Modest Style

Tata Rias Ramah Wudu

,

Para penggemar kosmetik dan pencinta kecantikan di seluruh dunia bersuka cita atas  kehadiran tata rias yang halal dan dapat dipakai berwudu. Oleh Shea Rasol.

[Not a valid template]

Kita telah melihat antusiasme terhadap Inglot, cat kuku yang dapat dipakai berwudu. Meski para ulama dan banyak wanita yang penasaran telah menjajal dan mengetes produk ini, hasil ujicoba yang bervariasi telah menciptakan respons yang beragam terhadap produk ini.

Sekalipun ada produk seperti itu, kaum wanita sejagat raya mempertanyakan apakah makeup yang ‘dapat dipakai berwudu’ betul-betul ada. Bila ya, sejauh mana produk tersebut memungkinkan air untuk menyentuh kulit, yang merupakan syarat dalam bersuci?

Yang pertama dan yang paling penting, istilah ‘dapat dipakai untuk berwudu’ di sini berarti bahwa:

  • Semua unsur kimia dari produk kosmetik tersebut berasal dari bahan yang halal. Bahan halal menyajikan produk yang bersih dan tidak diragukan bagi setiap Muslim pecinta keindahan.
  • Produk tersebut diformulasikan tidak terlalu pekat, sehingga menciptakan selaput tipis yang dapat ditembus oleh air dan oksigen saat digunakan. Istilah yang lebih umum adalah non-waterproof makeup (riasan yang tidak kedap air).

Menyadari pentingnya kedua faktor ini bagi Muslimah di penjuru bumi, ada dua label yang telah menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan para wanita yang  menjalankan ajaran Islam serta sangat gemar memakai kosmetik.

Perusahaan asal Turki Farmasi Cosmetics (FCC) dan label Indonesia Wardah telah membuat kita umat Muslim bernapas lega saat secara terbuka mereka mengumumkan kualitas halal produk mereka. Dengan berbagai produk yang dibuat dengan cara yang memenuhi syariat Islam, FCC telah menerima dua sertifikat halal dari Menteri Kesehatan Turki dan Artibel, sebuah badan independen internasional. Cukup mengesankan, mengingat label-label lain tidak memiliki sertifikat ini.

Kaum wanita sedunia telah beralih dari label-label kelas atas yang masih meragukan ke label-label berharga terjangkau nan trendi seperti Wardah dan FCC. Sebab, pada akhirnya, mencari rida Sang Pencipta-lah yang menjadi tujuan hidup kita, tutur para Muslimah yang sadar akan keindahan ini.

Leave a Reply
<Modest Style