Modest Style

Pernak pernik serba batik

,

Kreasi batik masa kini tersedia dalam berbagai ragam dan bentuk. Oleh Beta Nisa.

Batik merupakan warisan budaya kebanggaan Indonesia. Tidak hanya melibatkan teknik pembuatan yang rumit, pembuatan batik juga memerlukan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi untuk menghasilkan sebuah karya otentik bernilai tinggi. Kini pesona batik bukan hanya dapat ditemukan dalam bentuk kain tradisional karena aplikasi motif batik sudah merambah ke berbagai barang. Sudahkah Anda memiliki pernak-pernik serba batik berikut?

1. Tas

(pic: Facebook Alana Indonesia)
(pic: Facebook Alana Indonesia)

Tas batik kini telah tersedia dalam berbagai jenis tas, mulai dari tas ransel, tas jinjing, hingga clutch. Harganya pun cukup beragam. Ada tas jinjing yang menggunakan batik tulis sehingga harganya mencapai jutaan rupiah, namun terdapat pula tas ransel batik dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Salah satu tas batik buatan negeri yang kini telah menjangkau pasar internasional adalah Alana Indonesia. Alana Indonesia adalah merek asal Bandung yang sudah dipasarkan di Jerman. Meutia dan Martha, pemilik Alana Indonesia, percaya bahwa produk buatan mereka tidak kalah dengan tas-tas bermerek lainnya karena bahan-bahan berkualitas tinggi yang mereka gunakan dalam pembuatan tas.

2. Kalung dan gelang

(pic: http://pasarjogja.blogspot.com)
(pic: pasarjogja.blogspot.com)

Kalung dan gelang batik merupakan salah satu oleh-oleh favorit khas Yogyakarta. Motif batik pada kalung dan gelang batik diperoleh dengan cara lilitan atau tempelan batik pada material kalung dan gelang, atau diukir langsung pada gelang atau kalung berbahan dasar kayu .Yang mana pun jenisnya, gelang dan kalung batik adalah aksesoris unik yang dapat mempercantik penampilan menjadi lebih beraksen etnik.

3. Sandal dan sepatu

(pic: laman Facebook Kulkith)
(pic: laman Facebook Kulkith)

Motif batik juga kini banyak digunakan untuk sandal dan sepatu dengan berbagai jenis. Label sepatu dan sandal Kulkith contohnya, menyediakan berbagai macam model sandal dan sepatu masa kini seperti sandal gladiator batik dan sepatu bot dengan detil batik.

4. Hijab

(pic: Ina’s Scarf)
(pic: Ina’s Scarf)

Pesona batik juga dapat dinikmati para muslimah berhijab. Kini telah banyak diproduksi hijab dengan motif batik, baik dalam bentuk pashmina, kerudung segi empat, maupun jilbab instan.

Salah satu label kerudung batik yang cukup mendapat sorotan ialah Ina’s Scarf karya desainer ternama asal Bandung, Irna Mutiara. Ina’s Scarf merupakan kerudung yang menggunakan motif-motif batik khas Jawa Barat seperti batik khas Garut dan Tasikmalaya.

Saat Anda menggunakan hijab bermotif batik, lebih baik Anda memadukannya dengan busana polos atau bernuansa sederhana untuk menonjolkan motif batik di hijab Anda.

5. Mukena

(Pic: Mukena Cantik Shahnaz)
(Pic: Mukena Cantik Shahnaz)

Tidak hanya untuk hijab, batik juga dapat ditemui dalam bentuk mukena. Seringkali batik dalam mukena digunakan sebagai motif pinggir agar. Apabila Anda berencana untuk membeli mukena batik, pastikan Anda mencucinya terpisah dengan cucian lain dan tidak merendam mukena terlalu lama dalam larutan sabun pencuci. Hal ini untuk mengantisipasi lunturnya motif batik pada kain mukena.

Leave a Reply
<Modest Style