Modest Style

Ragam motif kotak-kotak

,

Selain motik kotak-kotak khas salah seorang calon presiden, sudahkah Anda mengenal ragam motif kotak-kotak berikut ini? Oleh Beta Nisa.

2501 WP motif kotak
AFP Photo / Romeo Gacad

Motif kotak-kotak belakangan ini mendapat perhatian karena salah satu calon presiden yang akan menjadi pilihan kita tanggal 9 Juli nanti sering mengenakannya. Tapi tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis motif kotak-kotak? Berikut di antaranya:

1. Plaid

01 SAINT LAURENT plaid shirt
Kemeja kotak-kotak plaid Saint Laurent

Jenis motif ini merupakan motif kotak-kotak yang paling umum dan bahkan kini menjadi seragam salah satu calon presiden Indonesia. Motif plaid dibuat melalui beberapa garis yang saling menumpuk sehingga membentuk berbagai motif kotak yang sama ukuran maupun tidak. Biasanya untuk membuat motif plaid dibutuhkan minimal dua warna atau lebih.

2. Kaca jendela (window pane)

02 JOSEPH 'New Queen' trouser 02
Celana panjang Joseph ‘New Queen’

Dinamakan motif kaca jendela karena motifnya yang memang menyerupai bingkai jendela: minimalis namun tegas. Motif kaca jendela adalah motif kotak-kotak tanpa banyak garis yang saling bertumpuk dan hanya menggunakan satu warna sehingga menghasilkan motif kotak-kotak yang lebar dan simpel. Meski tren motif ini sempat menurun, kini motif kaca jendela banyak digunakan kembali, bahkan untuk hijab!

3. Tartan

03 FAUSTO PUGLISI tartan skirt 02
Rok tartan Fausto Puglisi

Pernah menonton film animasi Brave yang mengambil lokasi di Skotlandia? Jika iya, pasti Anda pernah melihat motif kotak-kotak yang satu ini. Tartan adalah motif kotak-kotak yang berasal dari Skotlandia dan sering digunakan untuk kilt, pakaian tradisional khas Skotlandia yang menyerupai rok untuk laki-laki.

4. Graph

04 MASSIMO ALBA graph check shirt
Kemeja kotak-kotak graph check Massimo Alba

Sesuai dengan namanya, graph adalah jenis motif kotak-kotak yang menyerupai kertas grafik atau kertas millimeter. Kotak-kotak dalam motif graph cenderung lebih kecil dan banyak dibandingkan dengan motif kotak-kotak lainnya karena dibuat dengan menggunakan garis tipis dan hanya menggunakan satu warna. Motif graph sering digunakan untuk kemeja laki-laki.

5. Glen

05 J.Crew Ludlow Slim-Fit Glen Plaid Wool-Blend Suit Jacket
Jaket J.Crew ludlow slim-fit glen plaid wool-blend

Motif Glen juga dikenal sebagai motif Prince of Wales karena dipopulerkan oleh Pangeran Edward dari Inggris. Motif ini merupakan motif kotak-kotak yang sering ditemukan pada jas laki-laki. Biasanya motif ini diciptakan melalui garis putus-putus yang saling menumpuk dan berwarna kalem sehingga tidak mencolok mata. Serupa dengan Tartan, motif ini juga berasal dari Skotlandia dan dinamai berdasarkan sebuah lembah di Skotlandia, yaitu Glenurquhart.

Leave a Reply
<Modest Style