Aneka tujuan wisata keluarga di Asia Tenggara

,

Tinggalkan belantara perkotaan dan ajak keluarga Anda berpetualang di alam bebas. Oleh Afia R Fitriati.

Tur perahu Mekong Delta di Vietnam.
Tur perahu Mekong Delta di Vietnam.

Bagi banyak orangtua, bayangan berlibur dengan anak-anak mungkin terasa seperti tantangan tersendiri. Tahun ini, mengapa tidak terima tantangan tersebut dan rencanakan perjalanan bersama keluarga? Berikut daftar beberapa tempat liburan penuh petualangan di Asia Tenggara yang menjanjikan saat-saat istimewa bagi orangtua dan anak.

Malaysia

Firefly Park Resort

firefly

Kunang-kunang adalah pemandangan langka untuk anak-anak kota. Bayangkan betapa girangnya mereka saat menemukan serangga menyala tersebut dan menyaksikan kerlip jutaan kunang-kunang sekaligus. Anda dapat menemukan pemandangan mengagumkan tersebut di Firefly Park Resort di Bukit Belimbing, Kuala Selangor, Malaysia. Bersiaplah menghabiskan malam di resor untuk menyaksikan pertunjukan cahaya kunang-kunang semalaman. Akomodasi di resor disediakan dalam bentuk rumah panggung di sepanjang tepian Sungai Selangor. Dalam perjalanan menuju resor, jangan lupa mengunjungi desa nelayan Pasir Penambang untuk mendapatkan ikan laut segar, ataupun makan siang atau malam dengan sajian laut nikmat di restoran.

Kunang-kunang mulai beraksi sekitar satu jam setelah matahari terbenam. Mereka akan bermunculan selama dua hingga tiga jam di sekitar cabang pohon berembang yang memagari Sungai Selangor. Untuk menyaksikan pertunjukan kunang-kunang, keluarga Anda akan dibawa menaiki perahu di sepanjang sungai. Tarian kunang-kunang akan berlanjut hingga subuh, memberikan kesempatan panjang berada di atas perahu untuk mengeratkan ikatan keluarga sambil mengagumi keindahan sungai di malam hari.

Permai Rainforest

Tinggal di atas rumah pohon bisa jadi adalah impian masa kecil setiap orang. Di Permai Rainforest Resort, Anda dapat mengajak anak-anak – dan diri Anda sendiri – untuk menghidupkan mimpi tersebut, meski hanya untuk satu akhir pekan. Berjarak 30 menit berkendara ke arah utara Kuching, ibu kota Sarawak, Permai merupakan tempat untuk bersantai di tengah kesunyian hutan yang menenangkan dan menikmati kegiatan rekreasi.

Mulai hari Anda dengan menyapa monyet-monyet dari beranda rumah pohon Anda yang berada di ketinggian 6 meter. Anak-anak berbagai usia dapat bermain air di sebuah kolam renang berisi air segar tanpa klorin yang berasal dari hutan, atau di salah satu dari dua pantai yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari resor. Pecinta fauna akan merasa senang mengetahui bahwa resor ini merupakan tempat tinggal bagi beragam hewan liar termasuk burung, serangga, dan katak. Plus, penangkaran orangutan hanya berjarak satu jam berkendara dari resor.

Bagi mereka yang suka kegiatan olahraga, Permai menawarkan berbagai kegiatan seperti kayaking, trekking hutan, dan flying fox. Ajak anak-anak Anda mengenal kebudayaan Sarawak di Sarawak Cultural Village, hanya lima menit berjalan kaki dari resor. Dengan ragam daya tarik dan kegiatan, Permai Rainforest Resort adalah tujuan liburan yang sangat cocok bagi keluarga pecinta alam.

Vietnam

Mekong Delta

Vietnam adalah negara yang indah dan menarik, namun sebagian umat Muslim mungkin akan merasa kesulitan berlibur di sana karena sulitnya mencari makanan halal dan sarana kegiatan yang Islami. Pencarian online akan membawa Anda ke beberapa situs yang menyediakan informasi dan jasa perjalanan di Vietnam untuk umat Muslim. Petualangan sungai tur Mekong Delta adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

Mekong Delta adalah sebuah wilayah di barat daya Vietnam yang merupakan rumah poulasi Muslim terbesar di negara tersebut. Sungai merupakan tumpuan hidup masyarakat di sana sebagai penyedia sumber makanan, penghasilan, dan transportasi. Bahkan beberapa desa yang lebih terpencil seringkali hanya dapat dicapai melalui sungai atau kanal. Pasar terapung di sepanjang Sungai Mekong juga menjadi daya tarik tersendiri. Keluarga Anda akan melewati waktu yang menyenangkan memilih-milih dan menikmati buah eksotis Vietnam seperti trung luong (prem), vinh kim (apel bintang), dan cai be (jambu). Menyusuri sungai di atas perahu tentunya juga pengalaman yang menyenangkan. Ayunan air, pemandangan indah, dan suara alam merupakan kenikmatan bagi seluruh indera.

