Modest Style

Sesuaikah Busana dengan Bentuk Tubuhmu?

,

Dina Toki-O memberikan beberapa petunjuk cara berpakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kita.

WP-dina-shine-your-shape

Saya selalu dimintai saran dari orang yang tampaknya bermasalah dengan tubuh mereka, seperti ‘bagian samping tubuh yang berlemak’, ‘paha sebesar batang pohon’, ‘tungkai pendek kekar’, ‘lengan bergelambir’, dan… yah, daftarnya masih panjang.

Kalau Anda seorang wanita, Anda tahu persis apa yang saya bicarakan. Hal ini wajar bagi sebagian besar wanita, untuk merasa tidak nyaman dengan ‘beberapa’ bagian dari tubuh kita, yang mana pun itu!

Umumnya, ada lima kategori bentuk tubuh wanita (Anda mungkin menemukan bahwa Anda tergolong ke dalam dua atau lebih dari kategori tersebut). Kelima bentuk yang paling umum adalah: jam pasir, persegi panjang, oval, segitiga dan bentuk segitiga terbalik.

Bentuk Tubuh Persegi Panjang

rectangular-shape-sm
Sumber:
Sweater Polyvore | Jumper Rajut Mohair Polyvore | Sepatu Platform Polyvore | Gaun Persegi Panjang Polyvore | Jins Lurus Ramping Polyvore | Jaket Berpaku Polyvore | Kaus Gombrong Polyvore | Atasan Monki Polyvore

Supaya lebih mudah, saya akan mulai dengan diri saya sendiri. Saya percaya saya masuk ke dalam kategori ‘berbentuk persegi panjang’. Bahu, pinggang dan pinggul saya lebarnya hampir sama. Saya merasa tertarik pada pakaian yang jatuhnya bagus pada tubuh dan menekankan siluet alami. Jadi, gaun/atasan/sweater bersiluet ‘boxy/kotak’ dan atasan dengan garis-garis lurus pas sekali untuk saya.

Jika saya tidak nyaman dengan apa yang saya kenakan, hari saya akan kacau! Jadi, Anda akan selalu melihat saya dalam sweater dan kaus gombrong, tetapi ketika saya ingin sedikit lebih ‘glamor’ dan feminin, saya tinggal menambahkan sabuk longgar dengan gaun ‘boxy’. Saya tidak pernah mengikat sabuk erat-erat karena saya merasa ini akan menonjolkan perut saya. Sabuk yang longgar akan melekap pinggang Anda dengan mudah dan memberikan ilusi bahwa atasan longgar Anda jatuh di tempatnya di atas pinggang yang ‘mungil’. Saya tidak memiliki kaki kurus, tapi jika Anda kebetulan begitu cobalah kenakan sepatu dengan hak datar dan tebal, bukannya hak runcing.

Saya juga suka mengenakan blazer pas badan, yang akan memberi tampilan bahu yang kuat, pinggang ramping dan pinggul cantik, supaya tubuh saya lebih proporsional.

Bentuk Tubuh Jam Pasir

hourglass-sm
Sumber:
Celana Harem Dance Wear Solutions | Sepatu Pumps Suede Browns Fashion | Atasan Sweater Matches Fashion | Syal Ombre John Lewis | Dompet Clutch Zalando | Kalung CDN 101

Bentuk jam pasir adalah bentuk tubuh yang sangat seimbang. Garis luar pinggul dan payudara Anda sama atau hampir sama, lekuk pinggang Anda tampak jelas, dan bahu Anda kemungkinan lebar dan indah. Anda wanita yang sangat beruntung, bisa saja memakai apa pun yang Anda inginkan!

Pastikan untuk memilih warna yang menonjolkan warna kulit Anda. Selain itu, Anda bebas mencoba trend yang berbeda-beda, bermain-main dengan aksesoris dan apa pun yang Anda suka, sungguh, karena bentuk tubuh Anda adalah yang paling ‘seimbang’ di antara bentuk tubuh lainnya.

Tentu saja, fokuskan gaya Anda di sekitar lekuk alami pinggul dan pinggang Anda, karena ini adalah aset terbesar Anda. Jika Anda menutupi keduanya, sosok Anda mungkin akan terlihat sedikit lebih montok dari yang sebenarnya. Bukan berarti pakaian Anda harus ketat lho, kadang-kadang pakaian longgar yang pas badan akan tampak jauh lebih melangsingkan daripada pakaian yang ketat.

