Modest Style

Branding untuk Pribadi: Apa Kisah Anda?

,

Dengan penggunaan media sosial yang menyebar akhir-akhir ini, sangat penting membedakan kehadiran online Anda sebagai sebuah “merek pribadi”, kata Jonathan Wilson.

Ini kesempatan Anda untuk membingkai diri! (Gambar: Dreamstime)
Ini kesempatan Anda untuk membingkai diri! (Gambar: Dreamstime)

Pada masa media sosial, pengguna web pada berbagai tingkat sedang dicetak menjadi sesuatu yang terlihat, terasa dan “berperilaku” seperti merek. Pikirkan profil Facebook dan LinkedIn Anda, dan avatar Anda di berbagai platform media sosial lainnya. Baik kita memilih atau tidak, identitas dan kepribadian kita digunakan untuk memasarkan sesuatu.

Jadi apa itu merek? Nah, jika saya mengesampingkan istilah bisnis dan definisi buku teks, maka ia adalah sekelompok sifat dari sesuatu yang dikemas secara terpadu. Hal ini memungkinkan orang lain untuk dengan mudah menemukan dan memahami apa yang Anda tawarkan dan, yang lebih penting lagi, ia membawa lebih banyak nilai tambah bagi Anda dibandingkan tanpa sesuatu itu.

Idealnya, ia sebisa mungkin mengandung sebanyak mungkin dari hal-hal berikut: sebuah nama, logo, bentuk, warna, bau, suara, slogan, identitas, kepribadian, kisah, dan janji. Itu adalah sesuatu yang, ketika semua dikumpulkan, menjadi unik. Ia juga sesuatu yang bisa Anda miliki dan lindungi sebisa mungkin. Kebanyakan merek sekarang mencoba untuk membuat diri mereka tampil semirip mungkin dengan manusia. Begitu banyak sehingga, mereka ingin menjadi teman kita, memasuki hubungan yang bermakna dengan kita, tersambung ke jaringan kita dan menciptakan pengalaman dan kenangan bersama-sama.

Dari sini Anda dapat melihat bahwa jika Anda belum juga melakukan lompatan, Anda lebih dekat dibanding yang Anda kira untuk melangkah ke dalam dunia pencitraan. Tetapi kenapa Anda ingin menjadi merek? Apakah ini semua sedikit narsis? Pembelaan saya adalah bahwa ada merek yang lebih baik dan ada merek yang lebih buruk. Jika merek Anda tidak bekerja untuk Anda, jika ia tidak menghubungkan Anda dengan orang-orang yang Anda inginkan dan dalam cara yang Anda inginkan, jika ia tidak menyampaikan nilai yang lebih baik (baik itu dapat disentuh atau tidak dapat disentuh), jangan mengesampingkan mereknya atau cara berpikir tentang merek. Merek ini mungkin hanya memerlukan sentuhan agar lebih cerdik, canggih, pribadi, dan tepat sasaran.

Mari kita menerapkan cara berpikir merek untuk melamar pekerjaan, mencari bisnis, atau mungkin, bahkan sekarang, mencari pasangan hidup. Bagi banyak dari kita, hal pertama yang kita lakukan adalah pencarian Internet. Ini adalah proses dua arah, kita sedang melihat satu sama lain dan kita sedang mencari pertukaran. Jika Anda sedang diperiksa, orang ingin tahu sebanyak mungkin tentang Anda – tapi dengan cepat, ringkas, dan mudah. Itu berarti apa yang Anda katakan tentang diri Anda, siapa yang Anda tahu, dan apa yang orang lain katakan tentang Anda.

Ketika orang-orang yang tertarik itu mengklik untuk meninggalkan halaman, mereka harus mengingat berita utama yang paling penting, berita yang Anda ingin mereka ingat. Kini, tidak lagi cukup untuk menjadi lulusan universitas yang bersemangat, memiliki kemampuan analisis, kreativitas, perhatian terhadap detail, dan seseorang yang bisa bekerja dalam tim atau secara mandiri. Ada ribuan orang seperti itu. Merek Anda harus lebih dari sebuah kartu nama atau CV – mereka ada ribuan juga.

Merek Anda adalah elevator pitch Anda. Ini adalah sesuatu, yang melalui bahasa, gambar, suara dan bahkan bau, terhubung dengan sebanyak mungkin tempat, yang harus diingat. Pikirkan bagaimana perasaan Anda ketika Anda mencium barbekyu atau roti yang baru dipanggang pada hari yang cerah. Ingat berapa banyak Anda tiba-tiba mendambakan es krim ketika Anda berjalan melewati seseorang yang tidak menyadari segala sesuatu di sekitar mereka, mata mereka setengah tertutup, menjilati bibir mereka seperti anak kucing berbulu karena mereka sangat menikmati setiap suapan kecil es krim hingga tetes terakhir. Itulah mengapa kita mencintai makanan, karena mereka melibatkan semua indera kita, tapi itulah juga mengapa banyak bisnis dilakukan dan teman-teman diciptakan di sekitar makanan.