Thailand

Hot Rock Climbing School

hot rock

Jika keluarga Anda mencari sesuatu yang penuh keriangan, maka Anda tidak ingin melewatkan tempat liburan ini. Di Hot Rock Climbing School di Krabi, bahkan anak-anak kecil dapat ambil bagian dalam petualangan panjat tebing. Sekolahnya menjanjikan pelatihan yang aman dan terjamin, dan akan memberi Anda pelajaran di tempat tentang mencari jalur memanjat termudah, teknik manuver, memahami dan mengikuti perintah dasar, serta cara mencengkeram yang benar. Selain itu, panjat tebing merupakan cara yang baik untuk membangun kepercayaan diri anak dan bagus untuk membentuk ikatan sebagai keluarga. Orangtua seringkali kemudian menyadari bahwa memanjat tidak selalu menjadi daya tarik utama pengalaman menyenangkan ini. Terkadang, keseruan yang didapat dari perjalanan vertikal ini adalah saat menemukan kadal dan fauna lainnya di sepanjang kegiatan, atau menyaksikan pemandangan menakjubkan dari ketinggian.

Hot Rock Climbing School dikelola oleh instruktur-instruktur profesional. Sekolah ini menawarkan beragam kursus, memberikan asuransi penuh bagi klien panjat tebing, dan dapat mengatur akomodasi di salah satu resor terdekat, dengan harga sesuai anggaran klien. Sekolah panjat tebing ini berada di Railay, sebuah wilayah di Krabi yang terkenal karena pantai-pantai dan gua-guanya dan dapat dicapai hanya dengan menggunakan perahu.

Indonesia

Tangkahan, Sumatera Utara

tangkahan

Bersiaplah untuk saat basah-basahan yang sangat menyenangkan dengan beberapa teman keluarga baru. Tangkahan adalah sebuah wilayah ekowisata dengan beberapa “sekolah gajah” di mana keluarga Anda dapat membantu memandikan hewan-hewan besar tersebut di sungai yang masih terjaga, memberi mereka cemilan, atau bahkan bergabung dengan mereka dalam sebuah patroli hutan betulan untuk mencegah pembalakan liar.

Pesiar sungai di Tangkahan. Foto oleh Tangkahan Ecotourism.com
Pesiar sungai di Tangkahan. Foto oleh Tangkahan Ecotourism.com

Tangkahan sering disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera. Keluarga Anda dapat berpesiar di sungai di atas perahu yang dibuat dari ban mobil dalam, trekking hutan, atau sekadar bersantai di tepi sungai, semuanya sambil menerima pelajaran tentang konservasi alam. Berkat gerakan ekowisata, pembalakan liar di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser telah dihentikan total pada 2001. Tangkahan merupakan contoh sempurna bagaimana ekowisata berbasis masyarakat dapat menjaga lingkungan, memperbaiki penghidupan, dan membangun rasa kebanggaan di antara warga setempat.

Perjalanan menuju Tangkahan cukup ramah bagi anak-anak. Tempat ekowisata ini dapat dicapai dari Bukit Lawang, Medan atau Aceh dengan bis umum atau jip carteran. Terdapat delapan penginapan yang dapat dipilih di wilayah ini.

 

Bumi Perkemahan Batu Tapak, Jawa Barat

Berkemah adalah cara klasik untuk memperkenalkan keluarga Anda pada kehidupan yang dekat dengan alam. Di Bumi Perkemahan Batu Tapak, keluarga Anda dapat menikmati keindahan alam tanpa mengorbankan kenyamanan fasilitas dasar seperti listrik dan kamar mandi bersih.

Batu Tapak adalah sebuah wilayah di kaki Gunung Salak di Sukabumi, Jawa Barat. Nama Batu Tapak berasal dari sebuah legenda tentang sebuah batu raksasa yang memiliki jejak-jejak kaki yang ditemukan di wilayah tersebut. Terdapat dua situs perkemahan di Batu Tapak. Bumi Perkemahan Batu Tapak yang cocok untuk keluarga dan dikelola oleh swasta ini memiliki pemandangan Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan desa-desa sekitar, yang memberi situs ini pemandangan menakjubkan baik saat siang maupun malam hari. Mereka yang lebih berpengalaman dapat mencoba bumi perkemahan yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan Indonesia.

Rasakan kehidupan nomaden dengan menghabiskan malam di tenda, berbungkus kantung tidur. Bumi perkemahan ini menyewakan peralatan bagi mereka yang tidak memiliki tenda. Berkumpullah di sekitar api unggun dan saksikan kerlip bintang di luasnya langit malam. Saat pagi, mulailah hari Anda dengan menyaksikan keindahan matahari terbit dan bersiaplah trekking di hutan, di mana air terjun siap menyambut Anda bermain air.

Artikel ini pertama kali terbit di majalah Aquila Style edisi Juni 2012.

Leave a Reply
Aquila Klasik