Modest Style

Santun dan Gaya di Bulan Puasa

,

Kita tidak harus selalu mengenakan abaya saat ke masjid. Zinah Nur Sharif berbagi pilihan busana lain yang sama santunnya.

[Not a valid template]

Bulan Ramadhan yang penuh berkah di tahun ini sudah hampir tiba. Inilah saat di mana umat muslim di seluruh dunia berpuasa, berbagi hidangan berbuka dengan keluarga dan bersantap sahur bersama. Karena Ramadhan datang beserta rahmat, pengampunan (maghfirah) dan taubat, umat muslim sedunia punya kesempatan untuk memperbaiki diri, menghindari perbuatan tercela, meningkatkan iman serta mendekatkan diri kepada Allah. Inilah bulan suci dan penuh makna, di mana topik yang terbilang sepele seperti fashion sepertinya tidak terlalu cocok untuk dikupas secara mendalam.

Di bulan Ramadhan, umat muslim bersama-sama melaksanakan salat sunah tarawih setelah salat Isya. Saat datang ke masjid, kita dianjurkan untuk berpakaian sopan. Meski demikian, kesopanan bukan berarti memakai warna hitam dari kepala sampai kaki, tampil seadanya dan menyingkirkan identitas pribadi. Dengan kata lain, Anda tidak harus selalu mengenakan abaya.

Fashion membuka ruang bagi kita untuk mengekspresikan diri, menyampaikan pesan lewat busana serta berkomunikasi melalui pilihan baju dan aksesori. Menurut saya tidak ada yang salah atau tidak sopan dari mengekspresikan gaya kita secara halus. Saya rasa kita tidak perlu menyingkirkan gaya pribadi selama bulan suci ini. Gaya itu cukup diperhalus saja atau diselaraskan dengan tujuan religius.

Gaun panjang yang longgar dan nyaman dapat menggantikan fungsi abaya. Selain itu, gaun seperti ini tersedia dalam warna, potongan dan model yang berbeda. Ciptakan padu padan abaya sendiri dengan memasangkan maxi dress bersama blazer kasual. Rok panjang nan anggun pun dapat memadukan keseluruhan busana. Jika Anda tetap ingin memilih abaya tradisional hitam, tambahkan sentuhan pribadi dengan memasang aksesori atau kerudung berwarna/bermotif yang sesuai dengan gaya Anda.

Kiat dapat mempertahankan pesona santun di setiap gaya adalah menjaganya supaya tidak mencolok dan tetap berkelas. Kenakan busana yang cenderung lebih longgar dari biasanya, serta hindari warna-warna mencolok.

Adapun untuk tata riasnya, beri rona segar di wajah dengan mencampur warna-warna alami serta membubuhkan warna pink lembut ke pipi dan bibir. Cara ini hanya bisa dilakukan melalui pemakaian pelembab cair, highlighter dan blush on berbentuk krim (cream blusher). Penata rias artis profesional Lisa Eldrige menyebut riasan ini sebagai penampilan ‘tanpa make-up‘ dan ‘healthy glow‘ atau ‘merona sehat’.

Semoga Anda dapat menjalani bulan penuh berkah ini dengan penuh gaya!

Leave a Reply
<Modest Style