Kiat menjaga kebugaran di kantor

,

Jika Anda merasa lesu, ikuti kiat berikut untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan dalam menjalankan hari Anda. Oleh Shea Rasol.

WP-Office-by-Shea-Fotolia-sm
Gambar: Fotolia

Duduk di kursi Anda dan bekerja seharian bisa berujung pada berbagai masalah kesehatan jangka panjang dan mempengaruhi kinerja. Pekerjaan belakang meja berarti kemungkinan Anda harus duduk terus-menerus selama beberapa jam, tanpa melakukan gerakan tubuh yang berarti. Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan di kantor untuk membantu tubuh tetap bergerak.

1. Postur tubuh yang baik

Tulang punggung kita bentuknya melengkung, jadi setiap sudut dan celahnya harus mendapat dukungan yang baik. Pastikan bangku kantor Anda memberikan kenyamanan dan dukungan maksimum untuk punggung Anda. Jika tidak, gunakan bantal duduk atau busa penahan punggung.

2. Beristirahat teratur

Beri diri Anda jeda untuk istirahat singkat setiap jam. Pikiran bekerja dengan kondisi prima selama sekira 45 menit. Luangkan 5-10 menit untuk melakukan hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti membaca koran, memeriksa Instagram, atau bahkan meminum teh. Pastikan untuk menjaga kedisipinan dan tidak beristirahat berlebihan.

3. Olahraga ringan

Bantu kerja sirkulasi darah Anda dengan melakukan peregangan tungkai dan lengan. Berdiri dan berjalan di sekitar kantor atau gunakanlah alat olahraga tangan saat jari-jari Anda terasa sangat lelah karena mengetik. Jangan lupa lakukan peregangan leher untuk menghilangkan ketegangan di sekitar leher dan pundak.

4. Gunakan tangga

Jika lantai Anda berada di lantai 3 atau 4, biasakan menggunakan tangga dan bukan lift. Jika kantor Anda berada di lantai 14, gunakan lift hingga lantai 10 dan lanjutkan dengan menggunakan tangga untuk lantai sisanya. Hal ini merupakan cara mudah memasukkan olahraga kardio ke dalam keseharian Anda.

5. Jalan singkat

Berjalanlah ke dispenser air atau mesin fotokopi yang lebih jauh. Hal ini memberi Anda kesempatan berjalan singkat yang Anda butuhkan setelah duduk berjam-jam. Atau sampaikan pertanyaan Anda kepada kolega dengan langsung mendatanginya dan bukan menelepon atau mengirimkan pesan singkat.

6. Tidur siang pada jam istirahat

Beri tubuh Anda waktu untuk tidur siang selama 15 menit pada jam istirahat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda. Percayalah – hal ini membantu Anda tetap jeli hingga penghujung hari, meski tubuh cenderung melambat setelah makan siang.

Leave a Reply
Aquila Klasik