Modest Style

Rahasia Terbesar agar Kulit Indah!

,

Mungkin sepertinya melawan logika, namun metoda ini telah menjadikan banyak orang di seluruh dunia menjadi fanatik. Amenakin akan menjadikan Anda salah satunya!

WP-Amena-skin

Sejak Allah (Yang Maha Besar dan Mulia!) menyembuhkan jerawat remaja saya melalui homeopati, saya menjadi penganut metoda perawatan kulit yang tidak biasa. Jangan salah sangka – saya telah menyaksikan hasil luar biasa dari krim dan lotion pada umumnya, namun ada sesuatu tentang bahan-bahan yang tidak lazim dan produk ‘bukan unggulan’ yang membuat saya penasaran.

Sambutlah metoda OCM (‘Oil Cleansing’ Method), pembersih wajah dengan menggunakan minyak alami.
Sebelum saya menjelaskan tentang minyak pembersih, saya ingin sedikit menyertakan kisah pencegahan. Beberapa tahun lalu, saya mencoba memakai minyak-minyak alami dengan maksud menjalankan kebiasaan baru menggunakan minyak vitamin E – tanpa uji coba yang cermat.

Upaya itu berakhir dengan tumbuhnya jerawat batu di sekitar pipi, yang butuh berminggu-minggu menghilangkannya. Khawatir akan menghidupkan lagi saat berjerawat di masa remaja, saya menjauhi penggunaan minyak alami untuk waktu yang lama. Kemudian saya menemukan pendekatan yang jauh lebih baik dalam penggunaannya: pastikan untuk menguji coba satu metoda dalam satu waktu, perlahan, seolah tidak mempedulikan hasilnya. Sedikit saja tumbuh jerawat merupakan pertanda ‘jangan dilanjutkan’, bukannya kebalikannya, ‘lanjutkan karena kulitmu membaik’. Saya menggunakan cara pikir yang terakhir ini dengan minyak vitamin E alami dan berakhir dengan masalah pada kulit saya.

Jadi jika ingin mencoba OCM, pastikan memakai sedikit saja untuk memulainya, dan secara bertahap meningkat dengan dosis yang paling tepat buat kita.

Apakah OCM?

OCM adalah sesuatu yang telah ada sejak lama. Pada dasarnya metode ini adalah mencampur dua jenis minyak murni untuk menciptakan pembersih wajah yang cocok untuk semua jenis kulit. Variasi muncul pada kondisi minyaknya dan proporsi yang digunakan. Saya telah menggunakan minyak jarak dan minyak zaitun, meski pencarian dalam Google akan menunjukkan bahwa adalah memungkinkan untuk mengganti salah satu dari jenis minyak ini misalnya dengan minyak biji bunga matahari atau minyak alpukat.

Saya menggunakan campuran 1/3 minyak jarak dan 2/3 minyak zaitun, dan baru-baru ini mengubahnya menjadi kira-kira 1/4 minyak jarak dan 3/4 minyak zaitun. Biasanya kulit saya cenderung normal namun kadangkala berubah ke arah kering (salahkanlah penghangat ruangan!)

Bahan-bahan OCM
Bahan-bahan OCM

Bagaimana OCM bekerja?

OCM bekerja karena minyak akan melarutkan minyak – minyak dalam pembersih akan membuyarkan penumpukan minyak dalam pori-pori kulit kita. Kelenjar minyak dalam kulit kita menghasilkan minyak alami yang melubrikasi dan menjaga kulit kita dari pengaruh buruk lingkungan. Seringkali, banyak pembersih yang dijual di pasaran terlalu keras dan menghilangkan minyak yang sangat dibutuhkan kulit kita, sehingga kelenjar minyak mengkompensasi dengan memproduksi minyak berlebihan. Minyak yang diproduksi secara berlebihan (atau cara membersihkannya yang tidak sempurna) akan menutup pori-pori kulit kita. Tambahkan faktor penyumbat-pori yang lain seperti kosmetik dan polutan, maka mudah untuk melihat mengapa banyak orang menderita jerawat sebagai hasil dari metoda perawatan kulit yang tidak tepat. Tentu saja, hormon yang berkaitan dengan jerawat seringkali tidak mungkin dikendalikan, jadi OCM hanya akan berlaku untuk perawatan kulit luar dan tidak untuk penyebab internal. Saran untuk minum delapan gelas air setiap hari adalah krusial untuk mendapatkan hasil terbaik yang bisa diberikan oleh OCM.

Bagaimana membersihkan menggunakan OCM?

Saat kita sudah mendapatkan proporsi campuran minyak yang pas, simpan di dalam sebuah botol di tempat sejuk dan gelap, jauhkan dari terpaan sinar matahari. Kemudian bersihkan wajah menggunakan campuran tadi setiap malam dengan langkah-langkah berikut:

  1. Tuangkan sejumlah minyak pada telapak tangan. Gosok kedua tangan untuk menghasilkan campuran minyak yang hangat.
  2. Pijat minyak ke wajah selama 30 – 60 detik. Coba untuk santai, dan fokus pada pemijatan yang akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit wajah.
  3. Ambil handuk kecil atau kain pembasuh dan basuh wajah dengan air panas. Suhu air harus sepanas yang bisa kita toleransi – tapi jangan sampai melepuh!
  4. Peras air dari kain pembasuh dan letakkan pada wajah. Santai dan biarkan uap panas dari kain pembasuh membuka pori-pori dan melepaskan semua minyak.
  5. Begitu kain pembasuh sudah kembali ke suhu ruang (beberapa detik kemudian), usap dan angkat semua minyak dari wajah.
  6. Ulangi jika kita menggunakan makeup dan masih belum sepenuhnya hilang.

Efek

Kita akan melihat efek dari OCM dalam dua hari berikutnya. Yang saya sadari adalah terjadi pengurangan komedo, jerawat dan sisa kulit mati. OCM telah bekerja dengan luar biasa baik dan saya tidak sabar mencoba menggunakan minyak yang berbeda. Biasanya kita direkomendasikan untuk mengganti perawatan kulit kita setiap tiga bulan, sehingga kulit tidak menjadi ‘terbiasa’ pada bahan tertentu dan kemudian berhenti meresponnya.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang pengalaman saya dengan OCM, silahkan lihat video saya dengan topik terkait berikut ini!

Leave a Reply
<Modest Style