Modest Style

6 Hobi Murah yang Memperkaya

,

Dapatkanlah pengalaman dan bakat dengan kegiatan yang ramah di kantong Anda. Oleh Shea Rasol.

Foto : Stockvault
Foto : Stockvault

Banyak dari kita mungkin cenderung untuk menghabiskan akhir pekan kita di mal, bergaul dengan teman-teman, menghadiri acara-acara dan semacamnya. Walaupun semua kegiatan itu menyenangkan, ada saat-saat ketika Anda ingin di rumah saja dan melakukan kegiatan yang menyehatkan dan menguntungkan – lebih baik lagi, kegiatan yang juga dapat membantu membangun karakter Anda.

Berikut adalah beberapa kegiatan jika lain kali Anda memiliki sejenak waktu luang yang dapat membantu Anda menabung untuk biaya kuliah atau bahkan arloji impian yang sudah lama Anda incar.

  1. Berkebun
    Dengan modal kecil, lengkapilah diri dengan peralatan dasar untuk berkebun seperti pot, sekop dan tentu saja – benih. Anda dapat membeli alat-alat berkebun dari pasar barang bekas lokal atau bahkan membuat sendiri pot dan vas dari kaleng atau wadah bekas. Mulailah dengan bibit bunga dari varietas yang berbeda dan saksikanlah bayi-bayi Anda tumbuh menjadi taman yang indah. Selain menghemat uang, sekarang Anda telah mempunyai taman beraneka warna!
  2. Membaca
    Mendaftarlah untuk mendapat kartu keanggotaan di perpustakaan setempat dan nikmatilah kelimpahan buku dan pengetahuan. Luangkan beberapa jam sehari selama akhir pekan untuk tenggelam dalam kata-kata novelis dan penulis terkenal. Tantang diri Anda, karena menjadi kutu buku adalah tren yang baru.
  3. Malam Permainan
    Kumpulkanlah sobat-sobat Anda dan aturlah giliran untuk mengadakan malam permainan mingguan di rumah seseorang. Anda bisa memiliki banyak kesenangan, menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda, dan menantang pikiran Anda dengan permainan yang mengasah intelektual – seperti Scrabble, Trivia, Boggle, dan Taboo. Anda akan sangat senang sampai-sampai tidak akan menyadari sudah saatnya untuk pulang!
  4. Restorasi
    Mati gaya selama akhir pekan, tetapi ingin mengunci diri di rumah? Maka ambillah palu dan sekotak paku, dan mulailah memperbaiki furnitur dan barang-barang rusak, atau cobalah meremajakan barang-barang vintage dengan sedikit cat baru. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman selama akhir pekan.
  5. Karya seni
    Mulailah dengan mengumpulkan bahan daur ulang atau sisa-sisa barang yang tidak dapat digunakan seperti tutup botol, pembersih pipa, atau bahkan karet gelang. Bayangkan hasil akhir karya seni yang Anda ingin buat, dan mulailah bekerja ke arah sana dengan barang-barang yang  Anda kumpulkan. Yang hebat dalam hal seni abstrak adalah, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Maka silakan berkreasi gila-gilaan!
  6. Kerja Relawan
    Apakah Anda seorang penyayang binatang? Atau apakah Anda memiliki pesona magis yang ampuh dalam menghadapi warga senior? Maka mampirlah ke tempat penampungan hewan atau panti jompo lokal untuk menjadi bagian dari kehidupan mereka. Organisasi non-profit akan menyambut Anda dengan tangan terbuka karena siapa yang tidak suka ditemani – terutama oleh individu baik hati seperti Anda!

Selamat menekuni hobi!

Leave a Reply
<Modest Style