Modest Style

5 Prinsip Sederhana Mendekorasi Rumah Mungil

,

Menghias rumah mungil bisa jadi urusan membingungkan. Afia R Fitriati menawarkan beberapa ide untuk memulainya.

0301-WP-Afia-5-Simple-sm

Baik hunian kita sebuah rumah ataupun apartemen, tinggal dalam rumah yang mungil bisa menjadi tantangan – atau kesempatan untuk menguak sisi kreatif kita. Maksimalkan keberadaan tempat tinggal kita dengan mengikuti panduan berikut ini:

1. Upayakan keteraturan

Kesemrawutan membuat ruang mungil menjadi bertambah sempit. Hindari keadaan berantakan dengan menyediakan area atau wadah tertentu untuk meletakkan pernak-pernik di rumah kita. Tips cerdas menata rumah hemat-ruang oleh Alejandra Costello ini mungkin bisa menyumbang beberapa ide.

Namun bagaimanapun, pada akhirnya kerapian adalah sebuah kebiasaan. Jadi pastikan untuk mengajari putra-putri kita untuk meletakkan kembali barang-barang pada tempatnya dan membagi tugas merapikan ruangan untuk setiap anggota keluarga yang dilakukan setiap hari. Sisi positif tinggal di hunian mungil adalah kita tak membutuhkan banyak waktu untuk membersihkan rumah, jadi beberapa menit sehari seharusnya cukup untuk menjaga rumah tetap rapi dan teratur.

2. Berpikir multiguna

Pikirkan lebih dari satu cara untuk memanfaatkan ruang atau perabot rumah. Pilihlah meja yang ringan sehingga mudah dipindah dan berfungsi ganda sebagai wadah penyimpanan. Contohnya, meja kopi dengan permukaan kayu walnut ini berada dalam wishlist perabot rumah saya; ia bisa difungsikan sebagai meja gambar untuk anak-anak dan wadah mainan jika dibuka.

Kredit: Poshtots
Kredit: Poshtots

3. Cermin, cermin di dinding

Salah satu ide klasik untuk membuat ruangan terasa lebih luas adalah dengan menggantungkan cermin di dinding ruangan. Karena cermin juga memantulkan cahaya, letakkan di dekat sumber cahaya sehingga memberi ruangan cahaya tambahan. Cermin berdesain atau berbingkai unik juga bisa menjadi elemen dekoratif bagi ruangan.

Kredit: Loving living small
Kredit: Loving living small 

3. Manfaatkan ruang vertikal

Pikirkan cara yang tidak umum untuk memanfaatkan area dinding dan area vertikal lain yang kosong. Dengan bantuan beberapa kait, keranjang, magnet dan sejumput kreativitas, kita bisa menciptakan beberapa wadah tambahan dan mengosongkan area lain sehingga membuat ruangan lebih lega. Coba lihat ide-ide untuk kamar mandi berikut sebagai contohnya. Saya juga menyukai wadah dengan tempelan magnet di bagian belakangnya. Pernik ini akan menempel dengan mudah di pintu kulkas atau permukaan berbahan logam lainnya, sehingga mengosongkan ruang rak di dapur.

Kredit: Casa Sugar
Kredit: Casa Sugar

4. Tunjukkan warnamu!

Hanya karena kita menghuni rumah mungil bukan berarti dinding kita harus selalu berwarna putih atau harus selalu memakai warna-warna netral dan suram. Sebaliknya, sepercik warna terang pada beberapa bantal sofa atau area dinding berwarna cerah akan seketika mengubah ruangan berkesan lebih luas dan terang. Pastikan untuk menyeimbangkan warna-warna gelap dengan rona dan tekstur terang untuk menghindari ruangan menjadi terlalu gelap dan berkesan berat.

Kredit: homedit
Kredit: homedit

 

5. Perabot lepas-pasang

Secara umum, perabot rumah modular atau lepas-pasang adalah pilihan yang ideal untuk rumah mungil karena akan menciptakan tampilan bergaris-ramping dan meminimalkan kesemrawutan sekaligus memaksimalkan area penyimpanan. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, sudut kosong di dekat jendela atau area di atas pintu bisa diubah menjadi  tempat penyimpanan rak buku atau pojok membaca yang nyaman!

Kredit: Homeizea
Kredit: Homeizea

 

Leave a Reply
<Modest Style