Anda mungkin berpikir,”Bagaimana semua ini berhubungan dalam pencarian pekerjaan, atau menciptakan merek jika Anda tidak ada hubungannya dengan makanan?” Yah, saya menyarankan bahwa Anda harus lebih sering keluar, bertemu orang-orang, dan menyimpan elevator pitch Anda dalam es, siap untuk mengirimkannya pada saat yang tepat. Saya juga menyarankan bahwa profil sosial media Anda harus merayakan pilihan yang kaya akan pengalaman, yang memuaskan semua indra. Dan ambil waktu untuk merenungkan kata-kata dan bahasa yang Anda gunakan, dan praktekkan cara untuk menanamkan dan merangkai pengalaman-pengalaman (bukan hanya satu jenis pengalaman) menjadi cerita berkaitan yang meyakinkan.

Akhirnya, dan ini adalah titik paling penting, membuatnya cukup jelas kepada orang lain apa yang Anda cari, dan apa peran yang Anda ingin mereka mainkan dalam hal ini. Orang tidak keberatan jika Anda melakukan dua hal:

Pertama, lakukan pendekatan pada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dengan cara yang tepat: dengan kesabaran, pertimbangan, martabat dan keramahan – bahkan jika mereka kurang begitu dengan Anda karena mungkin ada begitu banyak alasan mengapa mereka berlaku seperti itu, yang mungkin saja bukan karena Anda.

Kedua, dahulukan kepentingan mereka terlebih dahulu. Tunjukkan bahwa Anda bersedia untuk mengenal dan memahami mereka lebih baik. Dengar, jadilah pendengar, dan jangan membuat kesimpulan. Dan, jika Anda bisa, memberi mereka sesuatu yang pertama – tetapi tidak begitu banyak sehingga menghambat. Terlalu banyak sopan santun, terlalu banyak pujian, terlalu banyak hadiah dapat menyebabkan kecurigaan atau kekhawatiran. Satu-satunya pengecualian yang akan saya katakan adalah hadiah yang mengekspresikan rasa terima kasih. Mengucapkan terima kasih memberikan alasan, atau izin, untuk melanjutkan hubungan.

Sekarang mari lihat satu merek yang sukses. Forbes melaporkan bahwa Apple adalah merek paling berharga di dunia selama tiga tahun berturut-turut, senilai 104,3 miliar dolar atau sekitar Rp 1.251,6 triliun – naik 20 persen dari tahun lalu. Ini senilai hampir dua kali lipat merek lain di planet ini. Apple adalah kata yang besar karena membangkitkan begitu banyak gambar dan simbol yang kuat, yang secara universal dipahami. Pikirkan Adam dan Hawa, Snow White, New York sebagai “Big Apple“, dan tentu saja itu adalah buah sehat yang kita semua senang memakannya.

Sekarang pikirkan tentang slogan Apple: “Byte into an Apple” pada akhir tahun 1970, lalu “Think Different” di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Dan beberapa yang digunakan untuk produk mereka: “Brilliance, squared“, “MacBook Air – “The world’s thinnest notebook“, “Beauty outside. Beast inside“,” 10.000 songs in your pocket “,” It just works “, dan” Hello“. Slogan-slogan ini menyebarkan gambar sederhana dan mudah diingat dalam pikiran Anda.

Jadi mari geser fokus kembali pada Anda. Apa beberapa kata yang meringkas siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa yang Anda ingin orang lain untuk asosiasikan dengan Anda ketika mereka siap untuk terhubung?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan: sisipkan CV atau URL blog Anda ke Wordle.net, alat perangkat lunak Word Cloud yang gratis, yang akan memberi Anda gambaran tentang kata apa yang paling Anda gunakan untuk menggambarkan diri Anda sendiri. Apakah itu terlihat seperti Anda? Jika tidak, maka Anda perlu mengubah kata-kata dan cerita Anda. Pendekatan lain adalah untuk mendapatkan pena dan kertas dan meminta orang-orang yang Anda kenal untuk menggambarkan Anda dalam beberapa kata atau beberapa kalimat. Kemudian memilih bagian yang terbaik, atau bahkan memasukkan konten ini kembali ke Wordle.

Sekarang, pergilah keluar dan lakukan percobaan. Apakah Anda memasarkan produk, jasa atau bahkan diri Anda sendiri, lanjutkanlah. Apple butuh beberapa tahun untuk menjadi baik, sehingga personal branding mungkin akan juga akan memakan sedikit waktu – tapi, seperti yang dikatakan L’Oréal mengatakan, “Anda pantas mendapatkannya”.

Leave a Reply
<Modest Style