Modest Style

Rutinitas Perawatan Kulitku

,

Kulit bersih bukan hasil sulapan semalam, melainkan hasil sebuah rutinitas. YazTheSpaz dengan senang hati membagi pengalamannya.

My-Skincare-Routine-wp

Seringkali saya ditanya bagaimana saya menjaga kebersihan kulit saya, dan yang bisa saya katakan adalah: sebuah dedikasi total.

Beberapa orang berpikir saya memiliki kulit yang sempurna, tapi jangan salah – saya tentunya mengalami munculnya jerawat yang membuat saya senewen! Penyebab utama munculnya jerawat seringkali adalah minyak dan kotoran. Ketika tangan kita menyentuh benda-benda yang kotor, dan kemudian langsung menyentuh wajah, maka wajahmu menjadi rentan terpicu bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Berikut ini adalah beberapa tip yang saya lakukan untuk menjaga kebersihan kulit saya:

Ciptakan rutinitas membersihkan kulit

Selama bertahun-tahun, saya menjalankan rutinitas harian untuk kulit saya. Saya memulainya dengan membersihkan semua kotoran dan minyak dari wajah menggunakan pembersih wajah; menepuk-nepuknya dengan lembut hingga wajah mengering; lalu melanjutkannya dengan penyegar dan akhirnya pelembap. Dengan menjaga rutinitas harian – pagi dan malam – kita akan melihat perbedaan nyata pada kulit.

Hindari menyentuh wajah

Jangan bermain-main dengan kulit kita! Ini pasti menjadi hal paling sulit buat saya dan mungkin hampir semua orang di dunia. Meski kebiasaan itu sudah jauh berkurang setelah bertahun-tahun, saya masih memiliki kecenderungan untuk menyentuh wajah, mencari benjolan yang membuat kulit tidak terasa mulus dan seharusnya tak ada. Begitu menemukannya, saya berusaha untuk menghilangkannya, kadang malah akan memperparah kondisi dengan membuat luka! Hal ini jadi kendala terbesar dalam merawat kulit tapi alhamdulillah, saya kini telah berhasil menjauhkan tangan saya dari wajah. Ingatlah bahwa sekali kita memencet sebuah jerawat, kuman akan langsung menyebar ke area sekitarnya jika tidak dibersihkan dengan benar.

Minum banyak air

Dianjurkan untuk minum minimal delapan gelas dalam sehari. Minum banyak air bukan hanya dapat melembapkan tubuh, tapi juga menghilangkan kotoran dalam sistem tubuh. Bayangkan bisa membilas tuntas jerawat-jerawat dengan semudah itu! Olahraga juga cara yang baik untuk menghilangkan racun tubuh.

Bersihkan kuas makeup secara teratur

Merawat dan menjaga kebersihan kuas-kuas makeup adalah wajib. Dengan menggunakan kuas yang kotor, pada dasarnya seperti memulas semua bakteri kotor itu kembali ke wajah dan mendorong masuk ke dalam pori-pori kita!

Juga, berhati-hatilah ketika bertukar kuas makeup dengan teman-teman yang juga bisa membahayakan kulit. Saya jelas tidak mau berbagi bakteri dengan siapa pun, juga tak mau menyebarkan bakteri saya ke orang lain.

Makan makanan sehat

Akhirnya, saya harus menyimpulkan dengan berbagi sebuah ungkapan umum – ‘Kita adalah apa yang kita makan’. Sangat penting untuk memperhatikan apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Makanan yang tinggi lemak dan minyak bisa berakibat jerawat, bukan hanya pada wajah tapi juga pada punggung! Jagalah pola makan yang bersih dan sehat yang akan membuat kulit terlihat dan terasa indah!

[Not a valid template]

Saya harap saran-saran ini dapat membantu (atau menginspirasi) dalam upaya membuat kulit menjadi bersih. Ingatlah, walau bagaimanapun: kita cantik seperti apa pun kondisi kulit kita. Karena, sesungguhnya, ‘kecantikan batin lebih penting daripada kecantikan fisik’ – kecantikan yang utama adalah yang terpancar dari dalam.

Leave a Reply
<Modest Style