Modest Style

Pilih mana: kacamata atau lensa kontak?

,

Mana pilihan yang lebih baik di antara dua alternatif alat bantu penglihatan ini? Oleh Beta Nisa.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Baik kacamata maupun lensa kontak sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa lensa kontak lebih baik karena praktis dan terlihat alami. Ada pula yang menyebutkan bahwa kacamata lebih unggul karena tidak membuat mata mudah iritasi layaknya lensa kontak. Apabila Anda sedang bimbang menentukan pilihan, berikut ini kami paparkan beberapa plus minus kacamata dan lensa kontak sebagai bahan pertimbangan.

Lensa kontak

Plus

Ukuran lensa kontak yang kecil dan pemakaiannya yang membuatnya seakan menyatu dengan mata membuat lensa kontak menjadi alat bantu baca yang cukup praktis. Pemakai lensa kontak dapat melakukan berbagai kegiatan – termasuk kegiatan-kegiatan aktif seperti olahraga – tanpa gangguan berarti dan tanpa rasa khawatir bahwa lensa kontak akan jatuh atau menutupi pandangan.

Lensa kontak juga dapat dipakai dalam berbagai kondisi dan cuaca karena tidak mengembun layaknya kacamata. Selain itu, karena bentuknya yang mengikuti bola mata, lensa kontak memberi ruang penglihatan yang lebih luas dibandingkan kacamata.

Dari sisi penampilan, lensa kontak memungkinkan pemakainya lebih leluasa bergaya. Banyaknya pilihan warna lensa kontak juga memberi kita keleluasan untuk bereksperimen dan mencoba berbagai warna dan gaya.

Minus

Di balik segala kelebihannya, lensa kontak juga memiliki sederet kekurangan. Salah satu yang sering dikeluhkan oleh para pemakai lensa kontak ialah sindroma mata kering. Pemakaian lensa kontak yang langsung bersentuhan dengan mata menyebabkan berkurangnya paparan oksigen pada mata sehingga mata cenderung lebih mudah kering.

Kekurangan lensa kontak lainnya yang sering diutarakan oleh pemakai baru ialah pemasangan lensa kontak yang cukup sulit, sehingga menghabiskan banyak waktu.

Selain pemasangannya yang cukup sulit bagi sebagian orang, perawatan lensa kontak juga cukup rumit. Kebanyakan lensa kontak tidak dapat dipakai untuk jangka waktu sehari penuh. Lensa harus dilepas sebelum tidur dan secara rutin dibersihkan. Harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kacamata juga merupakan salah satu kekurangan lensa kontak.

Kacamata

Plus

Berbeda dengan lensa kontak yang memiliki masa kadaluarsa dalam beberapa bulan, kacamata lebih awet dan memiliki masa pakai yang cukup lama. Perawatan kacamata juga jauh lebih sederhana; ia cukup dibersihkan dengan kain microfiber atau tisu jika terasa buram. Penyimpanan kacamata pun mudah, berbeda dengan lensa kontak yang harus disimpan dalam kotak khusus berisikan cairan yang juga khusus.

Pemasangan kacamata juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan lensa kontak sehingga pemakai kacamata dapat dengan mudah melepas dan memakai kembali kacamata di berbagai situasi.

Minus

Bentuk dan ukuran kacamata membuatnya kurang nyaman dikenakan dalam berbagai kegiatan aktif seperti olahraga, karena ia dapat dengan mudah terlepas dan pecah.

Tekanan dari rangka kacamata yang terus menerus pada hidung dan telinga juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, pusing dan sakit kepala.

Kesimpulan: Kacamata vs Lensa Kontak

Kacamata maupun lensa kontak sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Pilihan antara keduanya sangat bergantung pada kenyamanan dan tujuan pemakai. Keputusan untuk memakai kacamata atau lensa kontak pada akhirnya bergantung pada preferensi masing-masing individu. Namun sebelum memutuskan memilih yang mana, pastikan Anda telah berdiskusi dengan dokter mata mengenai setiap pilihan yang ada beserta resikonya.

Leave a Reply
<Modest Style