Tips Berhijab untuk Naik Motor

,

Berhijab dan naik motor, mengapa tidak? Berikut beberapa tips agar perjalanan Anda berkendara tetap nyaman dan aman. Oleh Cahya Meythasari.

WP tips berhijab naik motor

Saat ini banyak muslimah yang memanfaatkan motor sebagai alat transportasi. Saking maraknya, bahkan sudah banyak gedung perkantoran dan perbelanjaan yang melengkapi fasilitas mereka dengan area parkir motor khusus wanita.

Sebagai seorang muslimah, kita dapat tetap mengenakan hijab meskipun mengendarai motor. Namun, perlu diperhatikan beberapa tips dan trik agar penampilan kita tetap aman dan rapi pada saat maupun setelah mengendarai motor.

Saya ingin berbagi beberapa tips dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk rekan-rekan “hijabi bikers” sebagai berikut :

Pertama: Bagian Kepala

–    Gunakan model jilbab yang sederhana. Selain agar Anda dapat lebih berkonsentrasi di jalan, menggunakan jilbab bermodel simpel juga akan membuat kita lebih nyaman dan menghindari rasa mengganjal saat menggunakan helm. Hindari pula mengenakan kerudung yang terlalu panjang. Kerudung yang terlalu panjang akan menghalangi pandangan mata dan beresiko tersangkut di ban motor.

–    Bros, hiasan bandana atau jepit rambut lebih baik digunakan setelah berkendara. Atau jika ingin langsung mengenakan aksesori, pindahkan ke bagian dada, karena mengenakan aksesoris di kepala selama mengenakan helm dapat menyebabkan kulit kepala Anda terluka akibat tekanan helm.

–    Pilihan warna yang tepat juga akan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Hindari warna yang gelap pada perjalanan di siang hari, karena warna gelap sangat menyerap panas dan akan menyebabkan Anda berkeringat lebih.

–    Hindari penggunaan ciput topi yang terlalu memanjang ke depan agar tidak mengganggu pandangan. Kenakan dalaman kerudung untuk menjaga agar kerudung tidak mudah bergeser.

–    Kenakan helm yang berukuran tepat, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Pilih helm yang dilengkapi kaca penutup wajah agar mata Anda tidak kemasukan debu.

Kedua: Bagian Badan dan Tangan

–    Kenakan jaket untuk melindungi tubuh terhadap dinginnya angin dan pengaruh cuaca. Disarankan untuk menggunakan jaket tahan air dan tidak tembus angin yang memang difungsikan untuk berkendara motor, misalnya jaket kulit dan parasut. Akan lebih baik jika Anda mengenakan jaket yang memiliki pelindung siku.

–    Jangan lupakan pula penggunaan sarung tangan untuk menghindari lecet, kotoran, dan teriknya matahari.

–    Hindari penggunaan perhiasan dan tas yang berlebihan untuk menghindari penjambretan atau perampokan yang kasusnya kian menjamur di mana-mana. Pandai-pandailah memilih tas saat mengendarai sepeda motor, misalnya dengan menggunakan tas ransel. Jika memang Anda terpaksa harus menggunakan tas bahu, simpan tas bahu Anda di posisi yang aman dan tidak mencolok agar tidak menarik perhatian penjahat.

Ketiga: Bagian Kaki

–    Penggunaan sepatu yang tepat akan mengurangi resiko kecelakaan. Hindarilah penggunaan sepatu berhak tinggi saat Anda berkendara. Selain mengganggu saat Anda harus gesit berkendara, penggunaan sepatu berhak tinggi pun akan menyulitkan ketika Anda harus mengoper gigi motor. Pilihlah sepatu yang beralas datar atau tidak berhak. Penggunaan sepatu hak tinggi bisa Anda gunakan setelah sampai di lokasi tujuan.

–    Kenakan celana meski Anda menggunakan rok panjang atau gamis. Celana panjang sangat bermanfaat untuk mengurangi gesekan dengan aspal jika Anda terjatuh. Kenakan celana panjang berbahan tebal atau jeans yang mampu melindungi kulit Anda.

Yang terakhir namun juga terpenting adalah ingatlah untuk menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Jangan biasakan menjawab telpon atau mengirim SMS sambil berkendara. Ingat, keluarga dan kerabat menunggu Anda kembali ke rumah dengan selamat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply
Aquila Klasik