Modest Style

8 Cara Membuat Olahraga Jadi Menyenangkan

,

Dengan mengikuti tips berikut, Anda tidak perlu memaksakan pikiran bahwa olahraga itu menyenangkan, karena olahraga memang menyenangkan! Oleh Shea Rasol.

Gambar: SXC
Gambar: SXC

1. Pakaian olahraga

Meski tampak sepele, pakaian yang Anda kenakan untuk berolahraga dapat membantu meningkatkan semangat dan kepercayaan diri. Sebelum memulai rutinitas berolahraga, berinvestasilah untuk perlengkapan olahraga berkualitas (termasuk kerudung olahraga) juga sepatu dalam warna favorit Anda. Hal tersebut akan membantu Anda terus bersemangat – entah saat Anda akan jogging atau lari jarak jauh.

2. Berjalan, berlari, atau bersepeda

Tinggalkan mobil atau motor Anda dan biasakan memilih cara bepergian lain. Cobalah berjalan dari rumah menuju stasiun KRL terdekat. Atau unduh aplikasi di ponsel (seperti pedometer) yang dapat menghitung jumlah kalori yang telah Anda bakar di penghujung hari, setiap hari.

3. Susun daftar lagu olahraga

Jika Anda lebih suka berolahraga sendiri, susunlah sebuah daftar putar berisi lagu-lagu favorit yang membuat Anda bersemangat. Hal yang paling tidak Anda inginkan adalah merasa bosan di pusat kebugaran.

4. Dokumentasikan kemajuan Anda

Catat dan potret secara rutin untuk melihat kemajuan Anda dan untuk selalu mengingat tujuan Anda. Saat Anda menyadari sejauh apa pencapaian Anda, beri diri Anda “hari hadiah” sesekali. Lalu selamati diri Anda atas pencapaian tersebut.

5. Tantang diri Anda

Mungkin Anda sangat jago dalam kickboxing atau sangat lentur dalam yoga. Mengapa tidak memberi tubuh Anda tantangan melakukan tari perut? Atau olahraga lain yang biasanya tidak akan mau Anda lakukan.

6. Buat gol yang realistis

Kunci dari penurunan berat badan atau peningkatan kebugaran tubuh yang efektif adalah dengan membuat gol yang realistis untuk jangka panjang. Tidak ada gunanya mendapat peningkatan drastis dalam waktu yang singkat – hal ini biasanya hanya sementara. Dalam sepekan, batasi diri Anda dalam menurunkan bobot hanya hingga setengah sampai satu kilogram berat badan,  lari 100 meter lebih jauh atau menambahkan hanya setengah kilogram untuk angkat beban. Ikuti pola tersebut dan tingkatkan secara perlahan.

7. Ubah pemandangan

Selain kenyamanan yang ditawarkan rumah atau pusat kebugaran langganan Anda, pergilah ke suatu tempat baru di akhir pekan. Jika Anda selalu berolahraga di dalam ruangan, keluarlah untuk berlari atau berenang dan menghirup udara segar.

8. Bersenang-senang

Di sela-sela olahraga di pusat kebugaran, cobalah olahraga sepatu roda, sepeda, lompat tali, atau hulahop bersama teman-teman Anda. Anda jadi dapat bersosialisasi sambil berolahraga – dan tanpa disadari Anda ternyata telah berolahraga selama berjam-jam.

Leave a Reply
<Modest Style