4 cara menghilangkan rambut di wajah

,

Selain kenaikan berat badan parah, rambut di wajah bisa jadi mimpi buruk seorang wanita. Oleh Shea Rasol.

WP-Hair-by-Shea-Photl-02-sm
Gambar: Photl

Sekitar satu dari 10 wanita memiliki masalah rambut wajah berlebih, yang bisa merusak rasa percaya diri mereka. Selain alis dan bulu mata, adanya rambut di bagian lain wajah wanita biasanya tidak diinginkan, terasa memalukan, dan ingin dihilangkan – terutama jika rambutnya tebal dan kasar.

Faktor genetik atau perubahan hormon bisa berujung dengan pertumbuhan cepat rambut pada wajah di bagian-bagian seperti garis kumis, rahang, dan di bawah dagu. Setiap wanita menghasilkan sedikit hormon pria yang disebut androgen. Kelebihan hormon ini bisa menyebabkan tumbuhnya rambut wajah berlebihan.

Dari sudut pandang Islam, tidak masalah jika wanita menghilangkan rambut berlebih yang mengundang konflik sosial atau merusak kepercayaan dirinya dalam menjalani hidup sehari-hari. Berikut beberapa cara untuk melakukannya.

1. Cabut

f1-sm
Gambar: Beauty Glimpse

Cara ini bagus jika rambut terlihat tidak terlalu jelas dan hanya menutupi bagian kecil wajah Anda (seperti alis yang menyatu), karena Anda tidak perlu merasa sakit terlalu lama. Selalu bersihkan pinset dengan alkohol sebelum digunakan untuk menghindari infeksi bakteri. Dan cabut rambut yang paling tebal lebih dulu. Cara ini bisa bertahan hingga 3-5 pekan tergantung kecepatan tumbuh rambut Anda. Jika Anda bisa menahan rasa sakit, cobalah epilator wajah dan oleskan losion atau minyak wajah untuk membantu mengurangi pembengkakan setelahnya.

2. Cukur

f2-sm
Gambar: Viss

Yang satu ini mudah dan cepat. Gunakan pencukur kecil untuk hasil yang lebih halus dan lebih rapi karena kontur wajah yang tidak rata. Jika Anda cukup percaya diri, gunakan silet atau pencukur elektrik karena hasilnya akan lebih cepat. Satu-satunya kekurangan mencukur adalah ketahanannya yang hanya dua hari dan rambut akan tumbuh kembali karena akarnya masih ada.

3. Lilin

f3-sm
Gambar: Beauty Heaven

Lembaran lilin yang dijual di apotek dan toko obat juga tersedia dalam ukuran kecil untuk wajah. Yang satu ini paling pas digunakan di bagian kumis, dagu, rahang, dan dahi. Setelah mencabut dengan lilin, Anda mungkin akan menemukan benjolan atau warna kemerahan. Karena terkadang bisa berujung pada infeksi di sekitar folikel rambut, selalu bersihkan wajah Anda dengan teliti setelahnya, dengan membuang semua sisa lilin yang menempel. Cara ini hanya bisa digunakan jika rambut Anda setidaknya setengah sentimeter panjangnya, yang bisa jadi tumbuh dalam 2-3 pekan. Jadi jika Anda tidak suka menunggu tumbuhnya rambut, lakukan cara lain.

4. Laser

CG5JNG Laser hair removal in professional studio.
Gambar: Telegraph

Jika banyaknya rambut wajah membuat Anda tampak maskulin, maka mungkin penghilangan rambut menggunakan laser bisa membantu. Terkadang cara ini membutuhkan beberapa sesi berturut-turut, jadi Anda harus menyiapkan dana untuk itu. Cara ini akan menghilangkan rambut secara permanen, karena laser merusak akar rambut – yang menghentikan total pertumbuhan rambut. Pembengkakan atau kemerahan bisa muncul setelah setiap perawatan, namun klinik biasanya menyertakan sesuatu untuk menyejukkan kulit Anda dalam paket perawatan.

Leave a Reply
Aquila Klasik