Modest Style

6 obat anti rambut rontok alami

,

Jika rambut rontok berlebihan membuat Anda khawatir, cobalah cara-cara cepat dan mudah berikut untuk menyehatkan kembali rambut Anda! Oleh Shea Rasol.

WP-Hair-by-Shea-Fotolia-sm
Dengan cukup usaha dan sedikit keberuntungan, rambut Anda bisa terlihat mempesona juga! (Gambar: Fotolia)

Kerontokan rambut yang terjadi setiap hari tentunya membat kita frustasi dan khawatir, tidak peduli Anda wanita maupun pria. Para ahli menyebutkan bahwa rontoknya 50 hingga 100 helai rambut per hari itu normal, jadi jika kerontokan Anda di atas rata-rata, sudah saatnya Anda mulai mencari cara untuk menguranginya. Kita ingin menghentikan rambut rontok, namun secara pelan-pelan tentunya.

1. Minum lebih banyak air

z1-sm
Gambar: Verge

Hal paling dasar yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan asupan cairan harian Anda. Anda mungkin sudah berkali-kali mendengar bahwa air itu penting untuk melancarkan fungsi tubuh. Minumlah segelas air setiap jam, saat bekerja, belanja, atau belajar, sebelum tidur, dan segera setelah bangun.

2. Coba masker telur

z2-sm
Gambar: Frenzy of Noise

Tahukah Anda bahwa telur yang Anda konsumsi setiap hari dapat membantu memperbaiki rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut? Telur adalah sumber sulfur dan mineral lain seperti selenium, yodium, zat besi, dan zinc yang hebat – yang bisa didapat dengan cara dimakan maupun dioleskan. Untuk membuat masker telur, siapkan satu putih telur dan campur dengan satu sendok teh minyak zaitun. Kocok hingga membentuk tekstur pasta dan oleskan di kulit kepala. Bersihkan dengan air dan sampo lembut. Lakukan setiap pekan untuk melihat hasilnya.

3. Makan lebih banyak protein

_mg_0056
Gambar: The Salt

Terkadang Anda berpikir kerontokan rambut hanya masalah penuaan. Namun Anda bisa menahan lajunya dengan pola makan. Makanlah daging tanpa lemak, produk susu, kacang kedelai, ikan, dan kacang-kacangan secara rutin – untuk menyerap protein dan asam amino yang terkandung di dalamnya. Kekurangan asam amino tertentu pada pola makan bisa jadi penyebab utama kerontokan rambut, jadi jangan abaikan makanan pendamping di piring Anda.

4. Oleskan lidah buaya

z4-sm
Gambar: 4HD

Saya ingat saat masih kecil ibu saya suka mengajak saya ke halaman belakang dan mencabut beberapa batang lidah buaya. Setelah membelah dua batang tersebut, ia akan menggosokkan cairan lidah buaya alaminya ke kepala saya. Ia berkata itu bagus untuk rambut saya dan bahwa saya harus sering melakukannya saat besar. Katanya ibu tahu yang terbaik karena lidah buaya memang efektif untuk meremajakan kembali rambut Anda. Daripada menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya, belilah tanaman sungguhannya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk paling murni dan bisa mencabutnya kapanpun Anda ingin menggunakan masker lidah buaya.

5. Cuci dengan daun neem

curry leaves
Gambar: The Oz Blog

Cara mudah lain untuk memperbaiki rambut Anda adalah dengan perawatan kuno singkat menggunakan daun neem. Rebus daun hingga air rebusan berkurang setengahnya. Buang daun dan cuci rambut dengan rebusannya sekali sepekan. Dengan memperlancar peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, minyak daunnya membantu menumbuhkan rambut.

6. Bersantai

z6-sm
Gambar: Lifehack

Jika rambut rontok Anda disebabkan oleh stress karena pekerjaan, hidup, atau pendidikan, masih ada harapan untuk Anda – masalah Anda tidak permanen. Pilih cara terbaik untuk menghilangkan stress: lakukan meditasi, pergi berlibur, atau jelajahi hutan. Lakukan apapun yang Anda butuhkan untuk membuat diri Anda merasa damai.

Leave a Reply
<Modest Style