Modest Style

10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mati

,

Daftar ini tak ada habisnya, tapi inilah beberapa hal yang sangat penting bagi seorang muslim untuk dilakukan sebelum berpulang.

0702-WP-10-Things-by-Shea-Pixabay-02

1. Membaca seluruh Quran
Cobalah untuk khatam (menamatkan) Quran setidaknya sekali. Yang penting bukanlah tentang seberapa cepat Anda melakukannya, tapi kualitas dan konsistensi dari bacaan Anda, dan seberapa dalam Anda menghayati maknanya.

2. Menunaikan ibadah haji
Jika Anda memiliki sarana, kesempatan, dan kesehatan yang baik, tunaikanlah haji setidaknya sekali dalam hidup Anda – ibadah ini adalah salah satu dari lima rukun Islam!

3. Lakukan pekerjaan sukarela
Berhubunganlah dengan lembaga swadaya masyarakat di komunitas Anda, seperti dapur umum, dan berikanlah energi fisik dan waktu Anda untuk membantu kegiatan sosial semacam ini.

4. Perjalanan ke tiga masjid paling suci
Karena Nabi Muhammad diriwayatkan mengatakan,  “Niatkanlah melakukan perjalanan hanya ke tiga masjid: Masjidku [di Madinah], Masjidilharam [di Mekah], dan Masjid al-Aqsa [di Yerusalem]” [i]

5. Membantu di pemakaman
Bantulah teman dekat atau keluarga ketika ada yang meninggal. Cobalah untuk belajar cara memandikan jenazah atau melakukan shalat jenazah – Anda akan merasakan kedekatan dengan Allah (swt) karena kematian mengingatkan Anda akan singkatnya waktu yang Anda miliki di dunia ini.

6. Donasikan sebagian dari tabungan Anda untuk amal
Semua anugerah dan kekayaan yang kita miliki di dunia ini bersifat sementara dan hanya pinjaman dari Pencipta kita. Bagaimana kita menggunakan dan berbagi anugerah kita kepada mereka yang membutuhkan menggambarkan ketaatan kita.

7. Membiayai yatim piatu
Bergabunglah dengan badan bantuan yang bereputasi dan sponsorilah yatim piatu dengan hanya $30 sampai $50 per bulan (Rp350 ribu – 600 ribu). Jumlah ini tidak banyak untuk Anda, tapi berarti banyak untuk perkembangan  seoranganak.

8. Menjelajahi dunia
Melihat dunia membantu Anda untuk memperluas pandangan akan dunia dan perspektif Anda. Ini membuat Anda merasa bersyukur atas segala berkah, ujian, dan musibah yang mungkin terjadi pada Anda.

9. Lakukan Tahajud
Shalat malam sunnah ini banyak dipuji karena saat malam tidak ada yang melihat Anda. Jadikanlah sebagai kegiatan mingguan atau bulanan dan biarkan diri Anda tenggelam dalam kerendahan hati seorang hamba dalam berhubungan dengan Penciptanya.

10. Senyum dan tebarkanlah salam
Ciptakanlah kebiasaan menyebarkan kebaikan dan salam ke sesama muslimah – meskipun dia mungkin orang asing. Dunia membutuhkan lebih banyak kehangatan dan keramahan, dan ini dapat menjadi awal yang baik .
________________________________________
[i] Diriwayatkan oleh Abu Huraira, di Bukhari, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style