Modest Style

Menjaga perhiasan tetap cemerlang

,

Penggunaan harian dapat membuat perhiasan favorit Anda kusam dan kotor. Beta Nisa berbagi tips mengembalikan kecemerlangan perhiasan.

1202-WP-Sparkle-by-Beta-Stockvault-sm
Perhiasan yang kusam setelah pemakaian panjang dapat dibersihkan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di dapur. Gambar: Stockvault

Emas, perak, mutiara, dan berlian memang indah. Namun, jika dikenakan setiap hariselain juga saat melakukan aktivitas seperti berkebun, memasak, atau bahkan mandi air hangat, perhiasan favorit Anda menjadi terpapar bahan-bahan kimia dan kotoran. Bahkan parfum atau alkohol dapat memudarkan kecermelangannya. Berikut adalah cara untuk mengembalikan kecerahan perhiasan Anda menggunakan bahan-bahan umum yang sederhana:

1. Kertas alumunium dan soda kue

Kedua hal di atas sangat baik untuk membersihkan perak. Rebus sepanci air dan tambahkan secangkir soda kue beserta sedikit potongan kertas. Saat campuran mendidih, matikan api dan letakkan perhiasan perak secara perlahan ke dalam panci. Tinggalkan selama sekira 10-15 menit sebelum dikeluarkan. Keringkan dengan kain lembut.

2. Cuka

Cuka merupakan cairan pembersih rumahan untuk logam mulia seperti emas. Seiring waktu, emas akan kehilangan kecerahan karena tertutupi kotoran. Untuk menghilangkan kekusaman, usap-usap cincin atau kalung emas menggunakan selembar kain dan cuka. Jika metode ini tidak cukup kuat untuk perhiasan yang belum pernah dibersihkan sebelumnya atau perhiasan yang ditutupi kotoran membandel, rendam di dalam segelas kecil cuka dan biarkan semalaman. Perhiasan Anda akan bersih berkilau keesokan paginya.

3. Cairan pencuci piring dan sikat gigi

Jika Anda kehabisan cuka atau kertas alumunium, cobalah cairan pencuci piring atau deterjen bebas alkohol. Teteskan sedikit cairan ke dalam semangkuk air hangat, celupkan sikat gigi tidak terpakai, dan sikat perhiasan dengan lembut, terutama di bagian-bagian kecil dan sempit dekat berlian atau batu berharga lain.

4. Saus tomat

Mungkin terdengar tidak mungkin, namun saus tomat dapat membersihkan perhiasan kusam, terutama perak, karena keasamannya. Tuang sedikit saus ke dalam mangkuk dan tinggalkan cincin Anda di dalamnya selama sekira lima menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Keringkan cincin dan Anda akan lihat betapa berkilaunya cincin Anda!

Saat perhiasan Anda telah bersih, simpan dengan baik untuk menjaga kilaunya. Meski dapat dijadikan pilihan, kotak perhiasan tidak dapat melindungi dari oksidasi. Pemudaran pada perhiasan perak sterling dapat dihindari dengan menyimpannya dengan satu atau dua lapis kertas anti pudar. Lapisan penyerap ini dapat membantu menjaga perhiasan Anda dari pemudaran.

Leave a Reply
<Modest Style