Modest Style

Apa hubungannya hijab dengan pekerjaan saya?

,

Berikut yang bisa Anda lakukan jika merasakan diskriminasi hijab di tempat kerja. Oleh Shea Rasol.

Foto: Fotolia
Foto: Fotolia

Sekitar saat ini tahun lalu, Hani Khan, seorang pekerja di gerai ritel Abercrombie & Fitch di California, diberi kompensasi financial setelah dipecat karena mengenakan kerudung. Label mode tersebut mengklaim bahwa ia melanggar “kebijakan tampilan” – ia belakangan menuntut mereka dan memenangkan gugatan.[i]

Diskriminasi di tempat kerja karena hijab terjadi hampir di setiap tempat – namun lebih-lebih di Barat. Pada bulan-bulan terakhir saya di universitas sebelum kelulusan, yang saya rasakan hanyalah semangat memasuki dunia karir, sementara saudari-saudari saya di belahan dunia lain harus mengkhawatirkan masalah mempertahankan hijab mereka selain mencari kerja.

Hafida, seorang teman dari Perancis, suatu kali berbagi tentang perjuangannya pada saya. Ia menyatakan bahwa tingkat diskriminasi yang dihadapinya karena hijab begitu parahnya hingga satu-satunya pilihan bagi Hafida adalah bekerja di perusahaan-perusahaan kecil di mana tidak ada pria yang terlibat. Itulah tekanan yang harus dihadapi para Muslimah muda – semuanya hanya karena selembar kain.

“Banyak Muslimah di Perancis yang berbakat dan memiliki nilai-nilai akademis yang baik, namun sistem yang ada menghalangi mereka berkembang. Banyak yang menetap di rumah dan menjadi ibu rumah tangga purna waktu atau kadangkala bekerja di pusat informasi melalui telepon di mana mereka hanya diperbolehkan mengenakan bandana,” ujar Hafida.

Hijabi atau bukan, kualitas kerja seseorang seharusnya hanya didasari pada pengetahuan, kemampuan, dan sikapnya di tempat kerja. Bagian di mana hijab menjadi halangan sulit saya pahami.

Jika Anda mendapati diri berada di situasi seperti ini di kantor, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjelaskan pada atasan Anda alasan Anda mengenakan hijab: bahwa Anda melakukannya karena alasan agama, dan meyakinkan mereka bahwa hijab tidak mengganggu kerja Anda.

Jika tidak berhasil, maka Anda harus memberi tahu pada mereka secara tertulis bahwa penolakan mereka terhadap hijab merupakan pelanggaran hak asasi Anda. Terakhir, jika hal tersebut tidak juga mempengaruhi mereka, pergilah ke kantor atau komisi yang menangani masalah ketenagakerjaan dan masukkan laporan atau keluhan tertulis pada mereka untuk membantu Anda memperoleh keadilan.

Hal itu bukan bentuk pemberontakan, namun cara berjuang yang pantas untuk mendapatkan hak Anda menjalankan keyakinan Anda (selama sejalan dengan persyaratan kerja). Jadi, jika ada seorang kolega atau atasan yang secara langsung maupun tidak langsung menunjukkan prasangka terhadap hijab Anda, bersikap tegaslah.

________________________________________

[i] ‘Abercrombie & Fitch pays out $71,000 to settle lawsuits over hijabs’, AP, 23 Sep 2013, dapat dilihat di sini

Leave a Reply
<Modest Style