Modest Style

Serba serbi 6 jenis sandal

,

Jenis sandal apa saja yang Anda miliki? Beta Nisa punya informasinya.

Tidak hanya dipenuhi oleh berbagai macam sepatu berhak, rak alas kaki seorang perempuan juga seringkali penuh sesak oleh berbagai macam sandal – seakan-akan satu jenis sandal saja tidak cukup untuk berbagai aktifitas kita. Di antara sandal-sandal yang Anda miliki, apakah Anda mengetahui istilah-istilah untuk mengenali mereka?

1. Gladiator

Caesar Stretch Gladiator Sandal Stuart Weitzman | neimanmarcus.com
Stuart Weitzman Caesar Stretch Gladiator Sandal | neimanmarcus.com

Sandal ini merupakan salah satu jenis sandal yang paling populer di kalangan perempuan. Dinobatkan sebagai salah satu sandal yang wajib dimiliki untuk musim panas, gladiator adalah jenis sandal dengan tali berbentuk T dengan beberapa tumpukan tali pada bagian tungkai kaki yang membuatnya menyerupai tampilan sandal gladiator pada zaman Romawi kuno.

Dahulu kala, sandal gladiator diciptakan oleh bangsa Romawi sebagai sandal berhak rata yang nyaman dan kuat sehingga dapat dipakai untuk berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bertarung.

Kini, sandal gladiator sudah berkembang jauh dari rancangan awalnya. Terdapat berbagai bentuk sandal gladiator dengan bahan yang bervariasi, seperti gladiator berhak tinggi, hingga gladiator berbahan kulit. Sandal gladiator merupakan sandal santai yang sangat cocok untuk digunakan dengan busana musim panas.

2. Flip-flop

Havainas Women's Slim Sunny Flip Flops | allsole.com
Havainas Women’s Slim Sunny Flip Flops | allsole.com

Siapa yang tidak mengenal jenis sandal yang satu ini? Flip-flop atau yang kita kenal sebagai sandal jepit, bagi saya, adalah salah satu jenis sandal yang paling nyaman untuk digunakan. Sandal dengan sangkutan kaki berbentuk V ini merupakan sandal santai yang seringkali berbahan dasar karet.

Salah satu merek sandal jepit yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah sandal jepit Swallow. Tidak heran sebagian orang menyebut sandal jepit Swallow sebagai “sandal sejuta umat”.

Kenyamanan yang ditawarkan sandal jepit swallow memang tidak terelakkan, khususnya saat kaki sedang sakit dan tidak memungkinkan untuk memakai sepatu. Hal ini dialami oleh Sehun EXO, salah satu bintang dunia hiburan ternama asal Korea Selatan. Beberapa minggu belakangan, sandal jepit Swallow ramai dibicarakan di dunia maya setelah Sehun kedapatan mengenakan sandal jepit swallow karena sakit kaki selama perjalanan tur mengililingi Asia. Siapa sangka, kesempatan ini digunakan oleh beberapa pedagang oportunis untuk menjual sandal Swallow kepada penggemar Sehun dengan harga yang cukup mahal, yaitu 5000 won atau setara dengan 58ribu rupiah untuk sepasang sandal Swallow!

3. Wedges

Dee Keller Erin Cork Leather Wedge, Mint | neimanmarcus.com
Dee Keller Erin Cork Leather Wedge, Mint | neimanmarcus.com

Yang membuat sandal jenis ini berbeda dengan sandal lainnya ialah bentuk haknya. Wedges merupakan sandal dengan hak yang tebal dari pertengahan sol kaki hingga tumit.

Berbeda dengan sandal berhak tinggi lancip, wedges menimbulkan kesan yang lebih santai dan fun karena haknya yang tebal. Wedges hadir dalam berbagai model. Salah satu jenis wedges yang paling populer adalah espadrilles yang menggunakan sol berhiaskan kepang jerami. Serupa dengan sepatu espadrilles yang ringan, wedges espadrilles cukup ringan sehingga nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

4. Flatbed

Dolce Vita Flat Slide Sandals - Neary | bloomingdales.com
Dolce Vita Flat Slide Sandals – Neary | bloomingdales.com

Sesuai dengan namanya, flatbed adalah jenis sandal dengan bentuk sol yang rata. Biasanya sandal jenis flatbed memiliki sol yang terbuat dari gabus kayu yang tebal sehingga terasa nyaman sekaligus kuat. Tidak jarang, bahan yang digunakan untuk tali flatbed adalah kulit asli sehingga menambah kenyamanan dan kekokohan sandal jenis ini.

Flatbed merupakan sandal yang sangat cocok untuk musim panas dan liburan. Pasangkan flatbed Anda dengan pakaian santai untuk sekadar berkumpul dengan teman atau untuk bersantai di pantai.

Salah satu jenis jenis sandal flatbed yang sudah cukup populer adalah Birkenstock. Beberapa artis papan atas Hollywood pernah tertangkap kamera mengenakan Birkenstock untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Sandal santai semacam ini seringkali hadir dalam bentuk dan model yang sederhana, seperti Birkenstock bertali tunggal, ganda, atau bertali jepit yang menciptakan berbagai penampilan berbeda.

5. Sport sandals

Point Breeze Sport Slide Sandal | sperrytopsider.com
Point Breeze Sport Slide Sandal | sperrytopsider.com

Mereka yang suka berpetualang tentu sudah tidak asing dengan sandal jenis ini. Sport sandal atau sandal olahraga adalah jenis alas kaki yang dirancang khusus untuk aktivitas luar ruangan yang cukup ekstrim seperti mendaki gunung.

Karena kegunaannya yang cenderung lebih fungsional dibandingkan sandal fesyen, sport sandal cenderung terlihat kurang menarik dipandang mata. Sport sandal lebih dirancang untuk tahan banting menghadapi berbagai kondisi alam namun sekaligus tetap nyaman dikenakan. Penggunaan bahan yang berkualitas dan manfaat yang segudang membuat sport sandal biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Meski tidak terlalu sering dipakai, memiliki sepasang sport sandal merupakan investasi yang cukup baik karena sepasang sandal ini akan bertahan untuk jangka waktu yang lama dan bermanfaat untuk berbagai acara tidak terduga di luar ruangan.

6. T-strap sandal

K. Jacques Petrone Leather Thong Sandal, Natural | neimanmarcus.com
K. Jacques Petrone Leather Thong Sandal, Natural | neimanmarcus.com

T-strap sandal atau sandal bertali T adalah sandal dengan tali yang berbentuk T. Sandal jenis ini merupakan sandal minimalis yang sangat nyaman dengan tali yang mengikat sekitar pergelangan kaki.

Dengan hanya satu tali sebagai pengikatnya, T-strap sandal merupakan sandal terbuka yang sangat cocok untuk digunakan berlibur di pantai untuk mengurangi belang-belang kulit karena terbakar sinar matahari.

Kesan minimalisnya juga membuat T-strap sandal sangat cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis pakaian yang tidak terlalu formal.

Leave a Reply
<Modest Style