Modest Style

10 Ibadah Saat Sedang Datang Bulan

,

Jangan biarkan datang bulan menghalangi Anda untuk beribadah dalam Ramadhan ini, tulis Afia R Fitriati.

Foto: PhotoXpress
Foto: PhotoXpress

Sebagai wanita muda yang sehat, kita pasti akan menghadapi beberapa hari di bulan Ramadhan saat kita dibebaskan dari kewajiban shalat dan puasa karena menstruasi. Tidak bisa melakukan beberapa ibadah dapat membuat kita merasa terputus dari semangat Ramadhan.

Tapi kita tidak perlu merasa kehilangan bulan yang suci ini. Dengan menjalani hari-hari dengan ketulusan dan keyakinan pada kehendak Ilahi berarti kita telah melakukan ibadah yang, insya Allah, akan diganjar pahala setimpal. Selain itu, ada banyak ibadah lain yang masih bisa kita lakukan selama hari-hari datang bulan. Berikut beberapa contohnya:

  1. Berzikir. Cara mengingat Allah SWT bermacam-macam, mulai dari melafalkan pujian terhadap kemuliaan Allah hingga berniat untuk mendedikasikan setiap tindakan kita hanya untuk-Nya.
  2. Mendengarkan pembacaan ayat suci Al-Quran.
  3. Menonton ceramah yang menginspirasi di YouTube.
  4. Menawarkan diri untuk bersih-bersih dan mencuci piring setelah buka puasa bersama sementara yang lain melaksanakan shalat maghrib.
  5. Mengirim doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  6. Memberikan jatah hidangan berbuka Anda kepada orang yang berpuasa. Nabi diriwayatkan berkata, ‘Barang siapa menyediakan makanan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa, tanpa pahala orang yang berpuasa itu berkurang karenanya.’ [i]
  7. Mencuci perlengkapan shalat supaya bersih dan wangi saat Anda mulai shalat lagi.
  8. Merapikan rumah agar lebih nyaman untuk beribadah. Untuk idenya, cek sejumlah tip cerdas mendekorasi rumah dari Bobo Chang.
  9. Belanja untuk Lebaran. Selesaikan semua urusan sehingga Anda dapat kembali fokus melakukan ritual Ramadhan begitu masa haid berakhir.
  10. Membaca buku. Inilah waktu untuk menyelesaikan bacaan. Temukan buku bagus yang akan meningkatkan spiritualitas dan benamkan diri Anda dalam keasyikan membacanya. Anda juga bisa menjelajahi Kanal Ramadhan kami untuk menemukan sejumlah artikel yang mengilhami dan menambah semangat Anda!

Untuk lebih banyak contoh ibadah sederhana yang dapat Anda lakukan saat datang bulan, cek daftar 30 Amalan untuk 30 Hari.

[i] Diriwayatkan oleh Zaid bin Khalid Al-Juhani dalam Kitab Tirmidzi, bisa dilihat di sini 

Leave a Reply
<Modest Style