Modest Style

Pernak-pernik untuk kelancaran ibadah haji

,

Selain persiapan fisik dan mental, membawa beberapa barang berikut akan mendukung kelancaran ibadah haji Anda. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Ibadah haji.

Rukun Islam kelima ini menyimpan tantangan tersendiri bagi umat Muslim, baik yang belum maupun yang akan segera melaksanakannya. Sebelum mendaftar ke penyelenggara haji, tantangannya adalah mengumpulkan sejumlah besar uang. Saat uang terkumpul, tantangan selanjutnya adalah lolos tes kesehatan agar dianggap mampu berangkat berhaji.

Setelah melewati semua tantangan tersebut, tiba waktunya Anda mempersiapkan fisik dan mental untuk berangkat ke tanah suci. Untuk sedikit meringankan beban mental Anda, berikut kami berbagi ide barang-barang yang bisa Anda pertimbangkan untuk bawa.

Syal atau sweater agar badan tetap hangat, terlebih saat angin sedang bertiup kencang atau malam semakin dingin. Jangan lupa untuk cari tahu kondisi cuaca di tanah suci pada saat keberangkatan Anda dan cocokkan dengan jenis pakaian yang Anda bawa.

Kantung barang berharga untuk menyimpan dokumen penting dan uang selama pelaksaan haji. Meski disebut tanah suci, Anda tetap tidak boleh lengah dan menganggap tidak ada tindak kejahatan perampokan terjadi di sana. Kantung ini biasanya berbentuk tas pinggang tipis pas badan dan digunakan di balik pakaian luar. Anda bisa mendapatkan kantung ini di tempat penjualan barang-barang haji atau toko perlengkapan kegiatan luar ruangan.

Pelembab kulit ekstra kuat. Pilihlah pelembab yang mengandung jeli petroleum alami ekstra kuat untuk menangkal udara kering tanah suci yang bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Meski biasanya tersedia di tempat tujuan, ada baiknya mempersiapkan diri sejak sebelum keberangkatan.

Perangkat masak serbaguna untuk memasak nasi sendiri atau membuat mie instan saat Anda tidak bisa mengkonsumsi makanan yang disediakan penyelenggara karena satu dan lain hal. Ingat, kesehatan Anda sangat penting untuk memastikan kelancaran pelaksaan haji. Makan cukup dan teratur akan membantu Anda menjaga kesehatan.

Makanan siap saji dan pelengkapnya. Ke mana pun perginya, orang rantau Indonesia dikenal tidak pernah lupa membawa saus sambal, kecap, dan abon. Ada baiknya kali ini Anda mengikuti kebiasaan tersebut. Alasannya lagi-lagi untuk memastikan agar Anda mendapat asupan makanan secara teratur. Jika makanan yang tersedia kebetulan tidak sesuai dengan selera Anda, setidaknya tambahan kecap dan saus akan membuat Anda lebih berselera. Bahan makanan lain yang perlu dipertimbangkan adalah susu instan, teh celup dan madu dalam kemasan.

Penanda barang pribadi untuk memudahkan Anda menemukan barang-barang pribadi di antara puluhan barang yang kemungkinan memiliki bentuk dan warna sama. Alas kaki yang tertukar di masjid bisa jadi pengalaman yang sangat menyiksa, terutama bila kaki Anda berukuran cukup besar. Anda bisa menggunakan pita, spidol atau cat berwarna menyala untuk menandai barang-barang milik Anda.

Selain itu, pastikan juga Anda membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga, karena Anda tidak bisa tahu pasti apakah obat yang Anda butuhkan tersedia di tanah suci.

Selamat berhaji dan semoga menjadi haji yang mabrur.

Leave a Reply
<Modest Style