Modest Style

30 Amalan untuk 30 Hari

,

Afia R Fitriati mengumpulkan berbagai contoh perbuatan baik yang dapat kita lakukan selama Ramadhan.

Foto: SXC
Foto: SXC

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk berbuat baik dibandingkan saat Ramadhan. Selain kita dianjurkan untuk berpartisipasi dalam berbagai ritual Ramadhan yang rutin seperti shalat tarawih dan i’tikaf, sebaiknya kita juga jangan mengabaikan kesempatan sehari-hari untuk melakukan aneka kebajikan kecil karena pahala untuk setiap perbuatan baik di bulan ini dilipatgandakan berkali-kali.

Berikut adalah daftar 30 tindakan ibadah sederhana yang dapat Anda lakukan kapan saja selama bulan suci ini. Pilih tindakan yang berbeda setiap hari atau lakukan beberapa tindakan secara konsisten sepanjang bulan – itu terserah Anda!

1.       Ucapkanlah ‘Alhamdulillah’ ketika Anda bangun, karena setiap hari dalam hidup kita adalah berkah yang harus disyukuri.

2.       Ucapkan doa untuk saudara-saudari kita di Suriah, Palestina, dan Rohingya. Sementara kita memiliki kemewahan untuk dapat memilih menu berbuka puasa, mereka mungkin sama sekali tidak memiliki makanan.

3.       Senyum dan berilah semangat kepada seseorang.

4.       Hafalkan satu ayat Al Quran. Ada lautan berkah dan pengetahuan dalam setiap ayat di Kitab Suci.

5.       Siapkan celengan amal. Mintalah setiap anggota keluarga untuk menyimpan recehan dalam kotak amal ini. Pada akhir bulan, sumbangkan isinya ke badan amal pilihan Anda. Ini merupakan latihan yang sangat baik untuk mengajarkan konsep sedekah kepada anak-anak.

6.       Berdzikir saat Anda sedang menunggu. Pikiran kita cenderung melantur ke mana-mana saat menunggu. Buatlah setiap detik bermakna dengan mengingat kemuliaan Allah.

7.       Lakukan kebaikan-kebaikan sederhana untuk Bumi.

8.       Shalat begitu Anda mendengar adzan.

9.       Perhatikan saat berwudhu. Membasuh anggota tubuh dengan penuh kesadaran dan memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang air merupakan awal yang sangat baik untuk shalat.

10.   Beri makan seekor hewan, atau siram sepucuk tanaman.

11.   Matikan televisi. Pelajari Al-Quran sebagai gantinya.

12.   Berikan pujian kepada seseorang.

13.   Shalat berjamaah kapan saja Anda bisa. Bandingkan: Menurut hadits, Anda hanya perlu satu orang untuk bergabung dengan Anda dalam shalat untuk meningkatkan kualitas pahalanya sampai 27 derajat [i].

14.   Jadilah orang pertama yang mengucapkan salam ketika bertemu seseorang.

15.    Ajak seorang non-muslim ke acara berbuka puasa.

16.   Sujudlah 30 detik lebih lama. Menurut riwayat, inilah saat ketika kita paling dekat dengan Tuhan. [ii]

17.   Katakanlah hal-hal baik tentang seseorang saat dia tidak ada.

18.   Kirim bunga untuk ibu Anda.

19.   Berbagi kata-kata motivasi di media sosial.

20.   Tinggalkan situasi yang berpotensi gosip.

21.   Kunjungi orangtua Anda.

22.   Kunjungi teman yang sakit. Atau kunjungi seorang teman lama, jika Anda tidak memiliki teman yang sedang sakit. Siapa tahu, Anda mungkin hanya memiliki satu kesempatan lagi untuk bertemu dia.

23.   Pungutlah sampah.

24.   Kirimkan doa untuk kerabat yang telah meninggal.

25.   Jangan membuang-buang makanan. Ambillah hanya sebanyak yang Anda bisa makan.

26.   Maafkan seseorang.

27.   Bebaskan seseorang dari tugasnya. Cuci piring atau buang sampah meskipun itu bukan giliran Anda untuk melakukan tugas rumahan tersebut.

28.   Katakan ‘Aku cinta padamu’ kepada pasangan atau anggota keluarga Anda.

29.   Berikan hadiah sambutan untuk seorang mualaf.

30.   Bersikap baiklah kepada diri sendiri. Beri diri Anda ucapan selamat setiap kali Anda menyelesaikan tugas pada daftar ini.

Jangan pernah meremehkan kekuatan tindakan kecil. Apalagi perbuatan yang menurut riwayat paling dicintai Allah adalah perbuatan yang dilakukan terus-menerus, meskipun mungkin sedikit. [iii] Beberapa tindakan positif kecil yang diulang-ulang sepanjang Ramadhan bisa jadi akan berakhir jadi terbentuk menjadi kebiasaan baik pada akhir bulan. Karena tindakan kita menjadi kebiasaan dan kebiasaan membentuk karakter kita, mari kita manfaatkan setiap saat di bulan Ramadhan tahun ini untuk menjadi orang yang lebih baik, insya Allah.

  • Tarawih: Shalat sunah yang dilakukan hanya di bulan Ramadhan, dilakukan segera setelah shalat Isya.
  • I’tikaf: Berjaga di dalam masjid, biasanya dilakukan selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan untuk introspeksi diri, shalat, membaca Al Quran dan berdoa.

[i] Diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, dalam Bukhari, tersedia di sini.

[ii] Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dalam Muslim, tersedia di sini.

[iii] Diriwayatkan oleh Aisyah, dalam Bukhari, tersedia di sini.

Leave a Reply
<Modest Style