hanya sekretaris kantor yang memiliki komputer dan Anda harus meminta mereka mengetik surat-surat Anda. Pada 1999, salah satu alasan saya bergabung dengan sebuah perusahaan baru adalah karena mereka memberi saya komputer sendiri lengkap dengan surel, sistem manajemen kontak, dan PowerPoint – tanpa akses internet. Kemudian pada 2000, saya berpindah haluan lagi ke sebuah perusahaan di mana, kali ini, saya memiliki komputer dengan akses internet.

Saya mengingat-ingat saat kita diperiksa sebelum memasuki konser-konser musik. Siapapun yang ditemukan menyembunyikan kamera atau Walkman dengan fungsi perekaman akan dikeluarkan dari tempat acara. Sekarang, yang dapat Anda lihat di konser-konser musik adalah ratusan layar ponsel berpendar yang digenggam tinggi-tinggi oleh para penonton yang secara agresif merekam, memotret, mengunggah, dan membagi.

Namun tidak semua berubah – headphone sekarang masih sebesar headphone di tahun 90an. Bahkan, dulu, hanya pendengar hip-hop yang merasa cukup keren untuk menggunakan headphone besar berjalan-jalan – orang lain hanya menganggapnya bodoh. Lihat bagaimana kita sekarang.

Jadi, kita telah berubah dan tidak dapat kembali seperti sebelumnya. Cukup jelas bahwa fiksi ilmiah membentuk cara pandang kita terhadap dunia dengan menginspirasi orang untuk mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan ilmiah. Dapatkah Anda bayangkan hidup di masa kini tanpa ponsel pintar, MP3, foto digital, navigasi satelit GPS, Wi-fi, internet, sistem penyimpanan cloud, dan media sosial? Ingatlah bagaimana rasanya kali pertama Anda mengenal itu semua.

Semua hal ini membuat saya berpikir: Perkembangan apa saja yang dapat kita lihat berkaitan secara khusus dengan pengalaman sebagai Muslim? Berikut adalah beberapa kemungkinan.

Ilustrasi: Yunita Hadinata
Ilustrasi: Yunita Hadinata

Pakaian

Kain yang tidak perlu disetrika, anti noda, dan memiliki lapisan tahan air hidrofobik. Kain tersebut memiliki panel surya sehingga dapat mengumpulkan energi yang dapat digunakan baik untuk menghangatkan pakaian Anda, atau menyalakan ponsel pintar dan tablet Anda. Anda dapat memindai tubuh untuk mendapatkan pakaian yang sempurna bagi bentuk tubuh Anda; dan Anda dapat melihat citra 3D putar virtual diri Anda dalam pakaian yang ingin dikenakan.

Bayangkan satu hijab untuk segala kesempatan. Buat apa memiliki banyak hijab jika Anda dapat memiliki satu yang berubah warna seperti bunglon sesuai warna pilihan Anda, dan dengan bahan yang memiliki memori lipatan, sehingga dapat mengingat gaya favorit Anda.

Makanan dan minuman

Halal dan kosher artinya semua hewan akan disetrum sebelum disembelih, namun hanya sampai tingkatan yang disetujui oleh semua pihak. Untuk makanan dan minuman secara umum, jumlah kalori yang Anda bakar dan tingkat energi Anda akan diawasi. Anda akan diberi saran tentang apa saja yang harus Anda makan dan minum berdasarkan pengaturan pola makan yang dipilih, seperti: tambahan energi, program penurunan berat badan, olahraga, kantor, Ramadhan, dan makan untuk menenangkan diri. Kulkas Anda akan mengetahui apa saja makanan dan kalori yang Anda keluarkan dan secara otomatis memesan produk tersebut. Pendeteksi gerakan akan merekam seberapa banyak olahraga dan gerakan shalat yang Anda lakukan. Ia akan memberi Anda poin penghargaan, yang dapat Anda tukarkan di toko-toko yang bekerja sama dengan produk dan jasa terkait, semisal keanggotaan di pusat kebugaran, wisata rohani, dan pelayanan kesehatan.

Nongkrong halal

Foto oleh Jonathan Wilson
Foto oleh Jonathan Wilson

Akan lebih banyak minuman tanpa alkohol, dengan rasa yang sama seperti versi alkoholiknya. Saat saya mengunjungi Jepang baru-baru ini, saya melihat bir bebas alkohol sedang populer, terutama di kalangan profesional dalam acara-acara yang berhubungan dengan pekerjaan, kaum perempuan, pengemudi, orang-orang sadar kesehatan, dan percayakah Anda, tersedia juga rasa-rasa khusus anak.

