Modest Style

Alternatif Ibadah untuk Masa Datang Bulan

,

Berikut adalah beberapa tips agar beroleh keberkahan saat kita sedang menghadapi masa-masa haid dan tidak diperbolehkan untuk shalat. Oleh Shea Rasol.

1501-WP-Month-by-Shea-Pixabay

1. Berzikir

Mengingat Allah lewat untaian zikir dapat dilakukan untuk mengisi masa-masa berhalangan kita. Hal ini dapat dilakukan setiap hari (bahkan di saat bukan masa haid kita) sehingga laku ibadah ini tidak dirasakan sebagai beban, namun semata-mata sebagai pengingat kepada Sang Kuasa.

2. Membaca terjemahan Al Quran

Kita mungkin saja tak bisa menyentuh Al Quran saat masa-masa berhalangan, namun siapa bilang kita tak boleh menyentuh tafsir, atau terjemahannya? Dapatkan terjemahan dengan kualitas baik dan manfaatkan waktu-waktu ini untuk mengaji pemahaman di balik setiap suratnya.

3. Mendengarkan lantunan pelafalan Al Quran

Tak diperbolehkan melafalkan Al Quran? Maka berikan hak pendengaran kita dengan mendengarkan lantunan pembacaan Al Quran. Sudah banyak tersedia aplikasi Al Quran untuk tablet dan ponsel-pintar, cobalah mengunduh salah satu sekarang dan kita bisa mainkan terus-menerus saat waktu shalat, waktu bersantai dan bahkan sembari mengemudi!

4. Bergabung dengan kelompok usrah 

Berbaurlah dengan sebuah perkumpulan, atau usrah (bahasa Arab untuk “keluarga”) yang ada di masjid-masjid atau pusat keagamaan dekat rumah. Bertemanlah dan gali pengetahuan berharga tentang sejarah Islam, spiritualitas dan bahkan bahasa Arab (tergantung dari masing-masing kelompok).

5. Memberikan dakwah

Jika Anda memiliki kemampuan berbicara di depan publik, maka mungkin ini tepat untuk Anda! Mulailah berbagi pengetahuan dan petuah positif kepada orang-orang di sekeliling kita. Berkumpullah dalam sebuah kelompok kecil dengan empat atau enam orang anggota, dan sampaikan apa yang kita pelajari dari kelompok usrah atau buku-buku yang baru selesai kita baca.

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (An-Nahl 16:125)

6. Membantu mereka yang kurang beruntung

Bersedekah bisa dilakukan dengan beragam cara. Kapan pun Allah menghadirkan sebuah situasi di mana kita menjumpai seseorang yang kurang beruntung, cobalah memberikan perhatian lebih bagi mereka daripada yang biasanya kita lakukan.

Rasulullah (SAW) dikabarkan menyampaikan: “Sedekah dapat menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api.”[i]

7. Berdoa dan bertaubat

Sisihkan waktu sebelum berangkat tidur untuk bersimpuh di hadapan Tuhan dan berkomunikasi dengan-Nya lewat untaian doa. Doa dapat dipanjatkan sepanjang hari, namun malam hari adalah waktu yang tepat untuk khusyuk dalam permohonan taubat sepenuhnya.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang senantiasa bertaubat… “ (Al-Baqarah 2:222)

 


[i] Dikisahkan oleh Ka’b bin Ujrah, dalam Tirmidzi, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style