Modest Style

5 kegunaan cat kuku untuk sehari-hari

,

Mari berdayakan cat kuku Anda yang menganggur agar lebih bermanfaat. Beta Nisa berbagi beberapa ide.

Siapa bilang cat kuku hanya berfungsi untuk mempercantik kuku? Di balik warna-warnanya yang menggoda, cat kuku juga dapat dimanfaatkan untuk beragam kegunaan lain. Simak kegunaan unik cat kuku berikut ini yang mungkin saja dapat berguna di kehidupan Anda sehari-hari.

1. Sebagai penyegel amplop

Pic: Lifehacker
Pic: Lifehacker

Tekstur cat kuku yang agak lengket dan kaku saat mulai mengering membuatnya sangat cocok digunakan sebagai pengganti lem untuk menyegel amplop. Apabila Anda sedang terburu-buru menghadiri sebuah pernikahan dan tidak dapat menemukan lem di sekitar rumah, Anda tidak perlu menyegel amplop dengan cara menjilat lem amplop yang ada (ih!). Gunakan saja cat kuku bening atau pelapis cat kuku bening sebagai ganti lem amplop dan Anda pun siap berangkat ke undangan!

2. Sebagai penguat jahitan kancing

Pic: Lifehacker
Pic: Lifehacker

Sungguh menyebalkan ketika menemui kancing baju lepas dan menghilang, padahal Anda sedang terburu-buru. Untuk mencegah hal ini terjadi, lain kali, Anda tidak perlu repot-repot menjahit kembali tiap kancing baju dengan jahitan yang sudah mulai mengendur. Cukup oleskan cat kuku bening pada jahitan kancing baju dan bisa dipastikan kancing Anda tidak akan jatuh sembarangan lagi. Cat kuku yang mengeras setelah mengering akan membuat jahitan kancing menjadi kaku dan tidak mudah terurai.

3. Sebagai penanda

Pic: WikiHow
Pic: WikiHow

Warna-warni cat kuku rupanya tidak hanya berguna untuk mempercantik kuku. Berbagai warna cat kuku yang Anda miliki dapat dimanfaatkan sebagai penanda untuk membedakan barang-barang yang mudah tertukar, misalnya kunci. Beri warna yang berbeda untuk tiap kunci, misalnya merah untuk kunci kamar dan biru untuk kunci ruang tamu agar mudah dibedakan dan diingat. Selain mudah untuk diaplikasikan, cat kuku juga tidak mudah terhapus sehingga lebih awet dari penanda jenis lainnya yang ditempelkan atau ditulis.

4. Sebagai pelapis label

Pic: Instructables
Pic: Instructables

Pernahkah Anda menuliskan label atau nama pada botol atau permukaan plastik lainnya yang dengan mudah terhapus karena tidak menggunakan spidol permanen? Apabila Anda sering mengalami situasi semacam ini, atasi masalah tersebut dengan sedikit bantuan dari cat kuku bening yang menganggur di rak Anda.

Usai menuliskan label pada benda dengan permukaan plastik, oleskan sedikit cat kuku bening secara perlahan di atas label tersebut. Lapisan cat kuku yang mengering akan berfungsi layaknya pelindung anti air pada tulisan Anda, sehingga label yang Anda tuliskan tidak mudah terhapus.

5. Memasukkan benang

Pic: Instructables
Pic: Instructables

Memasukkan benang yang tipis pada lubang jarum yang kecil tidak hanya melatih ketelitian dan kejelian, namun juga menguji kesabaran dan emosi.

Daripada membuang waktu, permudah usaha Anda dengan mengoleskan sedikit cat kuku pada ujung benang. Sesaat setelah cat kuku mengering, ujung benang akan menjadi kaku dan semakin mudah untuk diarahkan dan melewati lubang jarum yang kecil.

Baca juga: Cat kuku ‘ramah wudhu’

Leave a Reply
<Modest Style