Orang-orang ingin bersosialisasi tanpa kemungkinan mempermalukan diri di foto-foto yang dibagikan di media sosial. Saya pikir tren ini akan berkembang di kalangan para pemuda Muslim sebagai cara baru bersenang-senang bersama teman-teman non-Muslim. Dan tentu saja, shisha berisikan oksigen akan menggantikan pipa shisha tradisional, serta akan dipenuhi dengan vitamin dan mineral.

Ponsel pintar dan kacamata realitas tambahan

Saat Anda mengangkat ponsel kamera Anda, atau melihat melalui kacamata, Anda dapat melihat informasi bergaya Iron Man muncul di hadapan Anda. Ponsel dan kacamata ini akan menggunakan lokasi Anda dan mengumpulkan informasi sehingga Anda akan mendapatkan hadis yang revelan dengan apa yang ada di hadapan Anda, atau memberi petunjuk menuju masjid dan restoran halal terdekat.

Anda dapaat memilih ikut serta dan menerima saran perjodohan atau pertemanan berdasarkan keinginan Anda dan dicocokkan dengan profil orang-orang, jaringan profesional dan sosial, sejarah belanja online, dan komentar sosial media. Pengenalan wajah dan mata akan memberi Anda masukan tentang bagaimana orang-orang merespon komunikasi Anda.

Akan ada earpiece penerjemahan real time bergaya BabelFish. Bayangkan, Anda akan dapat memilih bahasa yang Anda inginkan, di luar bahasa yang digunakan oleh orang yang sedang berbicara. Sekarang, saat di masjid Anda dapat berpindah antara bahasa Arab dan bahasa lain.

Terdengar gila? Lihat video ini, yang ada sebelum Anda berpikir tentang Google Glass:

Dan konsep yang dibuat oleh Peter Gould khusus untuk kaum Muslim:

Donasi

Akan ada kalkulator zakat otomatis yang terhubung ke rekening bank Anda, yang memberitahu Anda berapa yang perlu dibayarkan. Saat Anda melakukan pembayaran, atau memutuskan memberi sumbangan, Anda akan dapat benar-benar menelusuri ke mana perginya uang Anda. Anda akan dikirimi gambar dan rekaman agar Anda dapat mengalami secara langsung perbedaan apa yang telah Anda buat.

Pemikiran terakhir

Sebagian dari Anda mungkin berpikir, “Wah, saya tidak sabar lagi.” Sementara bagi sebagian lainnya, hal ini membuat Anda merinding. Jika kita melihat kembali ke berbagai kemajuan teknologi di saat pengenalannya, mereka cenderung membelah pendapat. Berabad lalu, pemikiran untuk menjual cetakan Qur’an tidak diterima dengan baik oleh semua pihak; dan kemudian, menerjemahkan Qur’an ke dalam berbagai bahasa disambut dengan kehebohan. Baru-baru ini, saya mendengarkan diskusi tentang baik tidaknya mengizinkan orang melakukan pembayaran online untuk hewan kurban saat Ied, terutama karena negara-negara diurut berdasarkan harga per ekor hewan di tiap-tiap wilayah.

Saya yakin semua hal ini akan terjadi lebih cepat dari perkiraan Anda. Jika kita melihat Indonesia, misalnya, hampir dua pertiga warganya yang tinggal di wilayah perkotaan mengakses internet dari peralatan seluler; negara ini memiliki angka tertinggi keempat pengguna Facebook sedunia; dan lebih banyak orang memiliki ponsel dibandingkan rekening bank.

Masalahnya, bagaimanapun, adalah pemikiran bahwa sebuah kesenjangan membesar akan tercipta di antara orang-orang yang terbagi berdasarkan akses, kecakapan, pilihan, dan penerimaan terhadap teknologi. Lebih jauh lagi, terdapat masalah keleluasaan pribadi, terutama saat Muslim dipandang dengan kecurigaan. Al Jazeera melaporkan pembuatan profil yang berlanjut di AS, juga terdapatnya resiko nyata skenario Minority Report. [i] Apakah pemikiran ini akan menjadi isu kejahatan pemikiran, atau kedekatan dengan yang Maha Kuasa? Kita akan lihat pada saatnya, namun isu ini ada di tangan kita.

________________________________________

[i] Hakim menolak tuntutan terhadap NYPD perihal pengintaian terhadap Muslim Amerika, Al Jazeera America, 21 Feb 2014.

Leave a Reply
<Modest Style