Bentuk Tubuh Oval

oval-shape-sm
Sumber:
Atasan V-Neck Polyvore | Celana Semata Kaki Polyvore | Mantel Beresleting Polyvore | Kalung Batu Permata Polyvore | Syal Polyvore | Atasan Sutra Polyvore

Selanjutnya, kita memiliki bentuk oval. Pada dasarnya, bagian pinggang dan perut lebih lebar dari pinggul dan bahu Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menyembunyikan perut!

Saat memadukan pakaian, cobalah untuk memakai busana bagian bawah dalam warna yang sama (semakin gelap lebih baik) dengan bagian atas, untuk memanjangkan sosok Anda dan menyamarkan ‘masalah’. Dengan menambahkan blazer/ jaket pas badan atau cropped jumper dalam warna lebih lebih terang dari yang Anda pakai di bagian bawahnya, Anda secara otomatis akan menciptakan ilusi garis pinggang. Atasan dan jaket dengan kerah V bagus untuk Anda dan akan mengalihkan perhatian dari bagian tengah tubuh ke aset Anda, dengan kerah leher V, Anda akan lebih menonjolkan bagian leher dan bahu.

Anda juga dapat menggunakan aksesori untuk mengalihkan perhatian dari perut. Memakai syal yang menjuntai atau kalung yang berani secara otomatis akan membuat ‘masalah’  menghilang!

Bentuk Tubuh Segitiga

triangle-shape-sm
Sumber:
Celana Flared FarFetch | Kalung Tiga Tumpuk Bardot | Blazer Very Eickhoff | Sepatu Tumit Runcing Motif Tutul Very Eickhoff | Clutch Bentuk-Hati ShopBop | Syal Forward

Bentuk tubuh ini juga dikenal sebagai bentuk pir. Garis tubuh Anda paling lebar di bagian pinggul, dan yang sebaiknya Anda lakukan adalah menyeimbangkannya dengan bahu Anda, sehingga Anda perlu berkonsentrasi dengan atasan Anda!

Cobalah mengenakan atasan dengan bantalan bahu dan warna yang lebih ringan dari celana/rok Anda. Anda boleh bermain dengan atasan berdetail, seperti kerut atau pola pada bahu dan sebagainya. Jaket crop atau atasan pas badan yang kotak akan sesuai untuk Anda. Juga, jagalah agar busana di bagian bawah Anda sederhana dan dalam warna gelap.

Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik

inverted-triangle-sm
Sumber:
Atasan Jersey House of Fraser | Blazer Crop House of Fraser | Sepatu Keds Wedge Harrods | Kalung Panjang ASOS | Celana Floral Polyvore | Syal Stylebop

Akhirnya kita sampai ke bentuk segitiga terbalik. Anda memiliki kaki idaman, tapi setengah bagian atas Anda tampaknya kurang proporsional. Anda memiliki payudara yang sangat besar dan bahu Anda lebih lebar dari pinggul.

Yang sebaiknya Anda ciptakan adalah ilusi bahwa pinggul dan kaki Anda lebih penuh, untuk menyeimbangkan bentuk tubuh. Pada dasarnya, lakukan berlawanan dari apa yang saya jabarkan untuk bentuk tubuh segitiga! Simpan gaya detail dan warna yang lebih ringan untuk bagian bawah tubuh. Misalnya, rok lipit, celana chino dan harem atau celana flare akan cocok untuk Anda.

Untuk tubuh bagian atas, cobalah bermain dengan warna-warna gelap, bahan lembut, dan atasan sederhana dengan kerah V dan pas badan. Jika Anda suka memakai gaun, pilihlah yang ketat di bagian dada, jatuh lurus ke bawah dan pas memeluk perut Anda tapi tetap bertumpu pada pinggul dan melebar sampai ke lantai. Lengkapi pula dengan sabuk untuk menciptakan pinggang. Kalung yang berani juga harus menjadi salah satu busana pokok Anda sepanjang tahun!

Saya harap beberapa tips di atas memungkinkan Anda membangun gagasan tentang cara berpakaian yang sesuai dengan ‘bentuk tubuh’ Anda dan membantu Anda saat belanja berikutnya!

Leave a Reply
<Modest Style