Modest Style

Kehidupan baru Alyssa Soebandono

,

Alyssa Soebandono bercerita tentang pendidikan, pengalaman berhijab dan kehidupan barunya sebagai istri Dude Herlino kepada Najwa Abdullah.

credits: Alyssa Soebandono's Instagram
kredit: Instagram Alyssa Soebandono

Artis muda dengan karir gemilang dan prestasi akademik yang cemerlang, mungkin itu kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Alyssa Soebandono. Di usia 21 tahun, Alyssa telah meraih gelar magister di salah satu universitas swasta ternama di Jakarta. Tidak hanya itu, ia bahkan lulus dengan predikat wisudawati terbaik. Banyak yang menganggap prestasinya ini sebagai sebuah pencapaian yang langka bagi seorang artis sinetron.

Ditemui di acara Hijab Day 2014 yang diselenggarakan oleh Hijabers Community di hari Minggu, 27 April 2014 lalu, Alyssa mengatakan bahwa kunci kesuksesan akademisnya sebenarnya sederhana: fokus. Karir Alyssa yang tengah melambung sejak masa SMA tidak lantas membuatnya mengesampingkan pendidikan. Bagi perempuan yang akrab disapa Icha ini, pendidikan adalah nomor satu.

“Dari dulu, rencana saya untuk pendidikan sudah sangat terorganisir. Jadi sejak awal, saya tidak ingin segala sesuatu dalam pekerjaan saya menghalangi saya untuk belajar. Walaupun ada syuting atau pemotretan, tetap saja bagi saya pendidikan adalah prioritas utama,” tuturnya.

Icha juga menekankan bahwa manajemen waktu yang baik sangat penting ketika dihadapkan dengan berbagai macam pilihan tawaran pekerjaan. Tidak semua tawaran ia terima ketika ia harus menyelesaikan kewajiban sekolahnya.

Komitmen Icha untuk fokus terhadap pendidikan yang baik sudah terlihat semenjak ia memutuskan untuk kuliah di jurusan ilmu hubungan internasional di Monash University, Australia. Di tahun 2009 itu, ia harus meninggalkan karirnya yang tengah melejit untuk sementara.

Selama di Australia, Icha pun tidak berhenti mengukir prestasi. Buktinya, ia terpilih mengikuti program pertukaran pelajar ke Inggris selama enam bulan. Seusai meraih gelar sarjana, Icha kembali ke tanah air dan segera melanjutkan studi S2 di London School of Public Relation, Jakarta.

credits: Alyssa Soebandono's Instagram
credits: Alyssa Soebandono’s Instagram

Perempuan yang kini berusia 22 tahun ini sangat menikmati peran barunya sebagai istri Dude Herlino. Perjalanan pertamanya ke tanah suci untuk umrah bersama suami merupakan pengalaman sangat berkesan baginya. “Alhamdulillah dalam perjalanan umrah pertama saya ini, saya sudah ditemani dengan suami. Segala ibadah yang saya jalani di sana terasa lebih indah dan khidmat. Ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya.”

Hadir dengan penampilan baru, Icha juga sedikit menceritakan kisah berhijabnya yang berangkat dari keinginan terpendamnya sejak setahun yang lalu. “Memakai hijab ini adalah proses pembelajaran yang cukup panjang bagi saya semenjak saya beberapa kali mencoba mengenakannya.”

“ Namun, pada satu titik, saya sadar bahwa saya tidak bisa hanya sekedar menunggu hidayah datang untuk benar-benar memakai hijab tanpa melepasnya lagi,” tutur Icha.

Sudah satu bulan sejak Icha memutuskan untuk berhijab dengan konsisten dan ternyata, hal tersebut ia rasa merupakan salah satu keputusan terbaiknya. “Mungkin banyak orang yang bilang bahwa dengan berhijab, karir akan redup. Namun saat ini saya sangat bersyukur karena banyak tawaran berbeda yang datang, salah satunya menjadi pembicara di acara Hijab Day ini,” ujar Icha mengakhiri perbincangan kami.

Leave a Reply
<Modest Style