Modest Style

Dukung Muslim Amerika, Russel Simmons Terima Penghargaan

,

Tokoh terkemuka musik hip hop ini telah menjadi aktivis yang antusias memerangi Islamofobia selama satu dasawarsa terakhir.

(Foto: Twitter)
(Foto: Twitter)

Sosok musik hip hop terkenal Russel Simmons menerima penghargaan dari biro Hollywood Dewan Urusan Publik Muslim (MPAC) dalam upacara penganugerahan yang diadakan di Universitas Southern California (USC), Sabtu (9/11).

Russel adalah pengusaha dan filantropis yang karya-karyanya telah membantu banyak artis marginal dan kelompok minoritas untuk terhubung dengan arus utama. Majalah Forbes pernah menyebutnya sebagai salah satu “Hollywood’s Most Influential Celebrities” (Selebriti Hollywood Paling Berpengaruh).

Penghargaan MPAC untuk praktisi yoga dan mantan suami diva Hollywood Kimora Lee Simmons ini merupakan penghormatan atas dukungannya yang besar terhadap komunitas Muslim Amerika selama satu dasawarsa terakhir.

Pendiri label musik hip hop Def Jam ini telah membantu artis-artis Muslim seperti Mos Def dan Dave Chappelle untuk menerima lebih banyak pengakuan. Pada 2011, Russel bahkan memelopori kampanye di Times Square, New York City, untuk memperlihatkan dukungan terhadap hak-hak Muslim di Amerika Serikat. Acara ini mempertemukan para selebriti dan pemuka agama di bawah slogan “I Am a Muslim, Too” (Saya Juga Seorang Muslim).

Selain itu, saat jaringan ritel Lowe’s menarik iklannya dari acara realitas “All American Muslim” yang disiarkan TLC menyusul protes dari kelompok evangelis konservatif, Simmons membeli slot iklan yang tidak laku di stasiun TV itu dan secara terbuka menentang boikot terhadap acara tersebut.

“Islamofobia adalah salah satu beban berat yang kita pikul di negara ini,” tegas Russel dalam wawancara terkini dengan harian Los Angeles Times.[i] “Seorang selebriti sangat tinggi nilainya. Jadi, selagi masih punya pengaruh, saya ingin menggunakannya.”

Acara penghargaan MPAC ini diberi judul “Raising Voices of Courage and Conscience: Honoring Russell Simmons” (Memelihara Suara Keberanian dan Hati Nurani: Menghormati Russel Simmons). Perhelatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan penyanyi-pencipta lagu asal Malaysia, Yuna, komedian dan komentator politik Dean Obeidallah, serta penyair dan artis rekaman Amir Sulaiman.

[i] Lorraine Ali, ‘Quick Chat: Russell Simmons spreads his influence’, Los Angeles Times, 5 Nov 2013, bisa dibaca di sini.

Leave a Reply
<Modest Style